cara menggunakan microwave untuk memanggang kue

Cara Menggunakan Microwave Untuk Memanggang Kue

Dulu memanggang kue maupun makanan lain menjadi aktifitas yang cukup melelahkan. Hal ini disebabkan ketika memanggang kue dengan oven yang menggunakan bara api. Pertama-tama harus mencari arang kering untuk diletakkan pada bagian atas dan bawah oven.

Proses memanggang dengan oven jadul harus selalu dipantau apakah sudah matang atau tidak. Suhu panas yang menyebar di dalam oven kerap kali tidak merata sehingga terkadang kue panggang tidak matang seluruhnya.



Pemanggangan kue menggunakan cara jadul ini sekarang ditinggalkan. Apalagi setelah hadir microwave yang dibekali sejumlah fitur. Masyarakat pun berbondong-bondong beralih menggunakan microwave dan menerapkan cara menggunakan microwave untuk memanggang kue.

Ada berbagai menu kue yang dapat dihidangkan menggunakan oven. Hal ini mengingat bahwa microwave adalah alat yang dapat digunakan untuk membuat kue, toast, roti, dan kue kering.

Dilihat dari cara kerja microwave juga lebih efektif karena memanfaatkan gelombang mikro untuk menghasilkan kematangan merata.

Fungsi microwave tidak hanya memanggang kue tetapi juga untuk menghangatkan makanan dan mencairkan makanan beku. Kini microwave benar-benar menjadi peralatan wajib yang ada di dapur. Jadi jangan bingung lagi apakah microwave bisa untuk memangang kue, berikut penjelasannya.

Jenis-jenis Microwave

cara menggunakan microwave untuk memanggang kue

Terdapat banyak jenis microwave yang beredar dipasaran masing-masing memiliki fungsi berbeda. Oleh sebab itu, sebelum membelinya Anda dapat mencari informasi produk lengkap dengan bertanya kepada pelayan dan membaca pada display atau kardus. Berikut ini 3 jenis microwave oven yang wajib diketahui.

1. Microwave Solo

Microwave solo merupakan microwave biasa dan konvensional. Fungsi utamanya untuk menghangatkan makanan.

Selain itu juga sering digunakan untuk mencairkan makanan beku dengan waktu relative singkat sebelum makanan tersebut diolah.

Jenis microwave pertama ini tidak digunakan untuk memanggang kue, daging, ayam, maupun ikan. Pasalnya, suhu yang beredar didalam microwave tidak berputar secara merata dan cenderung rendah. Harga microwave solo yang beredar rata-rata dibandrol dengan harga Rp 500 ribu-an.

Pada dasarnya microwave oven bisa untuk memanggang kue, termasuk jenis solo ini.

2. Microwave Oven Grill

Jenis microwave satu ini tidak hanya berfungsi untuk menghangatkan makanan tetapi juga digunakan untuk memanggang. Microwave oven grill memiliki keterbatasan karena tidak dapat digunakan untuk memanggang cake dan kue.

Fungsi utama dari microwave oven grill adalah untuk memanggang ayam, ikan, dan daging. Harga rata-rata microwave oven grill yang beredar dipasaran sekitara Rp. 1 jutaan.

Jika mau memasak kue dengan microwave oven, pakai jenis ini juga tidak masalah.

3. Microwave Oven Convection

Jenis microwave satu ini cocok digunakan untuk membuat kue dan cake. Apalagi microwave convection didukung fitur menghembuskan udara yang efektif menstabilkan suhu panas di dalamnya.

Suhu panas yang beredar secara merata akan diserap oleh makanan sehingga hasilnya matang dengan sempurna.

Microwave oven convection tidak hanya digunakan untuk membuat kue tetapi juga membuat pizza. Untuk memperoleh microwave ini harus menyediakan budget lebih besar karena harga pasarannya berada pada angka Rp2,5 juta.

Cara Menggunakan Microwave Untuk Memanggang Kue Mok

Apabila Anda tidak memiliki oven listrik maupun oven gas konvensional maka gunakan microwave untuk membuat kue.

Kue mok menjadi salah satu hidangan lezat yang mudah dibuat menggunakan microwace. Ikuti cara menggunakan microwave untuk memanggang kue mok berikut ini.

1. Memilih Jenis Kue Mok

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih jenis mok apa yang ingin dibuat. Kue mok dengan ukuran besar dan tinggi akan menghasilkan tekstur berbeda yakni lebih lembut dan lembap. Berbeda dari tekstur kue mok dengan ukuran kecil dan pendek biasanya tekstur lebih keras.

2. Mempersiapkan Adonan Kue

Persiapkan adonan kue dengan cara memasukkan dua sendok makan gula putih atau brown sugar dalam adonan mok. Jangan lupa menambahkan  3 sendok makan tepung terigu dan setengah sendok teh ekstrak vanili.

Setelah itu masukkan satu butir telur dalam adonan mok yang berada pada cangkir cup. Tambahkan juga mentega atau butter sebanyak 1 sendok makan.

Kemudian, berikan sedikit olesan mentega pada bagian atas mok. Anda bebas menggunakan mentega unsalted, salted, ataupun margarin.

3. Menambahkan Chocolate Chips

Apabila ingin membuat variasi kue mok maka tambahkan 1-2 sendok makan chocolate chips. Choco chips yang ada dalam mok akan menciptakan rasa cokelat lebih kental.

Namun jika ingin membuat mok yang harum vanili tambahkan 1 sendok makan ekstrak vanili sebagai pilihan opsional.

4. Mencampurkan Adonan

Selanjutnya memasuki proses mencampurkan adonan kue. Anda dapat menggunakan sendok biasa guna mengaduk adonan mok dalam cangkir. Lakukan pengadukan adonan sampai choco chip hancur dan semua bahan kue tercampur merata.

5. Proses Pemanggangan

Adonan kue mok akhirnya siap untuk dipanggang. Masukkan adonan kue mok dalam microwave dan lakukan pemanggangan selama 50 detik menggunakan daya penuh.

Setelah pas waktu 50 detik, Anda harus memeriksa apakah kue sudah terpanggang dengan sempurna.

Untuk memeriksa kematangan kue mok gunakan menusukkan tusuk gigi dan menusuknya pada bagian tengah kue.

Apabila kue matang maka tusuk gigi yang sudah ditusukkan pada bagian tengah kue tetap bersih setelah dicabut. Namun, jika ada sisa kue menempel pada tusuk gigi menandakan kue mok belum matang.

Apabila hal itu terjadi maka lakukan proses pemanggangan dalam waktu 30 detik berikutnya. Ingat bahwa hindari memanggang kue mok terlalu lama karena kue dapat mongering jika dipanggang terlalu lama. Hindari pula memanggang kue mok melebihi waktu 2 menit.

6. Menganggkat Kue Dari Microwave

Setelah kue matang maka proses selanjutnya adalah mengangkat kue dari microwave dan mendiamkan kue. Kue yang sudah diangkat tidak dapat langsung dinikmati.

Melainkan harus meletakkannya diatas meja dan membiarkan selama kurang lebih 1-2 menit. Tujuannya agar setelah dilakukan pemanggangan suhu panas yang tersisa akan menyebar pada seluruh bagian.

7. Menikmati Santapan Kue

Setelah kue didiamkan beberapa saat maka kue siap untuk dinikmati. Anda dapat menghias kue terlebih dahulu sebelum dicicipi.

Itu cara memanggang cake yang benar, perhatikan setiap langkah-langkahnya ya.

Cara Menggunakan Microwave untuk Memanggang Kue Utuh

cara menggunakan microwave oven untuk memanggang kue

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa kue utuh seperti bolu dan brownis memiliki cita rasa berbeda. Apalagi kue-kue seperti ini wajib ada dalam setiap acara. Berikut ini cara menggunakan microwave untuk membuat kue utuh yang benar. Check this out!

1. Mempersiapkan Adonan Kue

Persiapkan adonan kue dalam mangkuk besar. Bahan yang dicampurkan adalah 3/4 cangkir mentega, 2/3 cangkir tepung terigu, dan 3/4 cangkir gula. Semua adonan tersebut diaduk menggunakan sudip atau sendok.

Kemudian tambahkan pula bahan lain seperti 3 butir telur, 3 sendok makan susu, 1 sendok teh ekstrak vanili, 1 sendok teh baking powder, dan perasa makanan. Apabila ingin membuat kue coklat maka menambahkan1/3 gram bubuk kakao.

2. Mencampurkan Bahan

Semua bahan tersebut dicampurkan dan diaduk secara merata menggunakan mixer selama kurang lebih 4-5 menit supaya menghasilkan tekstur lembut.

Selanjutnya menuangkan adonan kue dalam wadah yang dapat digunakan dalam microwave.

Ingat untuk tidak menggunakan wadah dari bahan logam ketika memanggang kue menggunakan microwave.

3. Proses Pemanggangan

Kue dipanggang dalam waktu 3-4 menit menggunakan daya penuh. Pertanda kue telah matang adalah kue mengembang dan menggelembung maka matikan microwave.

Kemudian memeriksa apakahn kue sudah matang atau belum menggunakan tusuk gigi. Apabila masih ada adonan kue yang tidak matang menempel pada tusuk gigi maka panggang kembali selama 1 menit.

4. Mengangkat Sajian Kue

Setelah kue matang maka angkatlah dari dalam microwave dan sajikan. Anda dapat menghiasi kue dengan whipcream, mesis, maupun madu sesuai selera.

Setelah membaca uraian diatas dapat disimpulkan bahwa ada berbagai jenis microwave yang beredar dipasaran. Namun, untuk memanggang kue, kue kering, roti, dan toast dapat menggunakan microwave oven convection.

Alhasil, Anda dapat mencoba cara menggunakan microwave untuk membuat kue. Semoga ulasan diatas bermanfaat.