cara pasang selang gas

Cara pasang selang gas dengan aman dan mudah

Posted on

Meskipun kompor gas mudah digunakan, namun Kita tetap harus selalu hati-hati dan memastikan pemasangan gasnya benar-benar aman. Karena jika tidak, bisa berpotensi menimbulkan bahaya seperti terjadinya ledakan pada tabung gas LPG. Maka penting untuk mengetahui cara pasang selang gas yang aman pada regulator serta tips perawatan terbaiknya!

Ketahui penyebab kompor gas tidak menyala disini. Kami bahas tuntas dari berbagai masalah. Wajib baca!

Cara Memasang gas elpiji

Gas elpiji adalah hal yang paling anda perlukan sebagai bahan bakar kompor gas. Untuk itu, penting mengetahui cara pemasangannya sebagai berikut:

Cara memasang gas elpiji adalah sebagai berikut:

  1. Buka terlebih dahulu tutup segel tabung gas

    Pada saat pembelian tabung gas baru (biasanya ukuran 3 kg), pastikan masih tertutupi segel yang terbuat dari plastik. Ini untuk lebih menjamin kualitas isinya. Jadi, langkah pertamanya, buka dulu tutup segel plastik tabung gas ini sebelum memulai proses pemasangan!

  2. Pasanglah karet pelindung pada tabung gas

    Sesuai dengan namanya, karet ini berfungsi untuk melindungi supaya tidak terjadi kebocoran pada gas, karena kemampuannya dalam merapatkan katup tabung, pada saat akan dipasangi regulator gas. Karet ini biasa disebut juga dengan rubber seal. Rubber seal mempunyai bentuk seperti cincin, berukuran kecil dan umumnya berwarna merah.

  3. Pasang regulator gasnya!

    Arahkan regulator tepat di atas lubang tabung gas! Posisikan dengan tegak lurus supaya mencegah terjadinya kebocoran pada gas. Posisi ini juga memastikan regulator gas dapat terpasang dengan kuat dan benar.

  4. Putar Kunci regulatornya

    Mengunci regulator akan memastikan alat tersebut sudah terpasang dengan kuat. Meski ada beberapa perbedaan, umumnya cara pengunciannya adalah dengan memutar ke arah kanan sebesar 180 derajat.

  5. Selesai

    Sebelum menyalakan kompornya, pastikan regulator sudah terpasang erat dan tidak keluar bunyi mendesis atau keluar aroma khas gas yang menyengat.  Jadi perhatikan pemasangannya seperti cara di atas untuk mencegah terjadinya kebakaran atau ledakan gas.

Cara Memasang Regulator agar tidak bocor

Regulator gas berfungsi untuk mengontrol aliran gas menuju kompor agar api dapat menyala. Supaya penggunaan regulator gas aman, Kita harus memasang komponen ini dengan benar agar keamanannya lebih terjamin.

Kenapa pasang gas tidak menyala

Pastikan juga regulator sudah  mendapat label SNI agar lebih terjamin aman tidak mudah bocor. Untuk cara pemasangannya sebagai berikut :

1.Masukkan Selang  gas ke Kompor

Pertama-tama, masukkan selang gas ke bagian belakang kompor. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan.

2.Pasangkanlah cincin penjepit

Cincin penjepit regulator sering disebut juga dengan clamp atau dibaca klem. Pasang cincin penjepit ini ke bagian ujung pipa gas yang sudah dihubungkan dengan selang.  Komponen penjepit ini berfungsi sebagai pengaman selang gas yang keberadaannya  sangat mutlak. Bagian ini umumnya terbuat dari logam dengan warna yang seragam dengan selang. Untuk mengencangkannya cukup menggunakan obeng.

3.Pasang ujung selang yang lain ke regulator

Setelah tadi ujung selang gas sudah dihubungkan ke bagian belakang kompor, maka ujung selang yang satunya pasang ke bagian regulator. Jika sudah, maka pemasangan telah selesai. Pastikan kembali klem sudah terpasang erat, dikencangkan dengan obeng. Serta bagian ujung selang belakang kompor telah terpasang dengan benar dan kencang,

Berapa lama selang kompor gas harus diganti?

Keamanan penggunaan selang regulator gas tidak hanya sekedar dari pemasangannya yang baik dan benar, namun perawatan serta masa penggunaannya perlu diperhatikan.

Karena semakin lama performa dari sebuah alat dapat mengalami penurunan. Untuk itulah perlu melakukan penggantian selang gas secara periodik.

Regulator gas terbaik

Anda harus memastikan betul penggunaan regulaor dengan baik agar tidak cepat rusak dan diganti!

  • Pasikan membeli regulator gas yang sudah mendapat label SNI sehingga keamanan produk sudah diakui.
  • Pasang regulator gas dengan pelan dan hati-hati. Pemasangan yang terlalu keras pada mulut tabung gas bisa menyebabkan kerusakan pada regulator gas serta bisa berpotensi menyebabkan kebocoran pada gas.
  • Jangan pasang tabung jika tidak terdapat cincin karet pada mulut tabung gas. Karena cincin karet ini berfungsi untuk mengikat tabung dengan regulator gas sekaligus untuk mencegah gas bocor di antara celah pertemuan regulator dengan tabung.
  • Perhatikan kualitas selang gas! Selang gas yang bagus setidaknya  terdapat 3 lapisan. Yang pertama, lapisan berbahan polyester fiber, kemudian lapisan kedua sebagai penahan tekanan tinggi dan yang  ketiga adalah lapisan tahan panas. Lebih bagus lagi dengan lapisan pelindung dari metal yang berfungsi mengamankan selang dari kebocoran sekaligus kuat anti gigitan tikus.
  • Selain itu, perhatikan juga komponen penting lain seperti klep, penghubung selang dan valve regulator yang berfungsi menghubungkan ke tabung gas.

Nah, itulah tadi beberapa faktor yang bisa membuat selang dan regulator gas lebih awet tahan lama. Hanya saja komponen ini memang perlu diganti setelah jangka pemakaian tertentu!

Berapa lama selang kompor gas harus diganti? Sebaiknya penggantian dilakukan setelah 1 hingga 3 tahun setelah pemakaian.

Namun jika kurang dari 1 tahun regulator gas sudah terlihat kendur atau tak terikat dengan sempurna, maka sebaiknya lakukan penggantian saat itu juga!

Kenapa pasang gas tidak menyala?

Sering kali Kita sudah merasa memasang gas , selang dan regulatornya dengan baik dan benar, tapi kenapa tetap tidak bisa menyala? Hal itu bisa terjadi karena adannya beberapa kemungkinan seperti berikut ini:

  • Aliran gas tersumbat. Bisa terjadi karena ada kerusakan pada selang dan regulator, maka Anda perlu mengganti regulatornya jika dibutuhkan.
  • Tidak berfungsinya pemantik dan knop. Lakukan pembersihan jika pemantik tidak berfungsi karena adanya penyumbatan! Jika tetap tidak berhasil, dapat mengganti pemantik dan knop dengan yang baru
  • Adannya kerak pada corong api
  • Cek tabung gas, karena ada kemungkinan gas sudah habis. Untuk itu disarankan membeli regulator gas yang ada jarum indikator penanda volume sisa gas.

Regulator gas terbaik

Miyako RMS-106. Sepertinya Anda sudah tidak asing dengan nama merk ini, tak heran karena reputasi dan popularitasnya yang baik.

Miyako menjadi rekomendasi regulator gas terbaik dengan serinya RMS-106. Setiap pembeliaan sudah termasuk dengan selang gas dengan panjang 1,8 meter.

Bahan selang dari thermoplastic yang membuatnya anti panas, anti retak dengan lapisan spiral stainless steel yang anti karat, kuat dari gigitan tikus. Yang menjadikan selang ini kokoh tidak mudah bocor.

D sisi lain, clamp kupu-kupu pada regulator ini gampang dikencangkan meski tanpa obeng. Regulator Miyako ini juga sudah dilengkapi indikator volume gas sehingga Anda dapat mengetahui berapa sisa penggunaan gas Anda.

Untuk fitur keamanannya sudah disematkan pengaman anti bocor yang terletak pada katup penutup gasnya, sehinggga semakin memberikan kepercayaan rasa aman pada merk tipe ini. Merk regulator Winn Gas dan Blue Gaz juga bisa jadi pilhan terbaik karena fitur keamanannya yang kuat.

Dengan petunjuk pemasangan regulator yang baik dan benar maka diharapkan Anda berani untuk memasangnya sendiri tanpa rasa takut, sambil harus tetap waspada selama penggunannya, ikuti petunjuknya seperti di atas.