pilih oven atau microwave

Jenis Microwave Sesuai Fungsinya, Harus Diketahui Sebelum Membelinya

Microwave menjadi peralatan wajib yang ada di setiap rumah. Bayangkan saja jika tidak ada alat masak elektronik yang multifungsi satu ini. Sudah pasti berfungsi mempermudah pekerjaan para ibu di dapur seperti memanggang, merebus, hingga memanaskan makanan. Ada berbagai jenis microwave yang dipakai sesuai kebutuhan dapur yang dijelaskan dalam artikel di bawah ini.

Penggunaan microwave digadang-gadang sebagai 3in1 tools kitchen. Selain itu, makanan yang dibuat menggunakan microwave dinilai lebih sehat.



Sebab, Anda dapat memasak apa saja tanpa api dan minyak, karena microwave sendiri memancarkan radiasi berupa gelombang mikro.

Mengintip Cara Kerja Microwave

Tentunya banyak yang bertanya-tanya mengenai cara kerja alat masak satu ini. Pada dasarnya microwave bekerja dengan memancarkan radiasi gelombang mikro terhadap makanan.

Dimana  gelombang tersebut mendorong molekul air dalam makanan untuk saling bergesekan. Hasilnya dapat memproduksi panas dan membuat makanan matang.

Hal ini juga mengakibatkan makanan yang dibuat melalui microwave memiliki kandungan air tinggi. Misalkan sayuran yang dimasak lebih cepat matang.

Disini panas dari hasil produksi molekul air tidak akan terserap oleh tempat makanan yang terbuat dari bahan keramik, gelas, dan  plastik khusus.

Jadi tidak mengherankan apabila tempat yang digunakan terasa hangat namun suhunya panas seperti makanan. Biasanya dalam microwave terdapat piring besar yang berputar sendiri.

Piringan tersebut memutarkan makanan selama proses memasak terjadi untuk menghantarkan panas ke seluruh bagian secara merata.

Jenis Microwave

jenis microwave

Ternyata jenis microwave tidak hanya satu macam saja. Ada berbagai jenis microwave sesuai dengan fungsinya.

Masing-masing microwave tersebut juga memiliki cara kerja yang berbeda. Untuk mengetahui hal tersebut maka simak uraian 3 jenis microwave dibawah ini.

1. Jenis Microwave Solo

Solo microwave merupakan microwave biasa yang banyak digunakan ibu-ibu di rumah. Solo microwave memiliki fungsi mendasar yaitu memanaskan dan menghangatkan.

Akan tetapi dalam beberapa kondisi dapat digunakan untuk memasak menu makanan yagn praktis. Contohnya memasak mie instant, mencairkan daging yang membeku, dan membuat pop corn.

2. Grill Microwave

Grill microwave berbeda dari microwave biasa karena mempunyai fungsi tambahan yaitu memanggang makanan.

Ketika Anda membeli jenis microwave grill biasanya memperoleh tambahan berupa alas berjeruji yang digunakan untuk media pemanggangan.

Umumnya grill microwave digunakan untuk memanggang daging, ikan, dan ayam. Namun, khusus masakan daging yang dipanggang dengan grill microwave ukurannya tidak boleh besar.

Tujuannya agar kematangan daging dipanggang secara merata. Jika Anda ingin menikmati sensasi makan tanpa minyak tapi seperti menggoreng, bisa lihat artikel kami tentang mito air fryer review, makanan lebih sehat tentunya.

3. Convection Microwave

Convection microwave merupakan gabungan fungsi dari microwave biasa dengan convection oven. Masakan yang dimasukkan dalam microwave tersebut dimasak dengan gelombang mikro dan suhu panas.

Biasanya makanan apa saja yang dimasak menggunakan convection microwave akan cepat matang. Bahkan, permukaannya masakan seperti daging panggang terlihat berwarna kecokelatan.

Pada dasarnya jenis microwave convection dapat digunakan untuk membuat berbagai masakan. Jadi, tidak terbatas untuk memanggang daging saja tetapi juga mengukus dan membuat menu pizza.

Wajib Memilih Ukuran Microwave Sesuai Kebutuhan

ukuran microwave kecil

Sebenarnya untuk mengetahui apakah ukuran microwave tepat atau tidak bergantung kebutuhan Anda. Apabila Anda terbiasa menghangatkan makanan dalam jumah banyak maka pilihlah jenis microwave berukuran besar.

Disamping itu, bentuk microwave pun berbeda-beda seperti menyempit ke belakang dan memanjang. Dari mulai memanggang kue, grill atau convection. Berikut ini 3 pilihan ukuran microwave yang umumnya beredar di pasaran.

1. Microwave Berukuran Kecil

Microwave dengan ukuran kecil mampu menampung kapasitas makanan maksimal 25 liter. Apabila Anda sering memanaskan makanan dalam jumlah besar maka ukuran jenis microwave satu ini kurang cocok.

Biasanya microwave berukuran kecil digunakan untuk kebutuhan rumah tangga karena fungsinya ideal untuk memasak sehari-hari.

2. Microwave Berukuran Sedang

Microwave dengan ukuran sedang memiliki kapasitas 25 liter sampai 40 liter. Ukuran satu ini sangat cocok bagi Anda yang sering memanaskan makanan berukuran besar. Contohnya ayam sebanyak 1 ekor

3. Microwave Berukuran Besar

Terakhir adalah microwave dengan ukuran besar yang mampu memuat kapasitas hingga melebihi 42 liter. Microwave seukuran ini pas digunakan untuk memanaskan makanan dalam jumlah banyak dan berukuran besar.

Umumnya microwave seperti ini ditemukan di restoran yang mengutamakan cita rasa masakan. Apabila Anda berkecimpung di dunia kuliner wajib memilikinya. Microwave berukuran jumbo juga dapat membuat makanan masak secara merata.

Kelebihan Microwave

Ada berbagai kelebihan microwave yang menarik perhatian ibu-ibu dirumah, antara lain:

1. Waktu Memasak Menjadi Singkat

Ketika menggunakan microwave maka makanan dimasak dalam wadah yang sangat tertutup. Hal ini menyebabkan panas menjadi fokus pada makanan dan tidak menguap ke arah lain.

Disamping itu, pergerakan gelombang mikro memicu molekul air dalam makanan yang membuat masak lebih cepat. Tak mengherankan jika memasak makanan dengan microwave lebih cepat selesai.

2. Makanan Lebih Sehat

Makanan buatan microwave terbilang lebih sehat karena meminimalisir penggunaan minyak. Apalagi makanan yang dimasak tidak menimbulkan kandungan lemak dan kalori yang tinggi.

Microwave menjadi pilihan banyak ahli kesehatan karena mampu menjaga nutrisi makanan saat memasak.

3. Pengaturan Suhu Pas

Kendala yang sering dihadapi para ibu saat berada dapur adalah suhu yang tepat agar masakan memperoleh tingkat kematangan sempurna. Sudah menjadi rahasia umum jika ketika memasak tidak sengaja gosong atau kurang matang.

Hal ini tentu menjadi uneg-uneg tersendiri yang sulit dilupakan. Untuk mencegahnya terjadi maka pilihlah jenis microwave dan ukuran sesuai kebutuhan Anda.

Ingat bahwa keunggulan utama microwave adalah pengaturan suhu yang tepat saat memasak makanan.

Kekurangan Microwave

bisakah microwave untuk memanggang kue

Microwave juga memiliki beberapa kekurangan yang sebaiknya diketahui. Check this out!

1. Tidak Dapat Menggunakan Sembarang Wadah

Ketika memasak atau memanggang dengan microwave tidak boleh sembarang menggunakan wadah untuk memasak. Adapun wadah yang terbuat dari logam harus dihindari karena gelombang mikro dalam microwave akan sulit menembus makanan.

Inilah yang menyebabkan makanan kurang matang. Hindari pula wadah makanan yang terbuat dari melanin atau plastik karena tidak baik untuk kesehatan.

2. Tidak Dapat Sering Mengecek Makanan

Apabila menggunakan microwave, maka sejak awal harus mengetahui seberapa lama makanan selesai dimasak atau dipanggang.

Dalam hal ini tidak dapat mengecek kematangan makanan setiap waktu seperti halnya ketika merebus dan menggoreng dengan panci. Pasalnya, jika microwave sering dibuka-tutup saat menyala maka kematangan makanan tidak sempurna.

3. Permukaan Makanan Lebih Cantik

Ketika memanggang makanan menggunakan microwave biasanya bentuk permukaan lebih cantik. Namun hal ini justru menjadi kekurangan karena artinya bagian dalam makanan tidak matang.

Microwave juga tidak dapat menghasilkan hot air yang membuat tekstur makanan lebih renyah. Apabila Anda ingin hasil masakan lebih lezat dan cantik sebaiknya menggunakan convection microwave.

Jenis microwave ini terbukti membuat masakan matang dengan sempurna karena adanya gelombang mikro dengan hot air.

4. Menggunakan Daya Listrik Cukup Besar

Saat menggunakan microwave untuk memasak, memanaskan, atau memanggang maka bersiaplah jika penggunaan daya listrik meningkat.

Penggunaan microwave biasa atau solo akan menghabiskan daya listrik sebesar 600-700 watt. Sementara itu, jenis microwave grill dan convection microwave dapat menghabiskan daya listrik hingga 1000 watt.

Kalau sekedar panci bocor terus Anda memilih untuk membeli microwave sebagai gantinya, tentu ini kurang bijak. Teliti sesuai jenis dan fungsinya dari perabotan dapur Anda dulu, seperti pembahasan kami diatas. Agar kebutuhan  bisa lebih hemat sesuai budget.

Seperti itulah beberapa informasi penting mengenai jenis microwave, ukuran, kelebihan dan kekurangan yang patut diketahui. Semoga penjelasan diatas memberikan gambaran dan membantu Anda ketika menggunakan microwave.