Cara Menggunakan Microwave Samsung

Saat ini mengerjakan segala sesuatu dibuat lebih mudah dan praktis. Seperti halnya memasak di dapur menggunakan microwave. Dimana sebelumnya banyak orang menggunakan alat pemanggang tradisional yang cukup merepotkan. Meskipun microwave dibekali segudang keunggulan, tetap saja ditangkis oleh mitos yang beredar.

Mitos-mitos inilah yang membuat masyarakat takut menggunakan microwave. Apalagi penggunaan microwave jangka panjang dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Sesungguhnya microwave tidaklah berbahaya, asalkan dioperasikan dengan benar. Oleh sebab itu mari disimak cara menggunakan microwave Samsung yang baik dan benar.



Sebelumnya di artikel cara menggunakan microwave, Trillos15x.com hanya berbagi cara pemakaian secara umum semua merek microwave, tetapi kali ini kami akan fokus ke salah satu brand dari korea selatan, Samsung.

Kecanggihan microwave dapat memanjakan Anda saat mengolah menu masakan di dapur. Bahkan, microwave menjadi peralatan yang wajib dimiliki ibu-ibu modern. Sudah waktunya beralih menggunakan microwave untuk memasak lebih cepat dan makanan matang dengan sempurna.

Mitos Menggunakan Microwave

cara memakai microwave samsung

Setiap ada inovasi baru tentunya tak luput dari mitos yang berkembang dalam masyarakat. Hal serupa juga dialami sejak awal kemunculan Microwave. Banyak yang berasumsi bahwa microwave tidak baik digunakan untuk memasak karena konon dapat melukai tubuh.

Termasuk juga rumor nutrisi dan gizi makanan yang dirusak saat memanggang dalam microwave. “Memasak daging panggang menggunakan microwave kemungkinan besar dapat menghilangkan nutrisi makanan” jelas seorang pengguna Facebook.

Ia melanjutkan asumsinya bahwa merebus sayuran menggunakan microwave akan menghilangkan nutrisi hingga 75%. Hal tersebut disebabkan karena nutrisi makanan merembes ke dalam air.

Misalnya saat brokoli direbus dalam microwave akan menghilangkan senyawa glucosinolate yang bertugas melawan kanker.

Ada pula mitos yang mengatakan jika terlalu sering menggunakan microwave untuk memasak dapat memicu penyakit kanker. Namun, mitos-mitos yang heboh ditengah masyarakat tersebut belum terbukti sampai sekarang.

Justru American Cancer Society telah membantah mitos-mitos ini. Dimana ACS menegaskan bahwa microwave akan mengeluarkan frekuensi tertentu dari radiasi frekuensi radio atau RF radiation.

Frekuensi tersebut merupakan salah satu jenis radiasi non-pengion. Sehingga microwave tidak mengeluarkan radiasi seperti sinar gamma dan x-ray.

Dari sini dapat dipastikan bahwa penggunaan microwave untuk memanggang dan memasak tidak menciptakan dampak radioaktif terhadap makanan. Microwave tidak akan mengubah molekul ataupun struktur kimia makanan.

Cara Menggunakan Microwave Samsung

cara menggunakan samsung microwave oven

Meskipun penjualan microwave terus meningkat, sayangnya masih banyak yang tidak paham bagaimana penggunaan yang benar. Dapat dilihat dari merek microwave populer yakni Samsung.

Masyarakat sering melakukan langkah-langkah penggunaan keliru. Untuk itu sangat penting menyimak cara dan kegunaan microwave oven samsung yang benar berikut ini.

1. Memahami Instruksi Peringatan Keselamatan

Idealnya membaca instruksi peringatan keselamatan setiap kali akan menggunakan peralatan elektronik. Sangat direkomendasikan untuk memahami instruksi peringatan keselamatan saat mengoperasikan microwave Samsung. Artikel kami tentang prinsip kerja microwave mungkin akan membantu Anda lebih dalam.

Hal tersebut berguna untuk mengetahui apa saja yang dapat dilakukan saat menggunakan microwave. Termasuk apa-apa saja yang tidak boleh dilakukan saat mengoperasikan microwave.

2. Memahami Fitur Microwave

Kemudian, tidak lengkap rasanya jika tidak memahami fitur microwave dengan baik. Apabila salah menerapkan fitur dapat membuat masakan tidak berhasil. Anda dapat membaca fitur microwave Samsung pada buku petunjuk penggunaan.

Disana tertulis secara jelas mengenai fungsi berbagai tombol pada microwave. Hal yang perlu diwaspadai adalah kesalahan pemakaian berpotensi merusak microwave.

3. Meletakkan Diatas Meja Terbuka

Meskipun terlihat sepele tetapi meletakkan microwave di bagian dapur juga wajib diperhatikan. Tata letak microwave idealnya yakni sekitar 10 cm dari dinding dan bagian depannya diberi ruang lebih luas.

Selain itu, usahakan tidak meletakkan microwave pada bibir meja. Pasalnya, ketika sedang mengambil makanan kemungkinan besar membuat tangan terpeleset.

Akibatnya makanan panas yang baru dikeluarkan dari microwave akan terjatuh dan membahayakan diri sendiri.

4. Menggunakan Wadah Aman

cara penggunaan microwave samsung

Ketika menggunakan microwave Samsung sangat penting memilih wadah untuk memanggang atau memasak. Pilihlah wadah masakan khusus yang disebut microwave safe.

Wadah makanan yang dimaksud harus tahan panas karena akan memanggang atau memanaskan makanan dalam waktu tertentu.

Hindari penggunaan wajan atau wadah yang tidak dikhususkan untuk microwave. Contohnya wadah berbahan plastic atau logam.

Penggunaan wadah logam berpotensi menimbulkan percikan api dalam microwave. Sementara penggunaan wadah plastik berpotensi meleleh saat microwave dihidupkan.

5. Memberi Lubang Penutup Makanan

Saat akan memasukan makanan ke dalam microwave, pertama pastikan Anda sudah membuat lubang pada tutup makananmu.

Lubangi penutup makanan menggunakan garpu atau tusuk gigi. Langkah tersebut dilakukan supaya saat menggunakan microwave tidak menimbulkan percikan api dalam makanan.

6. Mengatur Waktu Sesuai Kebutuhan

Biasanya memasak berbagai jenis makanan dengan microwave menggunakan waktu berbeda. Oleh sebabnya sangat penting mengatur waktu penggunaan microwave sesuai kebutuhan.

Ketepatan pengaturan waktu makanan akan membuat tingkat kematangan masakan pas dan merata.

7. Tidak Mengoperasikan Ketika Kosong

Saat microwave tidak berisi sebaiknya tidak menekan tombol “Start”. Apabila Anda melakukannya maka berpotensi menyebabkan kerusakan berat. Seperti menimbulkan kebakaran karena benturan antara gelombang mikro dengan dinding microwave.

8. Tidak Ditinggal Saat Memasak

Beberapa bahan makanan dapat dimasak dalam waktu singkat. Misalnya saat memasak popcorn menggunakan microwave.

Untuk itu jangan coba-coba meninggalkan popcorn yang sedang dimasak karena berpotensi gosong.

9. Membersihkan Microwave Secara Teratur

Memanggang ataupun memasak menggunakan microwave memang terlihat bersih. Namun, sebenanya meninggalkan sisa-sisa noda pada dinding microwave.

Jika ingin penggunaan microwave awet sebaiknya sering membersihkan bagian dalam dengan teratur.

10. Jangan Digunakan Apabila Pintu Microwave Rusak

Pintu microwave merupakan salah satu bagian yang rentan diperbaiki. Apabila kondisi pintunya rusak atau tidak dapat tertutup rapat sebaiknya tidak digunakan. Hal tersebut akan membuat makanan kurang matang dan membuat kerusakan lebih parah.

Kelebihan Microwave Samsung

Selain cara menggunakan microwave Samsung yang wajib dipahami. Ada pula kelebihan-kelebihan microwave Samsung yang membuatnya menjadi primadona.

1. Anti Bakteri

Lapisan dalam microwave Samsung dilapisi keramik. Terutama bagian pemanas juga memiliki lapisan enamel.

Fungsi lapisan tersebut sebagai perlindungan 99,9% dari bakteri yang menempel pada makanan. Sehingga hasil makanan yang diolah menggunakan microwace tetap terjaga nutrisinya.

2. Anti Gores

Lapisan enamel yang ada pada dinding pemanas tidak hanya berfungsi sebagai anti bakteri. Bahkan, dijuluki sebagai lapisan perlindungan dari anti gores. Alhasil, meskipun microwave digunakan setiap hari tetapi tetap terlihat baru.

3. Fitur Deodorization

Kadang kala bagian dalam microwave tertempel bau tidak sedap yang berasal dari makanan. Jika hal ini dibiarkan akan mempengaruhi kualitas makanan.

Oleh sebab itu, Samsung merilis inovasi terbaru yakni fitur deodorization yang efektif menghilangkan bau kurang sedap.

Adapun cara kerja fitur deodorization yakni mengeluarkan udara dalam microwave untuk menghilangkan bau. Tujuannya untuk menjaga kesegaran makanan dari kontaminasi bau pemanas makanan sendiri.

4. Cepat Mencairkan Makanan

Fitur defrost dinobatkan sebagai salah satu fitur unggulan dari microwave Samsung. Penggunaan fitur ini untuk mencairkan makanan beku dengan cepat dan mudah.

Bahkan, makanan beku dari freezer dapat langsung dicairkan tanpa khawatir gizi yang terkandung menurun.

5. Warming Drawer Mode

Warmin drawer mode merupakan salah satu mode canggih untuk menghangatkan makanan menggunakan suhu yang tepat.

Ketepatan suhu tidak akan menjadikan makanan terlampu matang. Sehingga masakan kemarin yang dipanaskan kembali akan terasa baru dihidangkan.

6. Healthy Cooking Mode

Healthy cooking mode berguna untuk memasak sehat menggunakan microwave Samsung. Terutama masakan yang tinggi serat seperti sayur-sayuran.

Tidak perlu khawatir dengan kelezatan masakan karena dijamin tingkat kelezatan setara dengan metode memasak konvensional.

Seperti itulah ulasan mitos penggunaan microwave dan cara menggunakan microwave Samsung yang benar.

Selain itu, kelebihan-kelebihan dari microwave Samsung dibandingkan merek lainnya. Semoga artikel tersebut bermanfaat!