cara menggunakan oven kompor

8 Cara Menggunakan Oven Kompor Dengan Benar, Lebih Awet!



Saat ini jenis oven makin beragam, namun oven kompor atau oven tangkring masih banyak digunakan. Ada cara menggunakan oven kompor yang benar agar oven tetap awet. Jika Anda baru pertama kali menggunakan oven ini, baca panduan berikut agar proses pemakaian oven bisa dilakukan sesuai fungsinya.

Cara Menggunakan Oven Jenis Kompor

Penggunaan oven kompor memang kurang praktis dibandingkan oven listrik, namun jenis ini masih banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

Namun ingat, pemakaian oven kompor jauh lebih lama dibandingkan dengan oven listrik.

Misalnya, Anda membutuhkan waktu panggang dua puluh menit menggunakan mesin oven listrik. Jika menggunakan oven kompor, Anda bisa membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 40 menit.

Oleh karena itu, penggunaan oven kompor harus diperhatikan dengan benar agar kue bisa matang dengan merata.

Berikut adalah panduan singkat terkait dengan teknis dan cara menggunakan oven tangkring yang benar.

Simak juga bedanya microwave dan oven disini, artikel penting yang banyak orang tidak tahu.

cara menggunakan oven kompor

  1. Tuangkan adonan dalam loyang, Anda bisa menggunakan berbagai macam adonan kue, dari bolu hingga brownies.
  2. Selanjutnya panaskan oven dalam kurun waktu beberapa menit.
  3. Anda tidak bisa mengatur oven ini untuk sampai di suhu tertentu, Anda harus menggunakan termometer khusus untuk mengukru suhunya. Gantung di dekat oven tangkring yang Anda gunakan.
  4. Masukkan kue di tingkatan oven kompor Anda, tutup dan tunggu sampai matang.
  5. Cek sesekali untuk memastikan bahwa kue tidak gosong.
  6. Jika kue sudah matang, pindahkan ke tingkat paling atas atau angkat dan dinginkan.
  7. Apabila kue sudah terlihat matang, matikan kompor, kemudian angkat adonan kue yang Anda panggang.
  8. Biarkan pintu terbuka beberapa menit agar ada sirkulasi udara di dalam oven tersebut.

Anda juga bisa menggunakan beberapa tips dibawah ini agar penggunaan oven kompor dapat dilakukan lebih maksimal, diantaranya:

Simak juga artikel kami tentang cara memakai oven kompor, alat dapur praktis & simple.

  1. Gunakan Stopwatch

Anda bisa menggunakan stopwatch untuk melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai kue benar-benar matang. Ini karena oven jenis kompor tidak memiliki pengatur waktu yang bisa dipakai pengguna.

  1. Agar Oven Tidak Overheat

Oven kompor memiliki kemungkinan untuk mengalami overheat, atau kondisi oven yang terlalu panas. Ini tentu akan membuat kue jadi gosong dan hanya matang di satu sisi. Cara memakai oven tangkring yang benar adalah meletakkan wadah berisi air atau pasir di dekatnya untuk mendinginkan oven.

  1. Pilihan Tingkat Pemangang

Pilih pemanggang dengan benar jika ingin menggunakan oven kompor. Jika oven kompor memiliki dua tingkat, lebih baik meletakkan adonan kue di tingkat pertama, jangan di tingkat pertama. Hal yang sama untuk oven kompor tingkat tiga, pilih tingkat dua untuk membuat kue matang merata.

Simak artikel kami tentang apakah microwave oven bisa untuk memanggang kue, baca yuk!

  1. Buka Lubang Panas

Beberapa jenis oven kompor memiliki lubang buka tutup. Lubang oven tangkring ini bisa Anda buka dan tutup sesuai dengan kebutuhan. Untuk beberapa jenis kue, misalnya kue bika ambon atau kue kering, gunakan lubang tersebut untuk hasil yang lebih merata.

  1. Lubang Pembuang Panas

Oven tangkring memiliki lubang pembuang panas, karena itu pastikan Anda tidak menutup lubang ini. Jika ini Anda lakukan, maka oven akan lebih cepat rusak dan tidak bisa digunakan dalam waktu lama.

Ingat untuk merawat oven kompor dengan baik,caranya dengan membersihkan oven ketika sudah selesai digunakan. Cara menggunakan oven kompor diatas semoga memberikan tambahan ilmu untuk Anda, terutama yang baru membeli dan ingin menggunakan oven jenis kompor.