fungsi baskom

Ini 6 Fungsi Baskom, Anda Harus Tahu!

Pada artikel ini akan dikupas mengenai apa itu fungsi baskom, yup bener “baskom”. Baskom memang kadang terlihat disekitar kita, maklum peralatan yang satu ini biasanya digunakan oleh rumah tangga.

Namun ternyata fungsinya tidak hanya untuk keperluan rumah tangga saja lho.



Oke jangan terburu-buru dulu ya, nanti akan dibebesarkan apa saja yang menjadi fungsi dari sebuah baskom.

Maka dari itu, supaya tidak terlewat, silahkan simak artikel ini hingga selesai. Jangan lewatkan 1 paragraf pun kalau bisa, supaya Anda bisa mendapatkan info maksimal.

Oh iya, bagi Anda yang juga sedang mencari info berkaitan dengan fungsi baskom medis atau tentang fungsi baskom plastik. Sepertinya artikel ini cocok juga buat Anda lho.

Fungsi Baskom

Baiklah, akhirnya sampai juga pada inti artikel ini, berikut adalah daftar berbagai fungsi baskom yang patut Anda ketahui :

        1. Fungsi pertama adalah sebagai wadah bahan makanan, biasanya baskom seperti ini diletakkan di dapur, kemudian terbuat dari logam. Namun sekarang juga sudah banyak baskom yang terbuat dari plastik khusus yang ramah untuk bahan makanan. Sedikit tips ketika memilih baskom untuk wadah bahan makanan, pastikan ia food grade atau dia terbuat dari logam yang terbukti aman;
        2. Fungsi lainnya sebagai wadah membuat adonan, ini juga biasa ditemukan didapur. Baskom seperti ini bisa terbuat dari stainless (bahan logam) atau bisa juga dari plastik. Adonan yang dibuat pun bisa bermacam-macam, mulai dari adonan bakwan, kue, adonan tepung untuk pisang goreng, adonan tepung untuk donat, dan berbagai adonan yang lainnya;
        3. Baskom juga bisa digunakan sebagai wadah sayuran setelah atau sebelum dipotong, biasanya setelah sayuran dipotong akan dimasukkan ke dalam baskom. Kemudian dengan menggunakan baskom tersebut, sayurannya akan dicuci hingga bersih sebelum diolah lebih lanjut;
        4. Baskom juga bisa digunakan untuk menaruh air, misalnya ketika air tersebut dibutuhkan untuk mengelap badan. Seperti baskom medis yang terbuat dari stainlisteel (kebanyakan). Selain untuk keperluan madis, secara umum juga kadang dijumpai baskom berisi air didapur, ketika sedang dibutuhkan untuk mengolah bahan masakan;
        5. Sebagai salah satu peralatan mencuci beras sebelum dinanak menjadi nasi. Yap betul, banyak sekali jenis baskom yang khusus diperuntukkan untuk mencuci beras dijual di marketplace maupun toko offline. Biasanya baskom seperti ini terbuat dari plastik, kemudian pada satu sisi ada bagian yang lebih rendah, bagian tersebut berfungsi sebagai mulut air;
        6. Sebagai alat bantu mencuci buah. Jika buah yang Anda cuci satu, seperti buah apel misalnya, tentu tidak perlu membutuhkan baskom. Namun apabila buahnya cukup banyak, misal 5 atau 10 buah peer, maka menggunakan baskom untuk mencuci buah bakalan lebih cepat.

Kesimpulan

Nah itu tadi berbagai fungsi baskom stainless, baskom plastik, dan berbagai jenis baskom lainnya yang patut Anda tahu, ada enam ya.

Simak juga tulisan kami tentang bread master berapa watt, artikel tentang review pembuat roti dan tips memilih produknya yang hemat listrik.

Selain berbagai penjelasan diatas, perabotan masak ini juga bisa Anda gunakan untuk hal lainnya, jika Anda membutuhkannya.

Jika Anda suka dengan artikel yang membahas mengenai berbagai kegunaan baskom ini, silahkan bagikan tulisan ini di media sosial lainnya, seperti Facebook, Twitter atau Whatsapp.

Demikian artikel mengenai apa itu fungsi baskom, terimakasih sudah membacanya sampai selesai, semoga setelah mambaca artikel ini Anda bisa mendapatkan manfaat dan insight positif. Sekian dan salam sukses untuk Anda!

Leave a Reply