freezer beku sebagian

Teknik Mengatasi Freezer Beku Sebagian, Coba Yuk!

Freezer beku sebagian tentu menjadi masalah yang pelik bagi kulkas. Bahan makanan yang harusnya bisa tahan lebih lama di dalam freezer ternyata tidak bisa maksimal kesegarannya. Jika tidak segera diperbaiki, performa kulkas bisa menurun.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab hanya beku sebagian dan cara mengatasinya. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa lebih berhati hati ketika menggunakan kulkas, sehingga tidak merusak freezer atau bagian yang lain.

Penyebab Freezer Beku Sebagian



Ada beberapa penyebab yang bisa membuat freezer hanya beku sebagian, diantaranya adalah:

  • Coil Kondensor Kotor

Penyebab pertama kodensor coil yang bocor, ini bisa terjadi jika posisi kodensor coil berada di bagian luar freezer. Posisi ini rawan dengan debu dan kotoran, sehingga perlu dibersihkan secara rutin.

Namun jika kodensor coil berada di bagian dalam freezer, jangan khawatir, kemungkinan kotor dan terkena debu cukup kecil. Sehingga perawatannya juga lebih minim dibandingkan dengan kulkas dengan kodensor coil dibagian luar.

  • Kipas Evaporator Bermasalah

Freezer tidak beku atau hanya beku sebagian, bisa jadi karena kipas evaporator yang digunakan kulkas bermasalah. Fungsi kipas ini adalah mengalirkan udara yang ada diatas kumparan untuk dialirkan ke bagian freezer atau bagian luarnya.

freezer beku sebagian

Jika kipas evaporator ini bermasalah, maka kemungkinan besar kulkas tidak akan bisa membekukan apapun. Meskipun bahan makanan sudah disimpan lama di dalam freezer atau suhunya diturunkan ke suhu minimal.

  • Start Relay Tidak Bekerja

Masalah lain yang menyebabkan freezer hanya membeku sebagian, besar kemungkinan karena start relay tidak bekerja dengan baik. Start relay berungsi untuk memasok daya komresor, jika start relay tidak berfungsi, maka kompresor tidak akan bisa menjalankan fungsinya.

Untuk mengecek apakah start relay bekerja, Anda bisa mengeceknya dengan mencabut colokan listrik. Pastikan tidak ada daya lagi yang masuk untuk membuat kulkas berfungsi, lanjutkan dengan melepas start relay. Gunakan multimeter untuk melihat apakah start relay masih bisa digunakan atau tidak.

Solusi Freezer Beku Sebagian

Setelah mengetahui penyebab freezer lama bekunya atau hanya beku sebagian, kini Anda bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan lebih mudah. Berikut ini adalah beberapa cara yang direkomendasikan, diantaranya:

  1. Mengganti Komponen yang Rusak

Jika ada komponen yang rusak, misalnya start relay, kompresor ataupun kodensor yang bermasalah, sebaiknya ganti komponen tersebut dengan komponen yang baru. ini akan membuat kulkas bisa beroperasi sebagaimana seharusnya. Jangan lupa untuk menyesuikan tipe komponen dengan jenis yang kulkas gunakan.

  1. Mengecek Thermostat

Bisa jadi hal yang membuat kulkas sulit beku adalah thermostat yang rusak. untuk mengeceknya, Anda bisa mengatur posisi thermostat sampai ke titik terendah sampai berbunyi klik. Jika tidak ada bunyi klik, maka thermostat perlu diperbaiki atau diganti dengan yang baru.

  1. Tutup Pintu Kulkas dengan Rapat

Selanjutnya, Anda bisa mengecek keadaan pintu kulkas, bisa jadi freezer box bagian bawah tidak dingin karena pintu kulkas tidak rapat saat ditutup. Udara hangat yang ada di luar kulkas bisa menyusup masuk jika pintunya tidak tertutup rapat. Karena itu, pastikan pintu kulkas benar benar berbunyi ketika ditutup.

  1. Mengatur Suhu Sesuai Kebutuhan

Pengaturan suhu kulkas jangan sampai terlalu dingin atau terlalu rendah. Setting tingkat dingin ini bisa Anda baca lebih lanjut di artikel pengaturan suhu kulkas.

Solusi freezer beku sebagian ternyata tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Jika kulkas yang Anda gunakan mengalami masalah, jangan ragu untuk meminta bantuan pihak yang memang sudah ahli dan berpengalaman. Ini dimaksudkan agar tidak ada komponen lain yang ikut rusak ketika perbaikan dilakukan.

Leave a Reply