chef de partie adalah

Tugas Chef de Partie serta Tingkatan pada Chef

Posted on

Selama ini mungkin kita mengenal istilah chef adalah jenis pekerjaan di bidang juru masak, baik di restoran ataupun hotel. Padahal tidak semua chef langsung bergelut sebagai juru masak, ada tugas-tugas khususnya tersendiri sesuai dengan nama serta tingkatannya. Salah satunya adalah chef de partie. Apa itu chef de partie?

Chef de Partie adalah koki yang memiliki tanggung jawab pada semua aktivitas operasional memasak dan kru yang terlibat di dalamnya. Termasuk mengawasi kegiatan di dapur, melakuan persiapan dan penyusunan menu makanan.

Tugas Chef de Partie

Tugas Chef de partie adalah menjalankan operasional dapur. Ia bertanggung jawab terhadap kru serta semua aktivitas di dapur. Selain fungsi pengawasan, chef de partie juga melakukan persiapan dan penyusunan makanan.

Dibalik kelezatan makanan yang disajikan di resto atau hotel besar, di sana ada “tangan terampil” para chef yang mengolah hidangannya. Dari berbagai macam posisi chef, ada yang disebut dengan chef de partie.

Tanggung Jawab chef de partie:

  • Membantu mengeksekusi tugas dari head chef dan sous chef dalam operasional dapur
    (Chef de partie berada di tingkatan ketiga di bawah head chef dan sous chef)
  • Pemimpin masing-masing divisi dapur
    (Divisi dapur hot kitchen, pastry, cold kitchen, butcher dll)
  • Membantu koki lain di station mereka
  • Membantu stock opname jika diperlukan
  • Manajemen dapur /melakukan tugas supervisi
  • Memastikan pasokan serta kualitas bahan baku serta bahan makanan yang dibutuhkan

Syarat Menjadi Chef de Partie

Untuk menjadi seorang chef de partie, kita harus memenuhi berbagai persyaratan serta keahlian yang dibutuhkan :

  • Paham bagaimana mengelola atau mengatur kerja sama tim
  • Mempunyai pengetahuan yang baik tentang teknik memasak dan kuliner
  • Kreatif dan imajinatif
  • Kemampuan komunikasi yang baik
  • Mampu melakukan problem solving serta dapat bekerja di bawah tekanan
  • Mengetahui standar kebersihan

Untuk syarat pendidikannya dapat ditempuh melalui pendidikan formal terlebih dahulu seperti jurusan tata boga. Lalu mempunyai keahlian memasak yang baik. Seiring dengan pengalaman yang sudah sangat banyak, jenjang karier juga akan terus naik hingga bisa  ke posisi chef de partie.

Lihat juga artikel kami tentang: suhu kulkas normal

Gaji Chef de Partie

Berdasarkan data terbaru tahun 2022, gaji Chef de Partie di Amerika Serikat berkisar 40juta per bulan. Namun gaji sebesar itu belum tentu sama dengan di Indonesia. Gaji sebesar itu bisa didapatkan di hotel mewah di tempat strategis dan terkenal.

Profesi pada umumnya bisa menjanjikan gaji yang fantastis Sebagai penghargaan terhadap kemampuan spesialnya dalam mengolah makanan. Untuk besaran gaji tergantung dari perusahaan serta tingkatan posisinya.

Semakin banyak pengalaman serta tinggi tingkatan chef, apalagi dari restoran bintang lima tentu semakin tinggi dan menggiurkan gajinya. Bahkan bisa sampai belasan  juta Rupiah per bulannya. Namun bagi koki pemula yang memulai dari tingkatan bawah, tentu harus bersabar agar memperoleh gaji yang lebih tinggi. Karena masih berstatus belum berpengalaman.

Tingkatan Chef

Nah supaya dapat mempermudah besaran gaji chef termasuk chef de partie , kita bisa melihat tingkatan chef dari yang tertinggi sampai terendah. Berikut ini hierarki tingkatan chef mulai dari yang paling atas!

1. Kepala Dapur / Executive chef

Kepala dapur tentu saja menempati posisi tertinggi pada hierarki kerja chef. Tugas kepala dapur memimpin sekaligus mengontrol segala aktivitas terkait kerja bawahannya. Executive chef ini pula yang berperan menyetujui dan memoles hidangan yang akan disajikan.

Tugas tanggung jawab kepala dapur lebih fokus dalam kepemimpinan tim serta administrasi. Mulai dari pengelolaan biaya produksi suatu menu makanan, perekrutan sampai pelatihan kru dapur.  Dan yang tidak kalah penting adalah memastikan pengelolaan makanan sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

2. Sous chef

Sous chef bisa dibilang adalah wakil executive chef yang menempati tingkatan kedua. Secara tipe pekerjaan keduanya hampir sama. Jika Executive chef lebih biasa mengurusi tim dari luar dapur, maka sous chef biasanya memimpin langsung tim di dapur terutama dalam perencanaan menu. Dia bertugas menggantikan kepala dapur dalam segala pengambilan keputusan apabila kepala dapur sedang berhalangan.

Jadi baik executive chef ataupun sous chef perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, problem solving dan manajemen waktu yang baik. Karena keduanya berada di hierarki yang paling atas, jadi harus bekerja sama dengan baik demi mencapai target yang sudah ditetapkan.

3. Chef de Partie

Lanjut berikutnya adalah posisi chef yang sedang kita bahas yaitu chef de partie. Chef de partie berada di tingkatan ketiga di bawah kepala dapur dan sous chef. Untuk tugas-tugasnya sama seperti yang sudah dijelaskan di paragraf atas tadi. Tentu saja ada beberapa penambahan jobnya.

Baca artikel kami yang membahas tentang: kertas roti

Divisi yang dipimpin oleh chef de partie

  • Hot kitchen :Bagian dapur pengolahan makanan utama entah itu digoremg, direbus dll.
  • Cold kitchen : Bagian pengolahan makanan dingin untuk hidangan pembuka atau penutup.
  • Pastry :Bagian pengolahan untuk menu jenis kue, roti, coklat, biskuit dan sejenisnya.
  • Butcher : Bagian pengolahan khusus daging. Entah itu daging sapi, ayam, ikan dan sejenisnya
  • Vegetable chef : Bagian pengolahan sayur, sup, telur dll.
  • Roast chef : atau rotisseur yang bertugas memanggang daging.

4. Demi chef

Posisi demi chef berada di bawah posisi chef de partie dan mempunyai fungsi yang hampir sama. Demi chef juga mempunyai fungsi quality control terhadap bahan baku makanan. Mulai dari membuat persiapan hingga memastikan kesehatan serta kebersihan bahan makanan. Serta membantu mengatasi masalah yang timbul di dapur.

5. Commis chef

Nah commis chef ini yang terlibat langsung dalam eksekusi memasak. Seorang commis bertugas menyiapkan bahan makanan, mengupas, memotong, membersihkannya.  Kemudian memberikan bumbu sesuai resep atau arahan chef de partie. Intinnya tugas commie chef adalah pengolahan langsung bahan baku dasar yang akan dimasak.

Dalam tingkatannya ada commis 1 , 2 dan 3. Dengan commis 1 merupakan tingkatan yang tertinggi. Commies juga bertugas untuk menjaga kualitas bahan-bahan masakan mulai dari cara penyimpanan hingga tetap menjaga kualitas kebersihannya. 

6. Cook Helper

Sesuai dengan namanya, cook helper bertugas membantu juru masak. Mulai dari mencuci peralatan memasak, serta menyiapkan bahan makanan masing-masing divisi sesuai dengan keperluannya. Dalam perekrutan kerja dunia chef dapur, biasanya akan dimulai dari posisi cook helper terlebih dahulu.

Cook helper dapat disebut juga dengan asisten dapur atau kitchen porter. Meskipun menempati posisi paling bawah dalam hierarki chef dapur, namun di sebagian resto ada yang menempatkan dishwasher atau pencuci piring di urutan terbawah.

Nah, bagaimana  sudah mulai memahami kan apa-apa saja tugas tanggung jawab seorang chef de partie? Tidak hanya itu, namun kita juga dapat mengetahui tingkatan serta persyaratan jika ingin menjadi salah satu posisi strategis di bidang chef dapur ini.

.