jarak kompor ke exhaust

Atur Jarak Cooker Hood ke Kompor Agar Udara Mengalir di Dapur



Siapapun termasuk Anda tentu menginginkan dapur elegan yang nyaman, tidak pengap dan tentu saja aman. Bayangkan penampilan dapur Anda ketika dilengkapi dengan teknologi peralatan dapur yang sangat berguna seperti cooker hood! Tampilannya bisa membuat dapur Anda makin canggih. 

Kesan elegan juga bisa Anda dapatkan dari tampilan panel cooker hood yang didesain secara apik agar tampilannya membuat dapur Anda makin berkelas.

Berbagai fakta tersebut membuat Anda semakin tergoda untuk menggunakan cooker hood bukan? 

Meski begitu, sebelum Anda membeli cooker hood, kenali dulu semua tentang cooker hood?! Agar tak terjadi masalah saat Anda memasangnya di dapur nanti. Jadi, Apa itu cooker hood?

Cooker Hood Adalah…  

Alat penghisap asap dan bau di dapur yang dipasang di atas kompor gas. Biasanya dikenal dengan istilah kap kompor. Alat ini bekerja menggunakan kipas yang berfungsi layaknya ventilasi. Selain itu, cooker hood juga memiliki filter pembersih minyak. Agar dapur Anda nggak jamuran.

Cooker hood umumnya mempunyai tiga komponen utama. Yakni panel penangkap gas yang naik, kipas, dan juga filter lemak atau minyak.

jarak kompor ke exhaust

Seringkali bahkan, alat yang disebut juga dengan exhaust ini dilengkapi berbagai komponen tambahan seperti misalnya lampu. Pencahayaan lampu ini berguna untuk memberikan penerangan pada permukaan memasak Anda.

Yang menarik, untuk mengoperasikannya terdapat kontrol panel yang bekerja secara elektronik. Namun, jika budget Anda terbatas, Anda bisa membeli cooker hood dengan panel kontrol elektromekanis. 

Hanya saja, jika Anda ingin panel kontrol yang multi fungsi, maka panel kontrol elektronik merupakan pilihan yang paling direkomendasikan.

Mengapa? Sebab, panel kontrol elektronik memanjakan Anda dengan berbagai fitur canggih. Sehingga membuat kesan tampilan dapur Anda pun makin futuristik. Apa saja fiturnya? 

Berbagai fitur yang memanjakan dan mendukung aktivitas Anda antara lain seperti, sistem kendali jarak jauh, menggunakan motor penggerak untuk mengatur ketinggian, lengkap dengan sensor termal, over heating protector, reminder pembersih filter, pengatur kebisingan, stop delay, sampai tampilan suhu pun ada. 

Sedangkan untuk bahan material kap kompor atau cooker hood ini, banyak memanfaatkan bahan seperti perak nikel, baja tahan karat, tembaga, perunggu, seng, kaca tempered, kayu, aluminium, kuningan, plastik tahan panas, dan bahan-bahan lainnya.

Selain fitur pada panel kontrolnya, saat memilih jenis cooker hood perhatikan juga jenis dan fungsi filternya. Supaya, Anda mendapatkan cooker hood yang bisa Anda maksimalkan fungsinya sesuai kebutuhan. 

Mengenal Berbagai Jenis Cooker Hood dan Filter Cooker Hood!

jarak cooker hood ke kompor

Perbedaan jenis cooker hood satu dengan yang lainnya, ternyata ditentukan berdasarkan cara kerjanya. Yakni, bagaimana cooker hood tersebut mengolah udara. Berikut ini jenis-jenis cooker hood yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

  1. Cooker hood tanpa saluran 

Cooker hood ductless merupakan jenis kap kompor yang bekerja tanpa fungsi saluran yang digunakan untuk mengolah udara.

Akan tetapi, cooker hood jenis ini memaksimalkan fungsi penyaringan udara yang lebih kuat, yang bekerja memompa udara kembali ke dalam ruangan. Jenis cooker hood ini umumnya digunakan di dapur rumahan.

Jangan sampai bingung jika kompor gas tidak menyala, simak artikel di link untuk cek solusinya.

  1. Cooker hood yang dilengkapi dengan saluran pembuangan asap 

Merupakan jenis cooker hood yang paling populer. Saluran pada cooker hood ini ukurannya besar. Bukan hal mengejutkan, bila banyak dapur komersial lebih memilih jenis cooker hood ini.

Sebab, sama seperti namanya, cooker hood dengan saluran pembuangan tentunya mempunyai saluran yang tidak hanya menghisap dan memproses udara yang dihasilkan dari atas kompor dapur.

Namun, cooker hood ini pun juga mampu mengeluarkan asap lewat saluran pembuangannya. 

Jenis Filter Cooker Hood

Sedangkan jenis filter cooker hood yang berfungsi sebagai penyaring bau dan berbagai partikel seperti minyak dari ventilasi udara, antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Filter penyekat 

Filter jenis ini, rangkanya dibuat dari bahan berkualitas yang kuat. Yakni, rangka baja atau aluminium.  Filter ini, bahkan dilengkapi dengan panel melengkung. Model kurvanya bisa menangkap lemak, minyak dan berbagai partikel lainnya. 

Bila Anda memilih cooker hood dengan jenis filter penyekat, maka Anda punya kabar baik. Karena, filter berjenis penyekat ini ternyata sangat mudah dibersihkan.

Jadi tidak akan membuat Anda repot dan menghabiskan waktu Anda selama berjam-jam hanya untuk membersihkan filter. 

Anda juga akan terkesan. Sebab, filter jenis penyekat ini tahan lama. Jadi,  Anda tak perlu boros mengeluarkan biaya untuk mengganti filter.

Karena filter jenis ini terkenal awetnya. Filter yang difungsikan di cerobong tanpa saluran. Cerobong asap ini, harus rutin dan secara teratur Anda bersihkan. Agar cooker hood dapat berfungsi dengan baik.  

  1. Filter mesh 

Filter mesh dibuat dari bahan strip mesh aluminium. Terbukti efektif menangkap atau pun  menghilangkan minyak juga lemak dari asap. Mulai dari asap di cerobong (cooker hood) bersaluran maupun tanpa saluran. Bila Anda tertarik menggunakan cooker hood dengan filter mesh, sangat disarankan agar Anda melakukan perawatan filter secara teratur.

  1. Filter arang 

Filter ini terbuat dari arang aktif bubuk halus. Anda dapat memanfaatkan filter ini bila Anda menggunakan jenis cooker hood tanpa saluran. Anda tak perlu membersihkan filter arang. Hanya saja Anda harus menggantinya secara berkala. 

Tips Memilih Dan Mengatur Jarak Cooker Hood ke Kompor yang Tepat!

jarak kompor ke cooker hood

Bila Anda ingin menggunakan cooker hood dan memasangnya di dapur rumah, sebaiknya Anda menggunakan tips berikut ini!  

  1. Pilih jenis dan ukuran cooker hood sesuai ukuran kompor Anda

Berapa jumlah tungku kompor Anda? Apakah dua, tiga, atau empat?

Ukuran kompor dengan jumlah tungku empat tentu lebih besar dari kompor bertungku dua. Hal itu membuat Anda harus menyesuaikan antara ukuran kompor dengan ukuran cooker hood. 

Sebab, cooker hood tidak dapat bekerja maksimal bila dipasang di atas kompor berukuran besar. Kecuali jika Anda memilih cooker hood dengan lebar yang sama dengan lebar kompornya.

Untuk menghindari cooker hood tidak bekerja secara maksimal, Anda harus memilih cooker hood dengan jenis dan ukuran yang tepat, sesuai ukuran kompor yang Anda gunakan. Agar asap dan bau makanan bisa terserap maksimal oleh cooker hood Anda.

Simak cara menyalakan kompor gas yang baik dan benar, lebih aman 

  1. Hindari menggunakan cooker hood yang bising

Suara di dapur Anda bisa datang dari mana saja. Mulai dari suara percikan minyak goreng yang mendidih, blender penggiling bumbu atau daging, suara timer oven, hingga bunyi air mendidih di teko.

Jika berbagai suara itu membuat Anda ragu menggunakan cooker hood karena akan menambah kebisingan dapur, maka Anda tak perlu khawatir. Sebab kini  tersedia cooker hood anti bising. 

Jadi, dapur yang tenang kini bukan hanya impian. Manfaatkan cooker hood yang memiliki fitur silent mode. Karena Anda butuh ketenangan di dapur! Agar ide dan kreativitas Anda mengalir lancar tanpa suara bising yang mengganggu.

  1. Pilih cooker hood yang bekerja cepat menghilangkan bau 

Bila Anda ingin bau amis dan bau menusuk lainnya segera menghilang dari dapur agar udara di dapur Anda kembali segar, sebaiknya Anda mengandalkan cooker hood yang mampu bekerja cepat. 

Cooker hood yang mampu bekerja cepat mempunyai tiga setelan pengaturan kecepatan. Fitur canggih tersebut, terbukti ampuh membasmi asap dan bau tak sedap hanya dalam hitungan detik saja.

Dengan beragam pilihan kecepatan yang bisa Anda atur sesuai kebutuhan, maka menghilangkan asap dan bau menusuk dengan cepat tidak jadi masalah lagi.

  1. Atur jarak cooker hood ke kompor dengan tepat

Saat memasang cooker hood, pastikan Anda mengatur jaraknya. Normalnya, cooker hood akan berfungsi dengan baik bila jarak cooker hood ke kompor 24 sampai 30 inci di atas kompor, dan menjangkau semua area atau ruang memasak. Selain itu, Anda juga harus memberi jarak 3 inci antara sisi tepi cooker hood dengan sisi tepi ruang memasak Anda.

Kesimpulan 

Demikian informasi tentang jarak cooker hood dengan kompor yang akan membantu Anda menciptakan dapur elegan yang aman dan nyaman. Informasi ini, merupakan solusi tepat untuk Anda yang ingin mengatasi masalah asap dan bau masakan yang mengganggu.