Cara Pasang Kitchen Set Instan Agar Dapur Rapi dan Bersih

trillos15x 0
Kitchen set

Memiliki dapur yang kecil, memang terkadang membuat isi dapur berantakan, piring, mangkok, microwave, oven dan lainnya. Akhirnya, bisa menghambat aktivitas masak menjadi tidak menyenangkan. Salah satu solusinya adalah dengan mempelajari cara pasang kitchen set yang baik & benar. 

Fungsi kitchen set yaitu, agar dapur tidak berantakan dengan barang-barang, dan juga membuat tampilan dapur menjadi lebih rapi. Tapi banyak orang, yang enggan membeli kitchen set untuk di dapurnya.

Karena biasanya, kitchen set berharga mahal. Tapi nih, sekarang sudah banyak sekali, kitchen instan dengan berbagai model, sesuai selera Anda.

Pemasangannya pun, bisa dilakukan sendiri, dan sangat mudah, loh. Tapi, sebelum cara pemasangannya, cari tau dulu yuk, apa saja sih, isi dari kitchen set, pada umumnya. 

Isi kitchen set apa saja? 

Tentu ada berbagai jenis kitchen set, kitchen set biasanya terdiri dari, kabinet atas dan kabinet bawah. Bahkan ada yang sudah satu set dengan tempat kulkas dan lainnya.

Jika custom, kitchen set akan disesuaikan dengan ukuran dapur, tentu berbeda-beda kebutuhan dapur dari masing-masing orang. Bisa microwave, mixer, blender, dan lain-lain.

Kitchen set umum terdiri dari : 

  • Kabinet Atas 
  • Kabinet Bawah
  • Table top 
  • Backsplash 

1. Kabinet Atas 

KABINET ATAS

Kabinet atas, biasanya terdiri dari, rak dan lemari. Terdapat rak untuk menyimpan piring, dan letak rak ini, tepat diatas tempat pencucian piring kabinet bawah.

Lemari bagian atas, biasanya difungsikan untuk menyimpan barang-barang, yang jarang digunakan, atau barang-barang yang agak berat.

Seperti stock groceries, mangkok, piring, gelas tamu, tumblr, atau juga peralatan listrik, yang mungkin jarang digunakan seperti blender, food processor dan lainnya.

Karena tempat penyimpanan tinggi dan sulit dijangkau untuk keseharian. Letakan alat-alat yang jarang digunakan di bagian lemari atas, terkecuali rak piring harian, ya.

Karena piring, gelas untuk makan sehari-hari, berbobot ringan, jadi tidak masalah jika ia memang disimpan di bagian atas.

Oh, iya di kabinet atas biasanya terdapat lemari kaca atau ambalan terbuka untuk menyimpan dekorasi, seperti tanaman atau mangkuk dengan desain yang cantik.

2.Kabinet Bawah 

unsplash.com/ Mikael Cho

Berbeda dengan kabinet atas, barang-barang di kabinet bawah digunakan untuk barang-barang yang sehari-hari Anda gunakan.

Seperti, panci, sendok, laci bumbu, peralatan bersih-bersih, tabung gas dan lainnya. Kabinet ini terdiri dari lemari dan laci-laci, sepintas memang sama saja penggunaannya.

Tapi kabinet bawah lebih diperuntukan untuk barang-barang yang sering Anda gunakan di keseharian.

3. Table top atau counter top

Meja konter (Table top) adalah tempat yang paling sering digunakan. Table top adalah meja yang melapisi kabinet bawah, meja ini berfungsi juga untuk melakukan persiapan bahan masakan, terdapat tempat kompor tanam, juga terdapat bak cuci piring, table top juga di fungsikan sebagai tempat meletakkan bumbu, toples, talenan, minyak. 

Bahkan jika table top ini cukup luas, bisa juga untuk menaruh oven, microwave, Rice Cooker,dan sebagainya. Pemilihan bahan dari table top juga menjadi salah satu pertimbangan.

Walaupun, kitchen set instan tidak bisa memilih table top. Tidak masalah untuk Anda mengetahui, 3 bahan yang paling direkomendasikan.

Bahan table top : 

  • Marmer
Baca juga   Loyang Ukuran 18 untuk Kue Ulang Tahun. Butuh Telur Berapa?

Marmer memiliki karakteristik kuat, dan anti gores. Tapi karena marmer memiliki pori-pori yang besar, Marmer mudah menyerap air dan juga noda. Dan harus rutin dibersihkan agar permukaannya tidak cepat terlihat kusam.

  • Granit 

Karakteristiknya sama dengan marmer, kuat dan juga anti gores. Tapi granit memiliki pori-pori yang lebih kecil, jadi tidak noda dan air tidak mudah masuk ke dalamnya.

  • Solid Surface 

Dari kedua bahan di atas, bahan top table yang paling banyak digunakan saat ini, adalah Solid Surface, solid surface terbuat dari akrilik resin dan campuran polyester.

Solid Surface memiliki banyak pilihan warna daripada marmer dan granit. Tampilannya lebih terkesan minimalis dan simpel.

4. Backsplash 

kitchen set
shelterness.com

Backsplash adalah dinding pemisah antara kabinet atas dan bawah, walaupun backsplash tidak terlihat bagian yang penting, tapi ternyata backsplash, menjadi salah satu hal yang penting dari keseluruhan kitchen set, loh!

Selain sebagai dekorasi, Backsplash juga berguna untuk melindungi dinding dari cipratan minyak dan air. 

Kitchen Set Instan 

Kitchen set instan yang bisa kamu dapatkan juga memiliki berbagai model yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan desain dapur masing-masing, ya. 

1. Tampilan simple

Kitchen set

Kitchen set ini memiliki tampilan yang modern dan juga minimalis. Warna putih yang mendominasi, membuat dapur Anda tidak terlihat sempit.

Kekurangannya mungkin, Anda harus mengatur dengan rapi yang ada di dalam lemari kaca, karena akan jelek jika isinya berantakan.

Tapi tentunya dengan model seperti ini, cukup membantu untuk menyimpan peralatan dapur. Harga kitchen set ini berkisar Rp. 1.600.000-

2. Tampilan warmtone

Kitchen set

Kombinasi warna putih dan kayu, akan membuat tampilan dapur anda lebih bernuansa hangat. Kitchen set ini sangat cocok jika Anda memadukan ruangan dapur Anda dengan sentuhan dekorasi tanaman.

Baca juga   5 Rekomendasi Contoh Panci Stainless Steel Aluminium & Cara Menambalnya

Kitchen set ini sangat cukup untuk dapur Anda yang tidak terlalu besar, menyimpan alat-alat seperti blender, mixer, atau mangkok, piring gelas.

Bagian bawahnya terdapat ambalan yang bisa menyimpan bumbu seperti garam, merica dan lainnya, kamu juga bisa beri tamabahan dekorasi tanaman seperti daun sirih gading, yang menjuntai kebawah.

Pasti tampilan dapurmu menjadi lebih terasa nyaman. Kitchen set ini dibandrol dengan harga 999.000

3. Tampilan modern

Kitchen set ikea

Kitchen lengkap dari ikea bisa menjadi pilihan Anda yang ingin memiliki dapur modern, tanpa perlu binggung lagi membeli atau memesan terlebih dahulu.

Kitchen set ini sudah dilengkapi dengan sink, tempat pencuci piring. Bagian bawah terdapat banyak lemari. Sangat pas untuk Anda yang mempunyai barang banyak.

Kitchen ini juga dijual terpisah ya, Kitchen set ini dibandrol Rp 5.745.000.

Cara Memasang Kitchen Set 

Kitchen yang langsung jadi sudah banyak dijual. Tentunya memiliki harga yang terjangkau. Memasang kitchen sendiri tentu yang harus dilakukan adalah mengatur dapur dengan baik, agar letak kitchen set, pas dan sesuai.

Alat yang dibutuhkan 

  1. Kitchen set siap pasang
  2. Bor listrik 
  3. Paku beton
  4. Palu
  5. Penggaris dan pensil

Cara pasang : 

  1. Buat garis ukur menggunakan pensil dan penggaris. Tembok yang ingin dipasang kitchen set atas.
  2. Paku kayu, yang sudah disediakan oleh seller saat membeli kitchen set. Ingat harus sejajar rata ya, jika tidak kitchen set bagian atas akan miring, dan membuat tampilannya tidak bagus. 
  3. Jika Kitchen set besar, gunakan bor listrik. 
  4. Bor tembok terlebih dahulu, lalu pasang fischer
  5. Jika menggunakan paku, gunakan 5 – 7 buah paku beton ukuran 7cm.
  6. Paku kembali di bawah kayu, dengan pake yang lebih kecil agar yakin menempel kuat. 
  7. Pasang kitchen set dengan pas. Lakukan dengan dua orang atau lebih 

Memasang kitchen set instan yang banyak dijual ecommerce atau ditempat perabotan rumah tangga tentunya sangat praktis dan harga yang murah. 

Masih banyak lagi pilihan kitchen set instan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. 

Tags: