Cara Mengisi Freon Kulkas! Bisa dikerjakan di Rumah

Kulkas yang tidak dingin dapat disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari pengaturan thermostat yang tidak sesuai, makin tebalnya bunga es, kerusakan pada komporesor, hingga freon pada kulkas sudah habis! Lantas bagaimana cara mengisi ulang freon jika ini menjadi dugaan penyebab kulkas tidak dingin?

Fungsi Freon Pada Kulkas

Freon sebenarnya adalah sebuah merk refrigerant. Nah, komponen refrigerant pada kulkas ini berfungsi untuk menarik atau menyerap panas yang berasal dari dalam kulkas. Singkatnya fungsi refrigerant adalah sebagai pendingin pada kulkas. Jika senyawa ini sudah habis karena kebocoran, maka kemampuan kulkas akan menurun, sehingga makanan dan minuman yang anda simpan tidak sejuk/segar lagi.

  Cara Mengisi Freon Kulkas

Bingung apa kegunaan combi oven? Disini Anda akan dikupas seluk-beluk dari arti, fungsi, hingga tips pemakaiannya. Lengkap! 

Cara Mengetahui Freon Kulkas Habis

Ciri-ciri freon habis dapat diketahui dengan beberapa kondisi sebagai berikut:

  • Isi kulkas terasa hangat
  • Freezer tidak terasa dingin/beku
  • Bau tidak sedap muncul di dalam kulkas akibat perubahan suhu
  • Kompresor mati
  • Tagihan listrik tiba-tiba membengkak

Jika kulkas Anda mengalami keadaan seperti itu, maka ada kemungkian freon sudah habis dan Anda perlu melakukan pengisian kembali!

Cara mengisi freon kulkas

Sebelum mempraktikkan cara pengisian freon kulkas secara mandiri, Anda terlebih dahulu perlu menyiapkan alat-alat dan bahannya:

  • Freon
  • Tang
  • Las tabung
  • Filter
  • Pentil
  • Methyl
  • Manifold gauge
  • Mesin vakum

Langkah pengisian freon:

1. Las pentil pada pipa yang ada pada komporesor kulkas!

Mengelas pentil adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum mengisi freon kulkas! Untuk mencegah kerusakan , sebaiknya lepas karet yang ada di dalamnya!

2. Siapkan Methyl!

Methyl berfungsi sebagai pembersih pipa kulkas AC, menghilangkan efek lembab pada sistem refrigerasi.

3. Hidupkan komporesor!

cara mengisi freon kulkas tanpa vakum

Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada aliran freon/ refrigrant yang tersumbat.

4. Lakukan pengelasan!

Laslah filter ke pipa kondensor dilanjutkan las kedua pipa kapiler ke komponen filter

5. Pasang selang manifold gauge!

Pada pentil pengisian freon, pasang selang manifold gauge yang berwarna biru. Untuk tabung freon, pasang selang yang warna kuning!

6. Cek komporesor!

Pada saat mengisi freon, pastikan komporesor dalam keadaan menyala.

Mau tahu bagaimana cara setting kulkas samsung digital inverter, dikupas sangat gamblang langsung dari ahlinya!

7. Cek tekanan udara!

Pastikan tekanan udara di bawah 0- 30 psi, lalu buka bagian keran tabung freon kira-kira 3-5 detik!

8. Tutup keran tabung!

Kemudian biarkan freon keluar dari pipa kapiler. Kemudian dijepit dan dilas!

9. Buka kembali keran selang manifold pada tabung freon!

Lakukan dengan perlahan!  Pastikan jarum manifold tidak melewati angka 10

10. Pengisian freon selesai!

Saat jarum manifold mendekati angka 10, suhu hangat pipa kondensor mulai menyebar. Hal ni berarti pengisian freon hampirr selesai!

Nah, itulah kira-kira cara pengisian freon kulkas yang bisa dikerjakan di rumah! Namun apabila Anda kesulitan mencar alat-alatnya atau mungkin ragu dalam pengisiannya, maka Anda bisa memakai jasa pengisian freon yang dilakukan oleh tukang servis elektronik atau jasa yang profesional.

Berapa lama gas freon kulkas habis?

cara mengisi freon kulkas yang benar

Freon merupakan senyawa gas atau cairan yang tidak berbau, berwana dan tidak mudah terbakar. Pada umumnya, freon mempunyai masa pakai dan harus diganti jika isinya sudah habis. Biasannya, ini disebabkan karena kebocoran atau freon memang sudah rusak. Jika tidak segera diganti, maka kulkas Anda tentu tidak akan berasa dingin lagi. Jadi, berapa lama gas freon kulkas akan habis? Sebenarnya ini tergantung dengan pemakaiannya! Atau dari cara perawatannya! Namun pada umumnya freon akan habis setelah 5 tahun atau lebih.

Harga Freon dan rekomendasi seri terbaiknya

Jika memang sudah saatnya mengganti freon, maka pastikan memilih tipe freon yang tepat karena terdapat banyak tipe yang beredar di pasaran. Mungkin Anda bingung menentukannya karena masih terlalu awam soal ini, namun satu rekomendasi terbaik adalah Freon tipe R32. Berikut ini sejumlah keunggulan freon R32 dikutip dari id.sharp:

  • Lebih dingin : Dibandingkan tipe freon lainnya, R32 mempunyai indeks tertinggi untuk cooling index dengan skor 160.
  • Ramah lingkungan : Memang benar hampir semua tipe freon ramah lingkungan, namun kembali lagi freon R32 menjadi unggulan.  Semakin ramah lingkungan, maka Kita ikut berperan dalam menghambat efek pemanasan global.
  • Tidak mudah terbakar : Bahkan untuk aspek keamanan, lagi-lagi freon R32 lebih unggul. Membuatnya semakin aman dengan tidak mudah terbakar!

Untuk perkiraan harga freon refrigerant tabung 10 kg antara 600-700 ribuan Rupiah. Sudah sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Freon pada kulkas tidak hanya bisa habis dalam jangka tertentu , namun freon dapat habis karena kebocoran! Maka dari itu penting untuk segera melakukan pengisian ulang, karena vitalnya isi komponen ini untuk membuat makanan di dalam kulkas Anda tetap terasa dingin beku menyegarkan. Untuk pengisian ulang freon dapat dikerjakan oleh tukang servis profesional ataupun secara mandiri seperti penjelasan di atas!