cara menggunakan panci presto

Begini Cara Menggunakan Panci Presto

Panci presto adalah alat yang biasa digunakan untuk melunakkan bahan makanan bertekstur keras menjadi lebih lembut dan empuk. Panic jenis ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan jenis panic lainnya. Ketahui cara menggunakan panci presto dengan simple & mudah.

Panci presto sangat cocok digunakan sebagai bahan makanan yang keras. Bahan makanan tersebut akan diproses sedemikian rupa hingga menjadi sangat lunak.



Jenis panci ini umumnya terbuat dari panci stainless steel, efeknya terlihat bersih mengkilap, stainless steel juga terkenal bahannya yang kuat & awet.

Selain itu, panci presto juga cocok dipakai dan lebih cepat untuk melunakan ikan yang memiliki banyak duri seperti ikan bandeng.

Dengan panci presto, makan-makanan berduri seperti bandeng menjadi nyaman & tidak akan khawatir durinya tertelan.

Mungkin anda merupakan orang yang sebelumnya belum pernah menggunakan panci presto. Pertama, masakan presto jelas lebih sehat, karena daging sudah pasti matang.

Proses presto cukup sederhana, yaitu menahan sirkulasi panas didalam kuali, maka uap perlu agar tetap didalam dengan menutup rapat pancinya. Tekanan uap air ini ikut membuat lunak makanan saat memasak.

Seperti menggunakan panci biasa pada umumnya. Namun, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan supaya panci presto anda awet.

Salah satu rekomendasi panci presto dari kami adalah panci carote pan, produk exclusive banget ini. Baca review di link tersebut. Kami ulas lengkap, dari mulai harga, kelebihan & kekurangannya

Selain membuat panci anda awet dan tahan lama, masakan pun akan sesuai dengan selera. Untuk itu, perhatikan cara berikut.

  1. Jangan Lupa Baca Buku Panduan

Untuk mengetahui cara menggunakan panci presto untuk ayam, terlebih dahulu perlu membaca buku panduan dengan seksama.

Namun, faktanya banyak orang yang baru menggunakan panci presto enggan membaca buku panduan. Padahal itu sangatlah penting.

Sebenarnya ini bisa dibilang sedikit wajar. Biasanya orang enggan membaca buku panduan karena membosankan dan tertarik langsung untuk menggunakan barangnya.

Perlu anda ketahui bahwa membaca buku panduan sangatlah penting. Dari mulai persiapan, membuka tutup panci presto, sampai ketika sedang proses memasak.

Hal ini berguna agar anda mengetahui spesifikasi & cara menggunakan panci presto yang sesuai sehingga panci anda awet digunakan.

Tambahannya tentu Anda bisa membaca buku petunjuk juga bisa berguna agar anda dapat merawatnya dengan baik.

  1. Ketahui spesifikasi Panci

cara menggunakan panci presto

Hal berikutnya yang oerlu anda lakukan adalah mengetahui spesifikasi panci. Ini sangat penting dilakukan. Tidak jarang, seseorang memasak  lebih atau over kapasitas karena tidak mengetahui kapasitas pada panci.

Anda harus tahu bagaimana cara memasak menggunakan panci presto untuk daging misalnya.

Karena itu akan berbeda antara menggunakannya untuk memasak daging ayam atau ikan. Karena prosesnya serta caranya juga berbeda. Selain itu, waktu memasak presto tidak sebentar, lebih dari biasanya.

Jika salah dalam mengetahuinya, anda akan memasaknya dengan salah. Dan itu berpotensi merusak bagian dalam panci.

Simak bagaimana cara membersihkan panci gosong dengan sitrun, tips ringan tapi sangat bermanfaat.

  1. Atur panas dengan benar.

Selain dari itu, anda juga harus mengetahui bagaimana mengatur panas kompor. Panas kompor harus disesuaikan dengan beberapa jenis bahan masakan yang diolah atau dimasak.

Gunakan panas api yang sesuai. Jangan sampai salah. Jika keliru, selain masakan gagal matang, panci juga akan rusak.

Gunakan panas full ketika anda memasak daging sapi atau kambing, sebelum memasukkan ke dalam panci. Tekstur kedua jenis daging tersebut cenderung lebih keras dan sulit lunak.

Ukur juga takaran air yang digunakan. Karena proses presto lebih lama untuk masak daging kambing dan sapi, agar lebih cepat, pastikan airnya lebih banyak.

Sedangkan untuk memasak daging ikan dan ayam, gunakan api sedang hingga kecil. Kedua jenis daging tersebut lebih mudah lunak.

Kecilkan api jika Anda mau memasak dengan panci presto dalam waktu lama atau mau meninggalkan sebentar untuk keperluan lain.

  1. Bersihkan setelah digunakan

Hal terakhir yang juga wajib anda perhatikan adalah membersihkannya. Banyak pengguna panci presto yang tidak langsung membersihkan permukaan panci setelah digunakan.

Panci biasanya didiamkan beberapa saat setelah makanan masak. Sebenarnya, ini berbahaya untuk badan panci.

Sisa makanan yang menempel jika didiamkan akan merusak secara perlahan. Sisa makanan tersebut akan berubah menjadi bahan kimia yang sangat berpotensi membuat permukaan panci menjadi karatan.

Oleh karena itu, langsung mencuci panci setelah digunakan sangatlah penting.

Demikian lah tips dan cara menggunakan panci presto dengan baik. Ini perlu anda ketahui agar panci anda awet dan tidak mudah rusak.

Ilmu ini juga perlu diketahui agar anda dapat memasak sesuai jenis bahannya. Masak presto atau tidak sebenarnya tergantung kreativitas Anda dalam mengatur menu, jenis bahan bakar, semua saling berkaitan.

Panci tidak satu-satunya faktor masakan enak, juga tidak menjamin empuk. Memasaklah lebih sering, mencoba terus-menerus adalah kunci keberhasilan. Pressure cooker juga sama saja, yang bisa Anda lakukan adalah terus belajar memasak.

Leave a Reply