cara menyalakan kompor portable miyako

Cara Menyalakan Kompor Portable yang Benar Beserta Langkah-Langkahnya



Kompor portable merupakan kompor minimalis yang bisa digunakan disaat-saat tertentu. Biasanya dalam kondisi pendakian gunung atau berkemah, kompor gas ini sangat berguna dan praktis. Selain ukurannya yang ekonomis, cara pemakaiannya pun cukup mudah. Namun, terlebih dahulu pembaca perlu mengetahui cara menyalakan kompor portable yang benar. 

Cara Menyalakan Kompor Gas Portable

  1. Siapkan Kompor dan Tabung Gas

    Pertama-tama, pembaca perlu mempersiapkan kompor portable serta tabung gas sebagai bahan bakarnya. Jika pembaca sedang dalam perjalanan, bawalah kompor dan tabung gas dalam wadahnya.  Ini berguna agar kompor dan gas aman sebab tidak terpasang dan jauh dari jangkauan anak-anak.
    Keluarkan kompor dan tabung gas dari wadahnya saat pembaca tidak sedang dalam perjalanan. Usahakan untuk tidak memasang kompor dan tabung gas saat perjalanan. Tujuannya untuk menghindari gesekan dan benturan, sehingga kompor tetap dalam kondisi mati. Lanjutkan dengan mulai memasang tabung gas pada kompor portable.

  2. Pasang Tabung Gas

    Sebelum memasang tabung gas, pembaca perlu memastikan kompor dalam kondisi mati. Cek kembali apakah kondisi pemantik kompor sudah dalam posisi mati.
    Jika sudah, lanjutkan dengan membuka penutup tabung gas yang terdapat di bagian atas. Buka tutup gas dan simpan penutupnya untuk kembali ditutupkan jika tabung gas sudah tidak digunakan.cara menyalakan kompor portable
    Biasanya, kompor portable memiliki bagian sendiri untuk meletakkan tabung gas. Bagian ini memiliki ruang berongga beserta tutup di bagian atasnya untuk memastikan tabung gas tidak bergeser atau terlepas.
    Usahakan untuk melakukan pemasangan ini di ruang dengan udara terbuka. Ini karena menyalakannya tidak semudah seperti cara menyalakan kompor listrik modena, sedikit agak tricky.

  3. Posisikan Tabung Gas dan Pengaman Terpasang Aman

    Setelah bagian tabung gas ditemukan, buka bagian tabung gas tersebut. Ikuti arah posisi yang dituliskan di kompor portable.
    Biasanya, di permukaan kompor akan diberikan tanda posisi yang tepat untuk memasang tabung gas dalam kompor. Masukkan tabung gas yang penutupnya sudah dibuka ke kompor portable.
    cara menyalakan kompor gas portable
    Pembaca bisa menutup bagian tabung gas kembali jika tabung gas sudah terpasang dengan posisi yang tepat.
    Jika posisi pemasangan tabung gas belum tepat, angkat tabung gas dan coba pasang kembali dengan posisi yang berbeda. Ulangi hingga penutup bagian tabung gas di kompor bisa ditutup.

  4. Nyalakan Kompor

    Selesai dengan pemasangan tabung gas, pembaca bisa mencoba untuk menghidupkan kompor portable. Untuk menyalakan kompor portable dari kondisi mati, pembaca perlu membuka kunci tuas pemantik terlebih dahulu. Kunci ini berfungsi untuk mencegah pemantik hidup dan sewaktu-waktu tersenggol bisa menyalakan api.
    Setelah membuka kunci tuas, coba nyalakan kompor portable. Putar tuas pemantik hingga terdengar bunyi khas tuas kompor yang diputar. Pastikan untuk memutar tuas perlahan-lahan dan coba nyalakan dengan api kecil saja.

  5. Cek Nyala Api

    Ini bisa menandakan adanya kebocoran gas baik pada pemasangan di kompor maupun pada tabung gasnya. Jika api kobaran api menyambar, ada tips di artikel kami, coba baca cara memperbaiki kompor gas api besar, simple banget kalo tahu.
    Kompor portable yang sudah terpasang dengan benar akan mengeluarkan api tanpa bau gas yang menyengat. Dengan begitu, kompor portable sudah bisa dihidupkan untuk memasak.

cara menghidupkan kompor gas

Itulah cara menyalakan kompor portable yang benar. Penggunaan kompor portable hanya disarankan untuk di luar ruangan atau outdoor. Selain itu, usahakan untuk menggunakan api kecil untuk memasak dengan kompor portable. Tabung gas tidak berisi gas sebanyak tabung gas elpiji kiloan umumnya. Bawalah beberapa tabung gas sebagai cadangan.