oven combi adalah

Combi Oven, Pengertian dan Fungsi-fungsinya

Posted on

Selama ini kita sudah akrab dengan oven konvensional yang berfungsi untuk membakar sekaligus memanggang makanan seperti roti. Baru-baru ini ada model oven yang bernama oven combi. Apakah ada perbedaan fungsi dengan oven konvensional pada umumnya? Mari cari tahu selengkapnya di sini!

Combi oven adalah oven yang bisa melakukan 3 jenis oven sekaligus, sesuai nama combination yaitu gabungan 3 in 1 oven sekaligus yaitu oven uap (steam), oven udara panas (convection) dan kombinasi antara uap dan udara panas sekaligus. Oven yang solutif dan hemat waktu dan tempat, daripada membeli ketiga oven berbeda.

MACAM-MACAM OVEN SERTA KEGUNAANYA

Sebelum membahas lebih jauh mengenai combi oven, mari berkenalan dulu dengan beberapa jenis oven agar kita tidak salah kaprah dalam memahami fitur kegunaanya!

Apa saja fungsi oven dari berbagai jenis yang ada? Berikut adalah macam-macam oven berdasarkan fungsinya sbb:

1. Oven Kompor

Sesuai dengan namanya oven ini dipanaskan dengan cara menyalakan kompor yang ada di bawahnya. Oven kompor ini bisa disebut juga dengan istilah over tangkring. Untuk harganya relatif paling murah, hanya saja waktu pemanggangannya lebih lama dibandingkan jenis oven lain seperti oven listrik.

2. Rotisserie oven

Jenis oven ini khusus digunakan untuk memanggang daging utuh. Caranya dengan menusukkan stik atau tongkat pada bagian daging. Kemudian mesin oven ini akan bekerja dengan cara memutar daging yang sedang dipanggang tadi.

3. Bakery oven

Bakery oven atau oven roti, sesuai dengan namanya dikhususkan untuk memanggang jenis makanan kue atau roti meskipun bisa juga diunakan untuk memanggang jenis makanan lain seperti daging.

Salah satu jenis roti yang bisa Anda buat dengan menggunakan bakery oven adalah croissant yang merupakan jenis kue khas dari Prancis. Untuk mengembangkan adonan pada jenis-jenis kue seperti croissant, danish dan puff pastry ada yang namanya proses proofing. Menggunakan alat yang bernama proofer roti.

4. Convection Oven

Adalah oven konveksi dengan kipas angin yang menyebarkan sirkulasi udara ke seluruh oven, sehinggga membuat makanan yang dipanggang dapat matang secara merata.

5. Oven konvensional

Ini adalah jenis oven yang paling umum digunakan di rumah tangga. Oven konvensional ini menggunakan listrik sebagai tenaganya. Atau juga bisa menggunakan pembakar gas.

Nah setelah mengetahui beberapa jenis oven, lalu apa yang membedakan jenis-jenis oven ini dengan oven combi?

KEGUNAAN COMBI OVEN

Combi oven serta beberapa jenis oven lainnya memiliki fungsi yang sama untuk memanaskan makanan atau membuat kue/roti. Yang membedakan hanyalah beberapa penambahan fungsi dasarnya!

Combi oven memberikan fitur yang lebih komplit. Sehingga memberikan kemudahan serta efisiensi waktu dalam penggunaannya.  

Untuk lebih jelasnya, combi oven adalah oven kombinasi. Sesuai dengan nama lengkapnya yaitu  combination oven. Kombinasi yang dimaksud adalah perpaduan antara steam atau uap, konveksi, serta konveksi dan uap.

  • Convection atau konveksi yang berarti sirkulasi panas kering. Dapat digunakan untuk memanggang roti atau juga daging.
  • Steam atau uap. Kegunaannya mirip dengan steamer untuk mengukus atau merebus. Cocok untuk memasak jenis sayur-sayuran.
  • Fungsi kombinasi konveksi dan uap, untuk membuat hasil yang lebih kuat dari biasanya. Mulai dari aroma atau kelembapan.

Untuk mengatur atau memberi perintah pada combi oven kita dapat menggunakan tombol-tombol pada control panel nya. Pada control panel ada opsi tombol untuk mengatur temperatur sekaligus waktunya alias timer.  Serta tombol lain dengan fungsi yang berbeda.

COMBI OVEN RATIONAL

Combi oven rational adalah jenis oven kombinasi yang mempunyai teknologi yang sangat lengkap! Oven kombinasi ini dapat digunakan untuk memanggang, membakar, merebus, menggoreng serta mengukus.

Letak perbedaanya adalah combi oven rational menghasilkan fresh steam atau uap yang segar. Sehingga Anda tak harus menambahkan air yang mendidih. Suhu pada kabinet oven rational ini menjanjikan kualitas makanan yang jauh lebih baik. Udara panas yang menyebar ke semua bagian makanan secara merata, sehingga kelezatan makanan tetap terjaga luar dalam.

Manfaat Combi Oven

Jika dipertimbangkan, combi oven dapat memberikan manfaat ekonomis dibandingkan gabungan  jenis oven di atas!

  • Manfaat kombinasi :Combi oven dapat menjalankan banyak fungsi mulai dari mengukus, menggoreng, proofing , hinggga memasak seperti slow cooker.
  • Memasak dengan kontrol suhu yang akurat
  • Menu yang dapat diprogram
  • Peningkatan hasil olahan makanan :Produk makanan yang dihasilkan menjadi lebih berkualitas! Rasa dan nutrisi makanan dapat dipertahankan dengan baik. Karena combi oven memberikan kombinasi uap serta konveksi ke dalam hidangan yang Anda buat!

Harga Combi Oven

Bagaimana sungguh beragam bukan manfaat dari combi oven ini? Lantas berapakah harga untuk mesin pemanggang yang canggih ini? Mengingat berbagai keunggulan yang ditawarkan sangat serbaguna, maka tak heran harga combi oven lumayan tinggi. Bahkan lebih cocok digunakan di industri seperti misal di restaurant.

Combi oven adalah bagian inovasi memasak yang modern. Dengan kelengkapan fitur yang ada di dalamnya, menjadikan combi oven lebih powerful dari segi kegunaan dibandingkan jenis oven biasa. Waktu yang dibutuhkan untuk memanggang pun menjadi lebih singkat,  namun kualitas masakan yang dihasilkan tetap terjaga dengan baik. Mulai dari tekstur, aroma, hingga kelezatan rasa. Combi oven memberikan manfaat yang luar biasa!