Cara Menggunakan Oven Tangkring Baru

Cara Menggunakan Oven Tangkring Baru



Membuat kue kering sendiri ataupun bisa membuat berbagai jenis masakan yang dipanggang memang salah satu impian para pecinta masak. Apalagi dalam situasi krisis minyak goreng akhir-akhir ini. Namun sebelum adanya krisis, banyak dari rumah tangga di Indonesia tidak memiliki oven. Karena jarangnya, cara menggunakan oven kompor ini menjadi banyak yang ingin diketahui.

Tapi banyak orang kini menyadari bahwa memasak dengan cara memanggang selain lebih sehat daripada digoreng, lebih rendah lemak. Hasilnya lezat, oleh karena itu memanggang menjadi salah satu alternatif paling diminati selain mengukus atau merebus.

Ketika ingin memilih oven yang akan dibeli sebagai alternatif cara masak di masa krisis minyak goreng sawit seperti sekarang ini, kita seringkali dihadapkan oleh beberapa pilihan. Salah satu pemikiran utama tentang pilihan ini adalah jenis oven apa yang aka kita pilih, oven tangkring atau oven kompor, oven gas dengan pemanas atau standing range oven, atau oven listrik?

Kelebihan Oven Kompor / Oven Tangkring

Kalau melihat pada kecenderungan jenis oven yang dipakai banyak pengusaha makanan rumahan, pilihan mereka sering jatuh kepada oven kompor alias oven tangkring. Kenapa lebih banyak pengusaha rumahan lebih memilih oven tangkring atau oven kompor dibanding jenis kompor listrik?

Kelebihan oven tangkring atau oven kompor adalah sebagai berikut:

  1. Harga jauh lebih murah dan terjangkau.

Harga oven tangkring yang rata-rata hanya ratusan ribu dibanding oven listrik dengan kapasitas serupa yang berharga 3-5 kali lipatnya, atau oven gas yang berharga puluhan kali lipat memang salah satu alasan utama.

  1. Hitungan pemakaian gas kompor lebih murah dibanding hitungan listrik dalam jangka panjang.

Apabila dilihat dalam jangka panjang, kebanyakan mengaku bahwa pemakaian gas akan jauh lebih ekonomis dibanding kompor listrik

  1. Tidak harus memikirkan kapasitas listrik (watt) dari instalasi listrik rumah dan pemakaian oven listrik.

Ketika membeli oven listrik, kita harus melihat apakah kapasitas listrik mencukupi. Semakin besar ukuran oven, semakin besar pula wattage yang dibutuhkan. 

Cara Menggunakan Oven Tangkring Baru untuk Memasak Kue Kering, Bolu dan Roti

Namun dibalik semua keuntungan ini, memakai oven tangkring juga ada cara dan triknya supaya hasil panggangan sempurna.

Cara menggunakan oven tangkring atau oven kompor yaitu sbb:

  1. Beli termometer oven supaya terlihat suhu atau temperatur oven sebenarnya. Karena oven tangkring biasanya tidak memiliki ini, sangat sulit memanggang sesuatu yang berdasar resep baku karena suhu oven tidak diketahui. Oven-oven tangkring di atas kompor seperti merk Bima dan Hock di model-model ekonomis memang tidak dilengkapi dengan termometer atau penunjuk temperatur oven. Oleh karena itu, tambahan kecil seperti ini akan sangat berguna apabila kita meninginkan hasil panggangan yang sempurna

  2. Panaskan oven sebelum dipakai (kira-kira 10-15 menit) agar hasil panggangan lebih baik. Jika kita melakukan ini, bahan makanan yang akan dipanggang akan matang dengan lebih sempurna dan mengurangi resiko gosong

  3. Usahakan mulai memanggang di rak bawah untuk kue kering, terutama jika oven memiliki 2-3 rak. Kemudian pindahkan ke tengah dan atas sesuai kebutuhan agar tidak mudah gosong. Oven tangkring yang berbahan aluminium mempunyai tendensi untuk cepat panas dan membuat bagian bawah bersuhu jauh lebih tinggi daripada bagian tengah dan atas oven.

    Cara Menggunakan Oven Tangkring Baru

  4. Gunakan hanya rak tengah dan atas, untuk beberapa jenis kue, oven tangkring cukup tricky karena api hanya bersumber dari bawah, bukan atas dan bawah seperti oven gas atau oven listrik.
    Misalnya untuk memasak kue bolu atau roti yang membutuhkan panas merata. Jangan ikuti aturan pemanggangan resep menggunakan oven biasa, melainkan sesuai dengan kebutuhan adonan dan oven kita. Ada juga yang menaruh loyang almunium kosong di dasar oven dan diisi air ataupun pasir supaya tidak terlalu panas.

  5. Susun dudukan yg tepat bagi oven dengan menggunakan besi atau batu bata, ini karena terkadang dudukan oven tangkring tidak terlalu stabil sehingga posisi oven miring. Atau posisi oven dengan api kompor terlalu dekat sehingga makanan yang dipanggang cenderung cepat gosong karena oven terlalu panas.

  6. Aatur besaran api kompor. Karena oven tangkring sangat bergantung pada nyala api kompor, maka pengaturan api yang tepat akan menentukan hasil panggangan. Api besar biasanya digunakan ketika memanaskan oven sampai sekitar suhu yang diinginkan, kemudian kecilkan hingga api sedang menuju kecil supaya temperatur dalam oven stabil dan tidak terlalu panas.

  7. Gunakan kaca oven sebagaimana mestinya. Karena panas yang tidak merata dan waktu yang tidak dapat dipastikan, pemanggangan dengan oven tangkring mesti pandai-pandai melihat kondisi adonan.
    Namun, bolak-balik membuka pintu oven juga tidak disarankan karena mengganggu sirkulasi udara panas konstan dalam oven, sekaligus membuat panggangan jadi sulit matang karena temperatur yang naik turun.
    Oleh karena itu kebersihan kaca oven adalah salah satu hal penting supaya kita bisa melihat isi oven dan kondisi adonan, juga warna kue apakah sudah matang kekuningan tanpa harus bolak-balik membuka pintu oven.

  8. Amati apakah burner kompor kita atau posisi oven akan menyebabkan kue matang di satu sisi lebih cepat daripada sisi lainnya. Apabila hal ini terjadi, kita harus mengingat kecenderungannya dan jangan lupa untuk memutar loyang di tengah-tengah proses pemanggangan supaya matang merata.

Cara Merawat Oven Tangkring

Hal lain yang seringkali menjadi pertanyaan mengenai oven tangkring adalah apakah fungsi lubang di atas oven kompor? Ternyata fungsinya adalah mengeluarkan panas berlebih namun juga bisa menambah panas. Beberapa orang menutup lubang ini jika memanaskan oven sehingga panas yang diinginkan dapat dicapai lebih cepat.

Kemudian membukanya jika ingin menurunkan temperatur oven atau mulai memanggang dengan temperatur yang stabil. Ada juga yang memanfaatkan panas dari lubang atas oven ini untuk memanggang kue seperti bika ambon atau brownies.

Namun sisi buruk dari menutup lubang oven ini adalah kemungkinan sirkulasi udara terhambat. Sehingga panas dalam oven menjadi lebih tidak terkontrol.

Selain itu, cara perawatan oven tangkring adalah sebagai berikut:

  1. Dinginkan oven beberapa saat setelah digunakan. Sambil membuka pintunya agar temperaturnya turun dan kedua sisi oven baik dalam maupun luar mendingin bersamaan.
  1. Bersihkan adonan dan sisa-sisa lainnya yang menempel pada oven. Karena apabila oven kotor akan dapat mengganggu sirkulasi udara panas, dan bau gosong dari adonan lama akan mengganggu aroma adonan baru yang sedang dipanggang
  1. Keluarkanlah rak oven dan bersihkan sesasst setelah mendingin. Memperlambat dan menunda membersihkan oven, akan berakibat sisa adonan mengerak dan makin sulit dibersihkan setelah mengering
  1. Bersihkan rak oven seperti mencuci piring. Atau untuk kotoran yang sulit kuas dengan cairan sedikit air hangat, dicampur bubuk citric acid (asam sitrun), diamkan selama 15-30 menit sebelum cuci dengan air dan sabun pencuci piring seperti biasa.
  1. Bersihkan bagian dalam oven menggunakan sedikit sabun cuci piring dan lap basah
  1. Keringkan oven dan raknya sampai kering atau jemur