subron stainless steel
pixabay.com/ASasch

5 Rekomendasi Contoh Panci Stainless Steel Aluminium & Cara Menambalnya

Posted on

Memiliki panci bocor memang menyebalkan, membuat proses memasak menjadi terhambat. Panci bocor pun bisa membahayakan, jika air atau bumbu masakan jatuh ke bawah api. Tapi Anda tidak perlu buru-buru membuangnya, karena panci bocor bisa loh ditambal kembali. Sebelumnya Anda bisa membaca cara efektif menambal panci yang bocor

Dan Biasanya yang lebih sering bocor adalah panci aluminium, walau begitu sampai saat ini banyak orang yang masih setia dengan panci bahan alumunium.

Panci aluminium 

Panci alumunium pernah dinyatakan sebagai panci yang berbahaya, tapi ternyata pernyataan itu dibantah oleh para peneliti.

Dilansir Kominfo.go.id, bahwa kabar berita itu HOAKS, menurut Ketua Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Agus Haryono menyatakan menurut WHO manusia dewasa menerima paparan oral 50 mg/hari, sedangkan paparan oral dari cookware hanya 1-2 mg, sangat jauh dari membahayakan. 

Bahwa aluminium yang masuk kedalam tubuh, memiliki jumlah yang sedikit. Aluminium yang berbahaya itu pada saat bubuk aluminium terhirup, ini biasanya terjadi bagi para pekerja yang setiap hari terpapar bubuk aluminium, dan itupun jika tidak menggunakan pelindung seperti masker. 

Begitu juga menurut hydro.com, aluminium dari panci, peralatan masak ataupun kaleng, dan aluminium foil, memiliki sedikit sekali atau tidak ada pengaruhnya dalam asupan harian atau bahkan kurang dari 0,1 mg, sedangkan di Eropa asupan harian diperkirakan 3-10 mg, jauh untuk terpapar terlalu banyak.

Kita tidak perlu takut berlebihan, tapi juga harus tetap waspada. Kurangi paparan aluminium di keseharian bisa saja dilakukan, atau bisa menghindari memasak sesuatu yang asam pada peralatan masak aluminium. 

Ini Beberapa rekomendasi panci alumunium

Sebelum mengetahui cara menambal panci bocor, bagi Anda yang membutuhkan informasi seputar Beberapa Merk panci aluminium berkualitas tinggi. Ini bisa menjadi rekomendasi agar Anda memiliki panci atau wajan yang awet, dan tidak mudah bocor. 

1. Wajan SP Super

sp super

Wajan dengan Merk SP super memiliki ukuran yang sangat banyak, mulai dari ukuran diameter 18” hingga diameter 81”, harga berkisar 138.000 – 1.050.000. Wajan SP super terbuat dari bahan dasar aluminium tebal, kualitas terbaik dan aman digunakan untuk masak sehari – hari. Wajan ini dirancang dengan inovasi teknologi terbaru, sehingga memiliki panas yang baik dan merata. Wajan SP super memiliki spesifikasi.

  • Anti pecah 
  • Anti karat 
  • Anti penyok 
  • Tidak mudah hitam 
  • Tidak mudah lengket 
  • Tahan panas 
  • Awet 
  • Bahan tebal 

2. Wajan Tiga roda 

wajan tiga roda

Wajan tiga roda sudah diakui kualitasnya, wajan ini memiliki kualitas bahan aluminium yang berkualitas. Tebal dan anti pecah, mampu menghantarkan panas, membuat proses memasak lebih cepat dan juga menghasilkan masakan yang matang merata, wajan ini memiliki ukuran yang bervariasi, Mulai dari diameter 25 cm hingga diameter 58 cm . Harga untuk wajan ini cukup terjangkau, Rp 19.000 – 98.000, untuk ukuran 24cm. Dan spesifikasi wajan cap tiga roda sebagai berikut.

  • Bahan alumunium berkualitas
  • Anti pecah
  • Bahan tebal
  • Panas merata
  • Awet

3. Wajan HAN JBDT22 Wok

wajan han wok

Wajan ini sudah sulit ditemukan, jika Anda mencari HAN Wok, pasti menemukan wajan HAN yang ber materialnya carbon steel atau bahan besi baja. Carbon steel lebih mahal ketimbang Aluminium, anda bisa membaca lengkap 5 Jenis Panci Healthy Cook, Wajan yang Aman untuk Gaya Hidup Sehat

Tapi wajan HAN JBDT22 Wok ini juga sangat direkomendasikan, karena memiliki aluminium yang berkualitas, kuat dan awet.

Denga desain menyatu dengan gagang, membuat tampilannya lebih bagus daripada wajan yang lain. Hanya saja kekurangannya lebih sulit ditemukan.

Harga dari wajan HAN JBDT22 Wok ini Rp 133.000, untuk diameter 22cm, berikut spesifikasi. 

  • Desain lebih premium
  • Tahan lama
  • Inovasi teknologi modern 
  • Penghantar panas yang baik 
  • Tidak mudah gosong
  • Material yang berkualitas 

4. Ayano panci soup 

ayano soup

Panci kecil bergagang ini, sangat dibutuhkan di rumah, untuk memanaskan susu, lauk pauk, merebus mie, membuat sup dan lainnya.

Panci sup dari AYANO ini, memiliki kualitas yang bagus, bahan yang kuat dan tebal, sehingga mampu menjadi penghantar panas yang baik, harga untuk panci ini Rp 64.000 dengan ukuran 20cm. 

  • Serbaguna 
  • Bahan sangat tebal 1.8 mm
  • Gagang kayu 
  • Aluminium berkualitas 
  • Diameter 20 cm dan panjang 36 cm

5. Panci Maspion

panci maspion

Pasti panci ini sudah tidak asing lagi bagi Anda. Panci ini sudah digunakan dari jaman nenek kita, loh.

Memiliki tutup khas bergambar bunga, dengan model “jadul”,  panci ini tetap bisa menjadi pilihan, karena panci ini serbaguna, bisa digunakan merebus air, merebus singkong, kentang, membuat sup dalam jumlah banyak dan sebagainya. Bahan yang anti karat dan kuat. Harga dari panci Maspion Rp 47.000, dengan diameter 28 cm. 

  • Sudah dipercaya awet dipakai bertahun-tahun
  • Bahan yang aman
  • Anti karat 
  • Model klasik 
  • Terdapat tutup 
  • Serbaguna

Cara Merawat Panci Stainless Steel Aluminium 

Di bawah ini beberapa cara, untuk merawat panci aluminium, agar tidak cepat rusak, aus dan bocor. Perawatan penting dilakukan, agar alat masak apapun tetap awet dan bertahan lama. 

  1. Jangan mencuci alat masak apapun dengan keadaan panas, begitu juga dengan aluminium, walaupun sebenarnya aluminium akan lebih kuat daripada panci dengan coating, tapi tetap saja alumunium pun memiliki kepekaan terhadap perubahan suhu. Diamkan aluminium hingga suhu ruang, atau melakukan perendaman dengan air panas. 
  2. Jangan biarkan makanan lama menempel pada panci dan wajan, lakukan perendaman segera setelah selesai memasak. Didihkan air dan masukan air ke dalam panci atau wajan, beri satu hingga dua tetes cuka. Diamkan kira-kira 10 menit, lalu gosok perlahan dengan spons dan sabun cuci piring. Bilas hingga bersih. Cara ini juga bisa untuk karat, lakukan dengan tambahan lemon, sitrun atau lainnya, bisa dilakukan berkala.
  3. Simpan ditempat bersih. Penyimpanan menjadi salah satu hal yang juga harus diperhatikan, jangan menumpuk terlalu banyak alat masak, akan membuatnya cepat rusak. 

Cara Menambal Panci Stainless Steel yang Bocor 

menambal panci bocor
portaljember

Jika panci sudah terlanjur bocor, dan Anda tetap ingin memakainya. Anda tetap bisa memperbaikinya, dan caranya sebagai berikut. 

Menggunakan alumunium foil dan sisa bungkus penyedap rasa

  1. Langkah awal cuci bersih panci dan keringkan
  2. langkah kedua jika tekstur panci yang bocor tidak merata, silahkan ratakan terlebih dahulu, menggunakan kayu, cobek, atau apapun. Pastikan posisi panci tegak dan pukul-pukul panci bocor bagian dalam hingga permukaan rata. 
  3. Langkah ketiga, jika panci kotor terdapat gosong dan karat, amplas terlebih dahulu bagian dalam dan luar panci yang ingin ditambal saja. Jika panci bersih, tidak perlu mengamplas.
  4. Langkah keempat bersihkan sisa amplas, lalu ukur alumunium foil atau sisa bungkus penyedap rasa sesuai dengan besaran bocor, buat potongan aluminium tidak kotak, tapi sedikit membulat agar tidak mudah lepas. 
  5. Panaskan panci, angkat panci dan mulai tambal bagian luar, dengan bantuan sendok dan juga ratakan dengan bantuan lap bersih. Lakukan hal yang sama di bagian dalam panci atau lakukan dua lapis di bagian luar saja, jika tidak ingin menambal bagian dalam. 

Itu dia cara menambal panci bocor, juga cara merawat dan rekomendasi panci dan wajan aluminium. Selain itu, ada alat canggih yang bisa menggoreng tanpa minyak, simak ulasan kami aja di rekomendasi air fryer hemat listrik, lebih sehat juga masakannya dan bebas bocor tentunya.

Carilah panci aluminium dengan kualitas yang baik, begitu juga dengan merawatnya, melakukan perwatan bisa membuat panci Anda tidak mengalami kebocoran, gunakan api sedang agar belakang panci tidak cepat gosong dan tidak menyikat dengan sikat kawat. Semoga artikel bisa bermanfaat dan memberi informasi yang Anda cari.