CARA MEMBUAT TEMPAT KOMPOR TANAM

Cara Pasang Kompor Tanam dengan Mudah & Tips Pemakaiannya

Posted on

Selalu ada saja model atau lifestyle dalam dunia alat rumah tangga. Termasuk juga pada alat memasak yaitu kompor. Setelah ada kompor gas dan kompor listrik sekarang adapula kompor tanam. Lantas apa perbedaan kompor tanam dengan jenis kompor lainnya?

Kompor tanam adalah model kompor yang ditanamkan pada set kitchen atau meja dapur Anda. Sehingga Anda akan mendapatkan manfaat kompor yang hemat tempat dan minimalis, serta lebih terlihat elegan. 

CARA MENGGUNAKAN KOMPOR TANAM

CARA MENGGUNAKAN KOMPOR TANAM

Untuk cara penggunaan kompor tanam sebenarnya sama saja dengan kompor gas pada umumnya. Karena perbedaan kompor tanam lebih kepada gaya penempatannya yang ditanamkan ke meja dapur kompor tanam, sehingga memberi kesan yang minimalis.

Dari bentuk kompor tanam sendiri juga lebih tipis dan ramping, tujuannya tentu agar meja dapur Anda terlihat rapi dan tetap simple.

Bagian-bagian pada kompor tanam pun sama saja dengan kompor pada umumnya! Sseperti knob pemutar yang berfungsi menyalakan api. Hanya saja mungkin ada beberapa penambahan seperti timer atau penghitung waktu serta alarm yang membuat pengalaman memasak Anda lebih aman dan nyaman!

Anda juga bisa menghias dapur agar terkesan minimalis dengan gorden dapur bawah kompor, kesan mewah dan bersih akan kentara banget.

CARA MEMBUAT TEMPAT KOMPOR TANAM

1. Persiapkan meja dapurnya!

Karena model kompor tanam itu ditanam di dalam meja dapur, maka pastikan Kita sudah mempunyai atau membuat meja dapurnya! Tentukan space mana yang pas dan estetik untuk ditanami kompor. Lalu bersihkan terlebih dahulu!

2. Lakukan pengukuran!

Selanjutnya lakukan pengukuran sesuai dengan ukuran kompor tanam yang hendak dipasang!  Pengukuran harus benar-benar pas sesuai dengan merk tipe kompor tanam yang dibeli. Karena jika sedikit longgar, maka dapat menyebabkan kompor tanam mudah bergeser sehingga tidak nyaman digunakan!

CARA MEMBUAT TEMPAT KOMPOR TANAM

3. Lakukan pelubangan!

Untuk membuat tempat kompor tanam ini, Anda bisa kerjakan sendiri apabila mempunyai alat pemotong seperti gerinda. Namun alangkah lebih baiknya Anda meminta bantuan tukang profesional mulai dari pengerjaan tahap awal sampai pelubangan meja dapurnya, agar hasilnya lebih rapi dan pas sesuai dengan ukuran.

CARA PASANG KOMPOR TANAM

Setelah membuat tempat untuk kompor tanamnya, maka saatnya Anda melakukan pemasangannya!

Berikut ini adalah langkah cara pasang kompor tanam dibawah ini:

  1. Pasang Karet Penyangga

    Dalam satu set pembelian kompor tanam , Anda akan mendapatkan busa atau karet yang berfungsi untuk menyangga bagian bawah kompor tanam! (Kelengkapan antar merk mungkin saja berbeda). Pastikan pasang karet penyangga dengan rapi dan semua bagian bawah tersebut dapat terlapisi dengan sempurna.
    Pemasangan penting lainnya adalah pemasangan seal packing yang berada di bawah kompor! Fungsi seal packing untuk mencegah air merembes ke dalam kompor, atau memastikan meja jadi kedap air.

  2. Pasang Baterai pada Kompor Tanam

    Baterai pada kompor tanam berfungsi untuk memantik atau memberikan suplai listrik untuk menyalakan api.CARA MEMASANG KOMPOR TANAM

  3. Pasang selang gas kompor tanam

    Pastikan regulator dan selang tabung gas terpasang dengan benar dan kencang untuk memastikan tidak terjadi kebocoran gas.

  4. Pasang Kompor tanamnya

    Setelah semua bagian atas sudah beres, maka tinggal lakukan pemasangan saja pada kompor tanam! Cek juga pada tabung gasnya, sehingga semua dapat dipastikan berfungsi dengan baik.

  5. Selesai

Cara pasang pada kompor tanam listrik prosesnya hampir sama, hanya sedikit penyesuaian seperti membuat sambungan kabel kompor ke sumber listrik. Anda juga harus memasang klip pegas yang berfungsi sebagai penahan ,untuk mengunci kompor tanam supaya kuat dan erat pada tempatnya.

CARA MEMBERSIHKAN KOMPOR TANAM

Karena modelnya yang ditanam di dalam meja, maka sering timbul pertanyaan, jika kompor ini nantinya sudah sangat kotor bagaimana cara membersihkannya? Apakah harus dibongkar lagi? Atau masih bisa dibersihkan dengan cara praktis? Jawabannya tenyu sangat bisa!

Cara membersihkan kompor tanam adalah sebagai berikut dibawah ini:

1. Siapkan peralatan pembersihnya!

Alat-alat yang digunakan untuk membersihkan kompor tanam secara sederhana dan mudah dicari yaitu : sikat gigi bekas, jeruk nipis, sabun cuci piring serta lap kering atau tisu!

2. Angkat tungku kompor!

Bagian ini sangat mungkin berkerak jika terlalu lama tidak dibersihkan, maka harus sering dibersihkan!  Untuk bongkar pasang tungku kompornya sangatlah mudah! Tungku yang diangkat bisa Anda bersihkan secara terpisah dengan menggunakan sabun cuci seperti biasa. Setelah itu tiriskan, lap sampai kering lagi!

3. Lakukan pengelapan dengan tisu atau lap kering pada tungku kompor bagian bawah!

Anda disarankan memakai tisu atau lap kering untuk membersihkan permukaan kompor. Karena jika menggunakan air dikhawatirkan air akan merembes masuk ke dalam tungku kompor tersebut, sehingga berpotensi menimbulkan kerusakan/ tidak menyala.

Lanjut, ambil jeruk nipis tadi, potong menjadi dua bagian lalu usapkan secara merata ke bagian bawah tungku kompor tanam! Kemudian gunakan sikat gigi bekas untuk menyikat bagian tungku tadi! Supaya lebih bersih, Anda bisa menambahkan sedikit sabun cuci piring. Setelah itu bersihkan menggunakan lap kering atau tissu. Untuk bagian permukaan kompor , Anda dapat membersihkannya dengan kanebo kering.

4. Pasang kembali tungku yang dibersihkan secara terpisah!

Nah selesai! Maka kompor tanam Anda akan terlihat bersih mengkilap seperti baru lagi! Mudah bukan cara pembersihannya?

MERK KOMPOR TANAM

Bagi Anda yang berminat membeli kompor tanam, berikut ini sejumlah merk ternama yang bisa menjadi pilihan Anda!

Merk kompor tanam di pasaran adalah sebagai berikut dibawah ini:

1. Rinnai RB-772 RO(G)

Kompor tanam Rinnai bisa menjadi salah satu pilihan utama Anda, mengingat Rinnai merupakan merk kompor populer yang sudah banyak dipercaya! Salah satu serie nya adalah Rinnai RB-772 RO (G) dengan fitur 2 tungku!

Serie ini menawarkan manfaat big burner yang membuat nyala api besar sehingga masakan Anda cepat matang!  Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan, kompor ini sudah diakui berstandar SNI!

Cara Pasang Kompor Tanam

Selain itu, seri ini menawarkan beberapa keunggulan di antaranya kompor tidak gampang kotor atau berkarat karena adanya sealed double ring burner, serta material bahan kaca yang membuatnya mudah dibersihkan , kuat dan tahan panas! Desain kompor ini juga terlihat cantik dan elegan sehingga akan mempermanis tampilan dapur Anda!

2. Progas

Kompor tanam ini juga sudah berstandar SNI, material kaca yang kuat serta nyala api yang besar. Kompor tanam progas diklaim multifungsi karena sselain bisa dipakai sebaai kompor tanam, juga dapat difungsikan sebaai kompor duduk.

3. Suggo G 301

Merk kompor tanam selanjutnya adalah Suggo. Pada Suggo G 301 sudah dilengkapi dengan 3 tungku sehingga Anda bisa memasak 3 masakan langung sekali waktu! Kompor ini juga multifungsi, bisa sebagai kompor tanam atau kompor gas biasa. Body atas kuat karena terbuat dari bahan kaca yang kokoh serta mudah dibersihkan. Bisa menjadi salah satu pilihan elegan buat Anda!

Kompor tanam bisa menjadi gaya baru dalam rumah tangga Anda ,setelah mengetahui cara penggunaan, cara memasang hingga cara pembersihan yang semuanya relatif mudah, maka Anda tidak perlu ragu lagi untuk mencoba menggunakan jenis kompor tanam ini!