Cara Penggunaan Kompor Listrik

Tak ada satu pun menu masakan lezat yang disantap jika tidak memasaknya menggunakan kompor. Kompor listrik adalah jenis kompor yang paling sering diandalkan ibu rumah tangga masa kini. Alasan utamanya karena cara penggunaan kompor listrik yang relative lebih mudah daripada kompor lainnya.

Dilihat dari cara penggunaan kompor listrik juga jauh lebih mudah, cukup disambungkan ke aliran listrik. Tidak perlu lagi mencari tabung gas berisi elpiji untuk memasak. Menyoal perawatan kompor listrik juga sangat mudah asalkan selalu dijaga kebersihannya. Untuk satu set peralatan kompor listrik dapat digunakan awet selama bertahun-tahun.

Cara Menggunakan Kompor Listrik

cara menyalakan kompor listrik modena

Saat beralih menggunakan kompor listrik tentunya Anda akan mencari tahu bagaimana cara penggunaan dasar.

Time needed: 10 minutes.

Berikut ini penggunaan kompor listrik agar aman dan tahan lama:

  1. Menyiapkan Peralatan Masak

    Penggunaan kompor listrik memerlukan alat-alat memasak yang khusus agar panas yang dihasilkan pada atas kompor dapat dihantarkan. Pada dasarnya kompor listrik hanya akan menimbulkan reaksi apabila memasak makanan menggunakan stainless steel atau besi.
    Hal tersebut juga bermanfaat bagi Anda karena sekaligus mengupgrade peralatan masak menggunakan material yang pas. Apabila sulit mencari peralatan memasak berbahan stainless steel dan besi baja maka solusinya mencari peralatan yang bagian bawahnya terdapat bahan tersebut.
    Sedangkan pada bagian lain dapat terbuat dari material biasa. Alhasil, bagian bawah alat-alat masak dapat menerima panas dengan baik. Makanan yang dimasak dengan cara menggoreng, menumis, merebus pun menjadi lebih matang.

  2. Mengetes Peralatan Masak Lama

    cara menggunakan kompor listrik
    Ada beberapa jenis alat-alat masak yang menimbulkan reaksi ketika menggunakan kompor listrik. Akan tetapi ada peralatan lainnya yang tidak menimbulkan reaksi apa-apa. Oleh sebab itu, cobalah melakukan uji terhadap semua peralatan masak di dapur.
    Sehingga ditemukan mana peralatan masak yang cocok dipakai untuk kompor listrik. Peralatan memasak dari bahan aluminium dan besi belum tentu semuanya dapat digunakan pada kompor listrik.

  3. Menyalakan Kompor Listrik Berdasarkan Petunjuk

    Umumnya kompor listrik mempunyai beragam desain dan jenis. Termasuk juga sistem untuk menyalakan kompor yang disediakan setiap merek berbeda-beda. Beberapa kompor listrik ada yang dapat dinyalakan dengan menekan tombol on.
    Namun, ada pula kompor listrik yang memiliki tombol putar untuk menyalakan api. Disinilah sangat penting untuk memperhatikan cara menyalakan kompor listrik berdasarkan buku petunjuk. Cara menghidupkan kompor listrik jadi sangat penting.

  4. Meletakkan Peralatan Masak Diatas Cooktop

    Cara penggunaan kompor listrik selanjutnya yakni meletakkan peralatan masak diatas cooktop. Cooktop merupakan suatu lempengan yang terdapat diatas permukaan kompor induksi. Bagian ini sangat penting untuk menciptakan panas dan mengantarkannya pada alat-alat masak yang digunakan.
    Lakukanlah tahapan pengujian awal dengan memasak bahan makanan melalui berbagai cara. Contohnya merebus, menggoreng, dan menumis makanan. Sehingga dapat mengetahui jangka waktu yang diperlukan kompor listrik untuk menghantarkan panas sejak pertama kali dinyalakan.

  5. Mengukur Waktu Memasak

    Penggunaan kompor listrik cenderung jauh lebih efisien dan optimal karena menggunakan energy listrik. Jadi, tidak mengherankan apabila proses memasak makanan jauh lebih cepat. Perbandingannya dengan menggoreng ikan menggunakan kompor biasa memakan waktu 15 menit sampai ikan matang.
    Sedangkan, menggoreng ikan menggunakan kompor listrik hanya memakan waktu kurang lebih 10 menit.

Ada beragam keuntungan diperoleh sejak awal menggunakan kompor listrik. Melansir dari Kumparan.com, hal tersebut dialami oleh seorang ibu rumah tangga bernama Anastasia (38). Ia merupakan warga yang berkediaman di Jalan Akcaya, Kecamatan Pontianak Selatan.

Diketahui bahwa Anastasia telah membuka usaha katering sejak tahun 2012. Awalnya ia menggunakan kompor gas untuk memasak namun menelan biaya cukup besar. Bayangkan saja dalam satu bulan Anastasia harus menyediakan minimal 5 tabung gas seberat 12 kilogram. Sehingga biaya yang dikeluarkan sekitar Rp. 700 ribu-an.

Mending buat beli kompor listrik di Shopee di link ini, harganya cuma 150rb, lebih fleksibel tanpa perlu ngabisin LPG lagi.

Semenjak hadir kompor listrik dapat menghemat biaya operasional. Dimana dengan penggunaan kompor listrik menekankan biaya operasional hingga 30 persen setiap bulan. Selain itu, menu katering yang dimasak lebih terkontrol karena kompor listrik memiliki pengaturan suhu.

Tips Menggunakan Kompor Listrik Bagi Pemula

cara menggunakan kompor listrik maspion

Banyak pemula yang awalnya ragu-ragu beralih ke kompor listrik atau tetap menggunakan kompor gas. Sebenarnya tidak perlu khawatir, keamanan tetap terjamin asalkan saat menggunakan kompor listrik mengikuti buku panduan.

Setelah menyimak cara penggunaan kompor listrik seperti uraian sebelumnya, tentunya memerlukan tips-tips bagi pengguna pemula. Untuk itu penting untuk menyimak tips menggunakan kompor listrik bagi pemula berikut ini.

1. Mematikan Perangkat Elektronik Lainnya

Sadari sejak awal bahwa penggunaan kompor listrik di rumah tentu memerlukan daya listrik yang cukup besar. Supaya terhindar dari permasalahan listrik mati tiba-tiba karena tidak sanggup menahan beban maka matikan perangkat elektronik lainnya.

Saat menggunakan kompor listrik tidak dibarengi dengan penggunaan magic com, setrika, dan peralatan elektronik berdaya listrik tinggi lain. Apabila tetap ngotot menggunakannya dikhawatirkan membuat listrik di rumah tiba-tiba padam atau sekring meledak.

Misalnya saja untuk kompor, cara menyalakan kompor listrik modena juga memiliki metode yang sama dengan apa yang kami uraikan disini.

2. Menggunakan Peralatan Wajan Khusus

cara menggunakan kompor listrik philipsJika beralih menggunakan kompor listrik maka harus menyediakan wajan dan panci khusus. Biasanya saat pertama kali membeli kompor listrik sudah memperoleh wajan dan panci yang berbahan khusus.

Peralatan masakan gratis dari pabrik tersebut dinilai lebih kompatibel digunakan dengan kompor listrik. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk membelinya diluar.

3. Mengatur Daya Listrik Terendah Kompor Listrik

Satu tips penting lainnya yang patut diperhatikan sebelum memasak adalah mengatur daya listrik kompor menjadi paling rendah. Cara seperti ini sangat membantu bagi Anda yang rumahnya memiliki daya listrik rendah. Akhirnya kompor listrik pun tetap aman digunakan.

4. Meletakkan Panci atau Wajan Pada Kompor Listrik

Banyak orang terbiasa meletakkan panci dan wajan begitu saja diatas kompor setelah menggunakannya. Faktanya tindakan tersebut tidaklah benar dan dapat memperpendek umur kompor listrik.

Disamping itu, saat hendak menggunakan kompor listrik sebaiknya memastikan bahwa kompor listrik telah panas. Setelah itu baru dapat meletakkan wajan maupun panci diatasnya. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan cipratan minyak maupun air yang terjatuh diatas kompor. Jika hal tersebut terjadi maka segera dibersihkan supaya tidak menimbulkan bahaya.

5. Langsung Mematikan Kompor Listrik Setelah Digunakan

Sangat penting untuk selalu mematikan kompor listrik setelah selesai memasak. Mematikan kompor listrik yang dimaksud adalah mengubah posisi dari tombol power “On” ke “Off”. Barulah setelah itu dapat melepaskan kabel kompor yang terhubung dengan stop kontak listrik. Tindakan seperti ini juga termasuk penghematan penggunaan listrik di rumah.

6. Membersihkan Kompor Listrik Secara Rutin

Tips terakhir untuk pengguna baru kompor listrik yakni selalu menjaga kebersihan kompor dan komponen-komponennya. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan kain berbahan microfiber yang sedikit dibasahi air.

Cobalah mengusapkan ke atas permukaan kompor secara perlahan dan berulang-ulang. Lakukan gerakan mengusap yang lembut sampai kompor listrik terlihat bersih.

Ulasan diatas mengenai cara penggunaan kompor listrik dan tips pengguna pemula yang cukup pada. Apakah hal tersebut membuat Anda berniat beralih menggunakan kompor listrik. Semoga bermanfaat!