model pemasangan wastafel

Cara Pasang Wastafel Cuci Tangan di Dinding, Bisa dibuat Sendiri

Posted on

Wastafel bisa menjadi tambahan aksesoris rumah yang bermanfaat. Terutama bagi Anda yang baru saja selesai membangun rumah. Wastafel bisa dipakai sebagai tempat cuci tangan serta keperluan kebersihan lainnya. Kini wasatafel bisa dipasang dengan mudah. Berikut ini adalah cara pasang wastafel cuci tangan di dinding dengan praktis.

MODEL PEMASANGAN WESTAFEL

Model pemasangan wastafel dibedakan menjadi dua jenis. Pertama adalah model yang pemasangannya dengan cara disangga menempel di dinding. Model pemasangan wastafel yang digantung ini lebih sederhana. Bisa dipasang sebagai tempat cuci tangan di rumah makan, tempat umum ataupun di kamar mandi untuk cuci tangan, cuci muka atau gosok gigi.

Sedangkan ada juga model wastafel untuk cuci piring. Model ini biasanya sudah menjadi satu set dengan meja dapur, tidak menggantung. Jadi tinggal dipasang krannya saja.  

MODEL WASTAFEL KAMAR MANDI

Wastafel bisa dipasang di area dapur atau kamar mandi. Untuk model wastafel kamar mandi bukan berarti model buat gaya-gayaan tapi menyesuaikan luas dari kamar mandi tersebut.

  • Corner sink  : cocok untuk tepat yang tidak terlalu luas, bisa ditempatkan di pojok ruang dengan bentuk wastafel segitiga berukuran kecil atau sedang.
  • Freestanding basin : model wastafel berdiri
  • Countertop basin : biasa diletakkan di meja kamar mandi.

KRAN AIR WASTAFEL DINDING

Selain wastafel yang berfungsi sebagai wadah supaya air tidak menggenangi ruangan sekitar, yang kita perlukan adalah kran air. Untuk kran tidak ada masalah karena umumnya sudah menjadi satu paket pembelian dengan wastafel.

UKURAN WASTAFEL CUCI TANGAN DI DINDING

Hal penting yang perlu diperhatikan pada pemasangan wastafel adalah mengukur ketinggiannya. Ukuran tinggi wastafel akan mempengaruhi kenyamanan penggunaannya. Maka jangan salah dalam membuat pengukuran tinggi wastafel. Untuk tinggi rata-rata wastafel cuci tangan adalah 75-95 cm. Menyesuaikan kebutuhan saja, jika terdapat lingkungan yang banyak anak kecilnya mungkin tingginya bisa diturunkan lagi atau dibuat secara khusus.  

LANGKAH-LANGKAH CARA MEMBUAT WASTAFEL CUCI TANGAN

Pembahasan kitta kali ini lebih fokus pada pemasangan wastafel cuci tangan model menggantung.  Sebelum memulai pemasangan wastafel, pastikan semua peralatan sudah siap termasuk  mengukur pipa serta tempat pembuangan air kotor. Pada dasarnya wastafel mudah dipasang sendiri tetapi Anda bisa meminta bantuan tukang bangunan yang sudah profesional agar hasilnya lebih memuaskan.

Untuk alat dan bahannya, yang pertama jelas wadah wastafel itu sendiri:

  • Pipa
    pipa untuk mengalirkan air bersih, pipa leher angsa yang didesain khusus sebagai saluran pembuangan air kotor
    tinggi pipa disesuaikan dengan tinggi wastafel
  • Keran sebagai pembuka penutup air pada wastafel
  • Lem perekat pipa
  • Baut sekrup fischer
  • Mesin bor
  • Dan lain-lain sesuai kelengkapan merk wastafel di dinding.

 Berikut langkah-langkah cara pasang wastafel cuci tangan di dinding:

  1. Mengukur Ketinggian Wastafel

    Sebelum mengerjakan pemasangan wastafel, terlebih dahulu kita melakukan pengukuran tinggi wastafel. Tinggi pipa ideal dari lantai adalah 80 cm. Atau kurang lebihnya mengikuti postur tinggi badan orang Indonesia.

  2. Membuat Saluran Pipa Pembuangan

    Langkah selanjutnya adalah membuat saluran pembuangan air wastafel. Tinggi saluran pembuangan ini 60 cm, jadi ada jarak 20 cm dari ketinggian wastafel. Kemudian saluran dibuat dengan cara melubangi dinding memakai bor. Langkah selanjutnya tinggal sambungkan pipa air bersih.

  3. Proses Pemasangan Wastafel

    Setelah saluran pembuangan selesai dibuat, selanjutnya buat lubang instalasi wastafel. Lubang ini berfungsi untuk mengaitkan baut penyangganya yang terletak di pinggir kanan dan kiri wastafel. Kemudian pasangkan wadah wastafel dengan cara mengaitkan pada baut yang tadi telah dibuat. Jangan lupa pasang krannya sekalian. Kran ini berfungsi mengalirkan atau menutup air pada wastafel.

Setelah melakukan pemasangan wadah wastafel, pastikan sudah terinstalasi dengan benar dan  kuat. Jika sudah, tinggal sambungkan pipa dari wastafel ke saluran pembuangan yang ada di bawahnya sesuai dengan ukuran yang tadi disarankan. Maka pemasangan wastafel telah selesai, tinggal membuat pemasangan air masuknya.

MANFAAT WASTAFEL CUCI TANGAN

Idealnya wastafel cuci tangan ini bisa Anda pasang di area sekitar dapur dan kamar mandi. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan manfat multifungsi selain mencuci tangan, bisa digunakan untuk mencuci sayuran sebelum di masak.

Anda juga bisa menambahkan aksesoris seperti kaca di atasnya. Kemudian tempat peralatan kebersihan seperti sabun cair, pasta gigi serta sabun muka. Agar membuat kegunaan wastafel semakin lebih efektif.

Wastafel menjadi alat pelengkap kebersihan yang mudah dipasang serta mudah digunakan. Tapi  ada 2 hal penting yang harus diperhatikan. Pertama bahwa metode pemasangan wastafel tiap merk  berikut kelengkapan peralatannya bisa berbeda satu sama lainnya. Jadi harus teliti, serta menyesuaikan dengan kelengkapannya. Kemudian yang kedua adalah,  penting untuk melakukan pengecekan apakah saluran pipa sudah aman alias lancar tidak terjadi kebocoran. Sehingga cara pasang wastafel cuci tangan ini bisa awet tahan lama.