Pentingnya Digital Marketing untuk UMKM

Posted on

Menjalankan bisnis sekarang ini wajib hukumnya untuk mempelajari dunia digital marketing. Salah satu shortcut agar tetap bisa survive yaitu memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization). Oleh karena itu, kita perlu mempertimbangkan untuk meng-hire pakar seo atau bisa juga memanfaatkan agency untuk membantu running campaign untuk channel SEM (Search Engine Marketing).

Dunia yang makin maju membuat kita semestinya semakin faham bahwa usaha akan berkembang jika melakukan penetrasi ke channel digital. Hal ini tidak melulu bicara masalah marketing, tetapi juga berhubungan dengan focus kita dalam menjalankan bisnis. Kita tentu tidak ingin bisnis kita stagnan di tengah jalan, maunya terus bertumbuh menjadi semakin besar bukan?

Belajar dari bangkrutnya Nokia, kita mesti mewaspadai bahwa inovasi mesti kita jalankan setiap hari di lini bisnis kita. Nokia lalai memanfaatkan momentun dimana banyak orang mulai mementingkan desain yang melibatkan experience user, ini karena platform dan framework yang tertutup sehingga sulit untuk mendapatkan masukan dari konsumen maupun stakeholder.

Padahal kita semua tahu, Nokia adalah market leader di dunia gadget dan teknologi. Founder-nya bahkan pernah menjadi orang paling kaya di dunia dan petuah-petuahnya sering menghiasi berbagai tempat dan menjadi salah satu idola di dunia tekonologi.

Begitu juga ketika mengingat dengan Kodak, dulu di zamannya menjadi tempat elite bagi sebagian orang untuk mengabadikan momen keindahan mereka. Dimana kita temui studio keren, pasti penuh dengan label Kodak disana. Dari pinggir jalan sampai tempat mewah selalu menjadi andalan. Kodak juga lalai tentang inovasi dunia digital.

Pelajaran dari mereka mestinya menjadi introspeksi kita dalam menjalankan bisnis kita, jangan sampai menimpa pada usaha yang sedang kita jalankan. Carnya dengan mengadopsi teknik marketing yang menggunakan channel digital. Ada berbagai channel digital marketing, dari mulai social media, search engine, maupun content marketing. Setiap bisnis tidak mesti terjun ke semua channel, Anda tentu paling faham dilini mana core value dan impact apa yang akan kita deliver ke users.

2 Jurus Kuno untuk Masuk ke Channel Digital Marketing

Sebagai business owner, tentu kita memiliki apa kelebihan yang ada pada bisnis kita dari mulai produknya, hingga resourses yang kita punya. Tips paling mudah adalah manfaatkan unique value yang kita punyai dengan mengadopsi segala resources yang kita punya. Jangan fokus ke kekurangan atau weaknes yang kita punya.

Bruce Lee

Ingat prinsip bruce lee, aku tidak takut dengan orang yang memiliki banyak jurus, tetapi aku takut sama orang yang memiliki satu jurus, tetapi dia memiliki keahlian yang mumpuni di jurus yang dia punyai.

Teknik ini bisa kita adopsi juga pada bisnis yang sedang kita running. Tidak perlu masuk ke semua lini channel marketing, fokus satu yang paling cocok, yang paling kuat core values-nya dan yang paling memungkinkan dimiliki oleh tim yang kita punya, nah berjuanglah disana mati-matian.

Ada bisnis yang untung miliaran dari tiktok doang, jawabannya? Ada. Dan pastinya ada jug orang yang kaya-raya dengan youtube doang, begitu juga channel google ads, SEO, facebook ads, instagram, bahkan spamming. Tidak ada metode yang paling benar, karena metode yang paling benar adalah metode yang Anda jalankan, dan Anda bisa buktikan running dan work very well.

Sun Tzu

Jika Adan baru memulai, masih tahapan bootstrap atau baru mau memikirkan mau mulai bisnis apa. Maka, kembali ke weaknesses dan strength Anda. Mulai lihat apa saja yang kita miliki, rekan dan keahlian kita. Lalu pikirkan pula weaknesses dan strength kompetitor Anda. Ini seperti rumus sun tzu, jika Anda mengetahui apa kelebihan kita dan kekurangan kita, lalu kita faham betul medan perang sebelum kita terjun, maka tidak ada istilah kekalahan dalam peperangan.

Mengetahui kelemahan kompetitor dan kita berjuang di kelemahan kompetitor ini adalah kunci. Ini pun bisa kita terapkan di channel digital marketing yang kita jalankan. Prinsip inilah yang mesti kita terapkan misalnya saat memanfaat jasa optimasi.ai, dengan mengusung setiap halaman layak mendapatkan peringkat yang lebih baik, Anda bisa mencari halaman di website kita yang ingin kita rankingkan yang kompetitor tidak meranking. Anda bisa mendapatkan hasil trafik lebih banyak, prospek dan penjualan. Jika anda bosan berurusan dengan alat seo yang rumit dan membingungkan, dengan optimasi.ai ini sangat membantu running bisnis Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *