cara memperbaiki dispenser bocor dari atas

Corong Dispenser Patah, Kerusakan Lain & Cara Memperbaiki



Apakah Anda memiliki masalah berupa corong dispenser patah? Jika iya, maka tulisan pendek ini akan membantu Anda. seperti yang kita tahu, bahwa salah satu alat elektronik rumahan yang cukup membantu aktivitas setiap hari yakni dispenser.

Dengan menggunakan dispenser, kita tidak perlu susah memasak air dengan kompor kemudian mendinginkannya sebelum diminum. Jika kita butuh air panas, tinggal ambil dari dispenser.

Sayangnya, jika dispenser tidak dirawat dengan cara yang benar, maka alat ini akan mengalami banyak kerusakan. Salah satunya adalah mengalami kebocoran.

Beberapa Masalah pada Dispenser

Sebenarnya banyak faktor yang menjadi penyebab kebocoran pada unit dispenser. Seringkali masalahnya ada di bagian keran serta bagian atas unit dispenser.

Pertam Anda mesti tahu cara menggunakan dispenser, baca artikel dulu link tersebut agar faham cara yang benar memakai dispense.

Supaya pembahasan ini lebih efektif dalam membenahi dispenser yang bocor, silahkan baca supaya Anda mengetahui penyebab dispenser yang bocor berikut ini.

cara memperbaiki dispenser bocor

  1. Galon berbobot terlalu berat mampu merusak / mematahkan bagian atas dispenser atau menyebabkan corong dispenser patah.

Lazimnya, untuk sebuah dispenser yang tinggi, dia punya semacam tombol yang ada di tengah-tengah cone cover atau corong dispenser.

Namun disebabkan karena sering menahan galong yang terlalu berat, tombol tersebut jadi patah kemudian membuat air galon luber ke luar.

Kebocoran akan semakin parah jika Anda meletakkan galon dengan posisi kurang tegak atau miring.

  1. Tutup Galon yang dibuka / disobek dengan pisau hingga berbentuk silang mampu menyebabkan kebocoran

Sama seperti kasus galon yang bobotnya terlalu berat, maka galon yang pada tutupnya disayat dengan pisau hingga membentuk silang ini ternyata juga bisa mematahkan bagian tengah cone cover.

Apa tanda bagian ini telah rusak? Tandanya cone cover telah patah yakni katika galon tidak berbunyi ‘blup’ ketika kita mengambil airnya.

Jika ada masalah dengan galonnya, anda bisa baca cara membersihkan galon yang berlumut. Ini juga salah satu penyebab dispenser mampet.

  1. Pemasangan cone cover atau corong dispenser yang tidak sempurna menyebabkan kebocoran

Jika kita amati bersama, akan terlihat dalam sisi cone memiliki semacam pengunci yang bisa membuat unit ini makin kuat. Nah, seharusnya, ketika dia dipasang, cone akan mengeluarkan bunyi ‘klik’. Bunyi ini menandakan jika kuncinya telah pas. Akan tetapi pemasangan unit ini yang kurang tepat bisa cone unit kendor dan akhirnya membuat air galon meluap ke mana-mana.

  1. Sering memakai dispenser namun tak pernah dibersihkan, bakalan membuat tuas keran cepat rusak

Oleh sebab sering dipakai, tuas dispenser jadi longgar. Dan ini membuat air dari galon mengucur terus. Sehingga air yang terus mengalir ini akan memenuhi penampung yang ada tepat di bawah keran.

Saran kami, daripada Anda berkali-kali membuang air kebocoran dari penampung, lebih baik Anda segera perbaiki tuas keran dispensernya.

Untuk pencegahan ke depan biar tidak terulang, Anda bisa pertimbangkan untuk membaca artikel kami tentang rekomendasi pompa galon elektrik.

  1. Stopper yang mulai aus jadi penyebab air dispenser menetes terus dari keran

Meski hanya berupa tetesan yang kecil, namun nyatanya yang namanya masalah kebocoran ini tetap harus Anda selesaikan. Agar air dari dalam galon tidak lekas habis. Namun, masalahnya ialah, stopper yang sudah tidak bisa diperbaiki. Solusinya, jika stopper sudah rusak, maka mau tidak mau, maka Anda harus beli stopper yang baru.

  1. Jika sering dipindahkan, maka pipa dalam mesin dispenser bisa mengalami pergeseran

Jangan sering memindahkan dispenser dari tempatnya semula. Sebab jika dispenser terus diangkat dan digeser, maka susunan pipa jadi tak sempurna. Sehingga, air yang seharusnya mengalir di dalam selang, menjadi membasahi dispenser.

Sebelum mesin dispenser kamu akhirnya rusak, ada baiknya Anda mengecek sambungan pipa di dalam. Setelah dispenser dipindahkan dari letaknya semua, cobalah untuk mengecek ke dalam. Apakah ada selang yang copot.

Kebocoran dispenser ini sebenarnya bisa Anda cegah jika kita rutin merawat dan membersihkannya. Selain mencegah terjadinya kebocoran, perawatan pada unit dispenser juga bakalan meminimalisir bau tak sedap pada air galon yang kita konsumsi.

Manusia Sekarang Dimanjakan Dengan Dispenser

Corong Dispenser Patah

Di hari ini, orang lebih memilih untuk memiliki alat elektronik yang mampu membantu meringankan pekerjaan di rumah masing-masing. Salah satu alat tersebut adalah dispenser air mineral.

Sebab, dengan tersedianya alat ini, maka Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk merebus air diminum. Bahkan, ada satu unit dispenser yang mampu memanaskan air.

Yang suhu panas airnya mampu mencapai mendekati titik didih air murni yang direbus menggunakan api (100 derajat celcius).

Selain itu, dan ada pula dispenser yang mampu mendinginkan air sampai mencapai suhu yang mendekati dinginnya suhu di dalam kulkas.

Supaya Anda bisa mendapatkan semua kemudahan dan manfaat dari dispenser ini. maka Anda cukup membeli alat dispenser plus botol galon air mineral yang baru.

Dengan ‘modal’ dua alat ini, Anda akan mampu menikmati hidangan minuman yang hangat, panas atau dingin tanpa bantuan kompor atau kulkas.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, maka dispenser milik kita, lambat laun akan mengalami beberapa kerusakan misalnya berikut ini.

Cara Memperbaiki Dispenser Air Mineral Jika Terjadi Kerusakan

  1. Keran dispenser patah

cara memperbaiki dispenser bocor dari atas

Untuk paling mudah untuk ‘memperbaiki’ kran dispenser yang rusak ialah dengan mengganti keran yang bermasalah tersebut dengan keran yang baru.

Namun ketika Anda beli keran yang baru, ada baiknya Anda membawa contoh keran yang rusak. Ini karena, di luar sana terdapat banyak keran dengan berbagai bentuk dan dimensi yang ada di pasaran.

Jika ukuran keran yang baru Anda beli beda dengan ukuran keran yang lama atau rusak, maka besar kemungkinan keran yang baru itu tidak bakalan terpasang dengan baik pada dispenser Anda.

  1. Bocornya badan dispenser,

Tahukah Anda jika kebocoran pada umumnya terjadi di dalam saluran air. Seling yang dimaksud ialah selang air yang masuk ke dalam mulut dispenser, dan sampai menuju selang-selang yang menyalurkan airnya  ke tempat lain.

Selang ini ada di dalam badan dispenser. Tak jarang, letak selang ini ada di bawah mulut dispenser dan atau di belakang keran. Sehingga, untuk mengetahui letak keran-keran ini, Anda mesti membuka penutup galong.

Membuka casing galon sendiri ada beberapa cara. yakni:

Buka semua baut yang terpasang di bagian penutup belakang dispenser. Silahkan periksa apakah semua selang penyalur air berjalan dengan normal. Periksa juga apakah ada selang yang yang meneteskan air atau tidak.

Kebocoran lazimnya terjadi pada pucuk tiap selang. Kebocoran tersebut terjadi karena kurang kencangnya sabuk pengikat antara satu selang dengan selang yang lain di dalam dispenser.

Sehingga, buat mengantisipasi masalah ini, silahkan mengencangkan sabuk pengencang. Sabuk pengencang ini biasanya terdapat di ujung-ujung selang.

Anda bisa mengencangkan sabuk kecil ini dengan cara menarik ujung dari selang.

Apabila ada selang yang bolong, maka Anda mesti ganti dengan selang yang baru. Selang untuk dispenser ini banyak dijual di pasaran.

Sebab lain kebocoran dispenser adalah corong dispenser yang patah. Dan ini bisa ditanggulangi dengan membeli corong dispenser yang baru.

Di marketplace, harga rata-rata untuk corong dispenser adalah sekitar Rp. 20.000 – an.

Kesimpulan

Corong dispenser yang patah dan beberapa masalah khas dispenser memang menjadi masalah tersendiri. Dan ini harus segera diselesaikan.

Terimakasih sudah membaca konten ini dan jangan lupa silahkan share artikel ini agar teman-teman Anda yang bermasalah dengan dispensernya bisa terbantu.