kenapa humidifier tidak keluar uap

Humidifier Tidak Keluar Uap

Posted on

Humidifier adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai pelembab dalam ruangan. Alat ini sangat berguna sebagai penyejuk ruangan dalam rumah terutama bagi orang – orang yang tinggal dilingkungan yang berudara panas yang sangat mengganggu kenyamanan dalam rumah. Sehingga membeli alat ini bisa menjadi salah satu solusi bagi anda yang menginginkan kesejukan dalam ruangan.

Alat ini bekerja dengan cara menyemprotkan uap sehingga  melembabkan ruangan. Namun seiring berjalannya waktu, terkadang muncul masalah yang terkait dengan humidifier berhenti bekerja atau uap yang dikeluarkan hanya sedikit.

Jika anda mengalami hal yang saya sebut diatas, dan berusaha mencari solusi di internet atau mencari artikel tentang tatacara memperbaiki humidifier yang rusak, maka anda membaca artikel yang tepat.

Baca juga artikel kami tentang air fryer lock n lock

Berikut beberapa penjelasan tentang kenapa alat berhenti bekerja atau humidifier tidak keluar uap mengalami masalah dan solusi untuk mengatasinya, yaitu:

  1. Jika humidifier tidak keluar uap, atau semprotan uap menjadi berkurang signifikan

umumnya itu terjadi karena:

  • kurangannya air dalam tanki, maka anda harus mengisi tanki dengan air bersih.
  • Tangki airnya terlalu penuh. Maka anda harus mengeluarkan sebagian air, dan mengisi tanki sesuai yang telah ditentukan.
  • Membran rusak, maka anda perlu menggantinya, dan ini diperlukan penanganan dari pihak spesialis.
  1. Semprotan terlalu lemah dan putus – putus terkadang disertai bunyi bising

Humidifier Tidak Keluar Uap

  • Tambahkan air kedalam tanki.
  • Alat transduser elektronik kotor maka cara mengatasinya, lepaskan, bersihkan dan keringkan serta pasang kembali keperangkat.
  1. Uap berbau tidak sedap

  • Jika humidifier baru, maka penyebabnya adalah beberapa bau plastik bahan produksinya.
  • Air kotor dalam tanki, anda perlu membilas tankinya.
  • Bersihkan membran

Simak juga pembahasan kami tentang apa itu grill

  1. Terdapat lapisan putih pada dinding tanki humidifier ultrasonik

Ini merupakan pengendapan garam kalsium dan hal ini bukan karena faktor kerusakan, humidifier tetap bekerja seperti biasa, akan tetapi lapisan ini perlu dibersihkan secara berkala guna menghindari penumpukan yang mengakibatkan masalah yang signifikan.

  1. Layar Monitor tidak berfungsi dan menunjukkan kesalahan

cara memperbaiki humidifier tidak keluar asap

Jika demikian artinya komponen elektronik rusak. Disarankan untuk tidak memperbaikinya sendiri.

Anda harus menghubungi pusat perbaikan alat rumahtangga atau anda dapat menggunakan jasa garansi jika anda mendaftar pada saat pembelian perangkat.

  1. Kerusakan generator

Untuk memastikannya, lepaslah penutup bagian bawah perangkat, lalu tancapkan soket kelistrik beberapa menit. Setelah itu lepaskan soket dari terminal. Untuk mengetahui kerusakan generator anda perlu menyentuh Radiator Transistor yang terletak di sirkuit elektronik perangkat. Jika terasa dingin, maka dipastikan generator tidak berfungsi.

  1. Kerusakan kipas

Jika ini terjadi, maka anda harus mengganti kipas perangkat. Dan pastikan menggunakan suku cadang yang kompatibel dengan perangkat.

  1. Masalah filter udara

Jika filternya sudah tersumbat maka lakukan penggantian dengan filter baru. Umumnya indikator kerusakan filter ditandai dengan penggelembungan uap.

  1. Kerusakan pada papan daya

Ini ditandai dengan papan daya tidak berfungsi.

Beberapa catatan penting dan perlu diperhatikan

kenapa humidifier tidak keluar uap

Alat humidifier memang bisa diperbaiki sendiri yang secara signifikan akan menghemat uang, akan tetapi dalam memperbaikinya anda perlu mengetahui fitur –fitur perangkat dan prinsip pengoperasiannya. Selain itu anda juga butuh informasi umum tentang kerusakan dan gejala sebelum mengambil langkah perbaikan.

Jika terjadi kerusakan pada suku cadang, sebaiknya anda menghubungi spesialis dalam perbaikannya. Kerusakan kipas angin, generator dan papan daya misalnya.

Dalam kasus ini, gunakan suku cadang secara lengkap. Kipas yang harus sesuai dan kompatibel dengan perangkat.

Perbaikan generator dan papan daya tidak akan menyebabkan biaya yang besar. Dan sangat disarankan agar tidak memperbaikinya sendiri karena peralatan dapat lebih rusak lagi yang akibatnya anda harus membeli humidifier baru.

Disamping itu, ada beberapa komponen rusak yang bisa anda ganti sendiri.

Baca juga artikel yang membahas ciri-ciri happy call asli

Contohnya komponen seperti membrane atau filter bisa dengan mudah anda menggantinya sendiri. Karena dalam proses penggantiannya tidak memerlukan penanganan dan keahlian khusus.

Misalnya jika terjadi kerusakan filter, maka anda harus membeli filter baru dan memasangnya sesuai prosedurnya. Begitu juga dengan masalah pada membrane. Jika membrane terbentur dan pecah maka cukup dengan menggantinya. Komponen membrane dapat dibeli di toko – toko.