bagaimana cara menggunakan microwave

6 Langkah Cara Menggunakan Microwave yang Baik Supaya Lebih Aman

Salah satu peralatan masak yang paling banyak digunakan karena memiliki sifat multifungsi adalah microwave. Selain karena sifatnya yang multifungsi, hal lainnya yang membuat alat ini banyak digunakan adalah kemudahan dalam cara menggunakan microwave.

Karena memang microwave dirancang untuk memudahkan pekerjaan konsumennya terutama dalam hal memasak. Oleh sebab itu untuk bisa menggunakan microwave tidak perlu repot menyalakan kompor dahulu, dsb, cukup dilakukan dengan hanya 7 langkah saja.

1. Memahami Fitur Microwave



Microwave itu dirancang dengan sangat sederhana, jadi sama sekali tidak akan merepotkan konsumennya. Karena itu fitur yang dimiliki oleh microwave ini bersifat sangat sederhana, jadi bisa dipahami dengan baik.

Jadi sebelum menggunakan microwave ini lebih lanjut, ada baiknya untuk terlebih dahulu memahami fitur apa saja yang ada di dalamnya.

Seperti bagaimana cara menggunakan microwave untuk memanaskan makanan, fitur pemanasan atas bawah yang dimilikinya, dsb. Pahami juga perbedaan oven vs microwave, agar lebih jelas mengerti spesifikasinya.

2. Letakkan Microwave di Atas Meja yang Aman

Bagaimanapun juga sifat dari microwave ini adalah memancarkan gelombang panas, oleh karena itu ada baiknya untuk meletakan microwave di tempat yang aman. Baiknya lagi diletakan di atas meja yang sifatnya terbuka.

Jadi letakan microwave sekitar 10 cm di depan tembok, dan jangan terlalu mepet. Lalu pada bagian sisi-sisisnya pastikan tidak ada benda yang menghalangi, dan juga pada bagian depan yakni buka tutup pintu juga harus terbuka.

3. Membaca Instruksi Peringatan dan Keselamatan

cara menggunakan microwave untuk menghangatkan makanan

Setelah semuanya beres, maka langkah selanjutnya adalah membaca teks prosedur menggunakan microwave. Hal ini bertujuan agar pengguna tidak merusak microwave yang dimilikinya, atau mungkin saja bisa sampai microwave tersebut.

Dengan membacanya, pengguna jadi bisa tahu hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menggunakan microwave ini. Lalu wadah apa saja yang bisa digunakan, dan tidak boleh digunakan serta beberapa hal lainnya dengan tujuan untuk keselamatan dan keamanan. Jenis microwave juga berpengaruh, cek aja pembahasannya di link.

4. Meletakan Makanan di Wadah Khusus

Saat sudah membaca semuanya dan sudah mengetahui wadah apa saja yang bisa digunakan, maka sekarang saatnya untuk meletakan makanan tersebut di wadah yang memang sesuai. Biasanya wadah yang bisa digunakan untuk microwave ini akan dilabeli dengan microwave safe.

Jangan sesekali menggunakan bahan yang tidak diperuntukan untuk microwave, seperti plastik yang tidak tahan panas. Karena selain bisa merusak wadah, bisa juga membuat microwave menjadi rusak karena lelehan plastik yang mungkin saja terbakar.

5. Mengatur Waktu

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya kalau microwave ini memiliki fitur yang bisa digunakan untuk memudahkan penggunanya. Salah satunya adalah fitur dalam pengaturan waktu yang bisa disesuaikan untuk setiap kegiatan.

Misalnya saja untuk memanaskan makanan, dan membuat popcorn akan membutuhkan waktu yang berbeda jadi atur dengan benar. Selanjutnya jangan pernah tinggalkan microwave terlalu sama saat memasak, kalau ingin melakukan kegiatan lain ada baiknya untuk melakukan di sekitar situ saja.

6. Hindari Dioperasikan saat Kosong

Ada baiknya setlah microwave sudah selesai digunakan segera cabut sambungan listrik microwave. Tujuannya agar saat konsumen tidak sengaja memencet start pada saat microwave sedang kosong, maka microwave tidak akan bekerja.

Karena akan sangat berbahaya jika microwave bekerja pada saat sedang kosong. Sebab microwave bisa mengalami kerusakan yang sangat berat, dan bahkan bisa menyebabkan microwave menjadi terbakar karena benturan gelombang micro yang ada di dalam microwave.

Itulah tadi beberapa cara menggunakan microwave yang baik dan juga aman. Perhatikan dengan baik semua langkah yang disebutkan di atas supaya microwave bisa terhindar dari kerusakan dan bisa lebih tahan lama juga.