berapa menit sebaiknya mencuci dengan mecin cuci

Cara Menggunakan Mesin Cuci Sharp dengan Mudah [Panduan Lengkap]

Posted on

Mesin cuci adalah teknologi yang memudahkan manusia dalam mencuci pakaian. Metode mencuci manual mungkin dianggap lebih melelahkan , boros tenaga dan waktu. Namun dengan menggunakan mesin cuci, Anda bisa banyak berhemat! Bagi yang ingin beralih ke mesin cuci, mungkin Anda perlu tahu lebih dahulu cara penggunaannya. Sebelumnya, kami bahas cara memperbaiki mesin cuci, kali ini kami kupas cara penggunaan mesin cuci dari salah satu merk ternama, Sharp!

MESIN CUCI SHARP TERBAIK

Sharp adalah satu merk alat elektronik dan rumah tangga yang populer dan sudah banyak dipercaya di Indonesia, mereka pun tak ketinggalan berinovasi pada alat elektronik mesin cuci. Mesin cuci Sharp bisa menjadi salah satu pilihan terbaik Anda dengan segala kualitasnya, Apa sajakah rekomendasi mesin cuci Sharp terbaik?

1. Sharp ES-T85MW

Dalam pengembangannya, Sharp menggunakan teknologi puremagic, aquamagic dan quick wash. Dengan teknologi puremagic, ini memungkinkan pakaian tidak mudah kusut dan tidak rusak. Selain itu, inovasi puremagic membuat hemat listrik karena berdaya rendah, namun kualitas tetap terjaga dengan air yang tetap bersih. Sharp ES-T85MW adalah salah satu tipe mesin cuci Sharp yang menggunakan puremagic.

2. Sharp EST 77 DA

Selain itu, Ada pilihan serie EST 77 DA 7 KG 2 tabung dengan fitur super aquamagic. Fitur aquamagic memberikan manfaat pengurangan kandungan zat besi, sehingga kualitas air lebih jernih. Air yang jernih akan membuat pakaian yang dicuci tidak gampang rusak terkena partikel atau zat yang dapat merusak bahan pakaian.

Jadi singkatnya, aquamagic memiliki fungsi penyaringan air bersih, sedangkan puremagic adalah gabungan dari beberapa fitur seperti penghemat listrik serta penyaring air seperti pada aquamagic.

3. Sharp ES F8000T- BL

Kemudian yang terakhir, quick wash sesuai dengan namanya, menawarkan keunggulan pencucian yang lebih cepat dibandingkan dengan model lain! Tentu ini akan bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan keefisienan waktu dalam mencuci! Salah satu contoh mesin cuci Sharp dengan fitur quick wash adalah serie ES F8000T- BL, Selain itu adapula serie Sharp ESG 876 P GY dengan kapasitas 7 kg.

Nah tinggal Anda pilih fitur mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertimbangkan juga soal harganya, karena semakin canggih fiturnya maka kemungkinan harganya juga lebih tinggi.

Lanjut kita ke cara penggunannya!

CARA MENGGUNAKAN MESIN CUCI SHARP BERDASARKAN JUMLAH TABUNG

Berikut ini adalah panduan cara menggunakan mesin cuci Sharp 1 tabung!

  1. Masukkan pakaian

    Seperti biasa, masukkan terlebih dahulu pakaian yang akan dicuci dengan menggunakan mesin cuci 1 tabung. Sebagai perhatian, jangan sampai mengisi penuh mesin cuci dengan pakaian, cukup setengah tabung dilebihkan sedikit. Karena jika terlalu penuh, hassisl cucian kurang maksimal dan yang kedua , ini juga dapat memperpendek umur mesin mesinnya.

  2. Masukkan deterjen

    Pada mesin cuci terdapat tempat penaruh deterjen. Tempat ini dipisah untuk deterjen cair dan deterjen bubuk. Anda bisa pilis deterjen jenis apa sesuai dengan tempatnya.  
    Dibandingkan dengan jenis deterjen bubuk yang berbentuk padat, terkadang deterjen ini belum larut secara maksimal. Jadi sisa bubuk tersebut menempel pada tabung dan menyebabkan kerak, Anda lebih disarankan menggunakan deterjen cair karena bentuknya yang sudah cair membantu mempermudah proses pencucian.
    Setelah deterjen sudah diisi, tutup kembali tempatnya. Anda juga dapat menambahkan pewangi yang letaknya di sekitaran tempat deterjen.

  3. Tutup mesin cucinya

    CARA MENGGUNAKAN MESIN CUCI SHARP

  4. Tekan tombol Power lalu tekan tombol start

    Untuk mesin cuci masa kini semakin canggih, Ia bisa mulai menjalankan perintah secara otomatis. Dengan menekan tombol power lalu mulai, mesin cuci akan langsung bekerja menghitung berapa air yang dibutuhkan , lalu akan mengisi air sendiri secara otomatis.Pastikan posisi pompanya selalu on.
    Setelah air terisi, mesin cuci langsung bekerja mencuci, lalu membuang airnya dan masuk ke mode membilas (akan terlihat pada indikator mesin cucinya). Kemudian mode terakhir yaitu proses pengeringan. Setelah semua proses selesai, mesin cuci otomatis akan berhenti sendiri. Lalu tinggal dijemur. Demikian kurang lebihnya cara penggunaan mesin cuci Sharp tabung 1 tipe es-h758t-gy

PERBEDAAN MESIN CUCI 1 DAN 2 TABUNG

Lantas, bagaimanakah cara penggunaan mesin cuci 2 tabung? Pada dasarnya hampir sama! Yang menjadi perbedaan antara mesin cuci satu tabung dengan dua tangan antara lain:

  • Penggunaan air pada mesin cuci satu tabung lebih hemat, karena mesin dapat mengukur volume air sesuai dengan yang dibutuhkan. Dan air dapat langsung dialirkan melalui keran.
  • Mesin cuci satu tabung bekerja secara otomatis dalam proses pencucian serta pengeringan. Sedangkan pada mesin cuci dua tabung , penggunaanya masih manual. Anda harus memindahkan hassil cucian ke tabung satunya lagi untuk proses pengeringan.
  • Mesin cuci satu tabung memiliki hasil pengeringan yang lebih tinggi dibandingkan mesin cuci dua tabung.
  • Karena bekerja lebih otomatis, harga menjadi pembeda! Di mana harga mesin cuci satu tabung lebih mahal, meski berharga lebih murah, jika terjadi kerusakan maka biaya servis mesin cuci dua tabung lebih murah dibandingkan jenis satu tabung. Karena komponen spare part mesin cuci satu tabung yang otomatis relatif mahal.

Selain perbedaan di atas, mesin cuci juga dibedakan menjadi mesin cuci front loading dan top loading. Front loading menggunakan bukaan depan, sedangkan top loading bukaan atas! Dan keduanya memiliki kelebihan atau kekurangannya masing-masing.

Baca juga artikel tentang: kertas roti

CARA MENGERINGKAN BAJU DI MESIN CUCI SHARP

Seperti yang kita ketahui, ada 3 proses dalam pencucian pakaian, yaitu pencucian (wash) dengan deterjen/sabun, kemudian pembilasan (rinse) agar busa deterjen dibersihkan dan terakhir proses pengeringan (spin). 3

1. Pindahkan baju yang sudah dibilas ke tabung pengering

2. Tutup dengan penutup bawah yang berfungsi sebagai pengunci sehingga baju tidak terlempar , lalu tutup lagi dengan penutup atas/penutup tabung

3. Putar tombol spin dry timer pada mode pengeringan.

4. Putar ke angka 2 jika tabung mesin cuci terisi penuh dengan cucian.

Seperti penjelasan di atas, proses mengeringkan baju pada mesin cuci 1 tabung dapat dilakukan secara otomatis, atau melakukan pengaturan melalui tombol-tombolnya. Sedangkan pada mesin cuci  2 tabung dengan memindahkan pakaian ke tabung pengering.

Kecepatan berputar pada mesin cuci ini tergantung pada bahan apa yang sedang dicuci. Jika Anda menginginkan putaran yang tinggi, Anda bisa memilih mesin cuci yang mempunyai spin speed antara 1200-1400 rpm. Jadi semakin tinggi rpm nya maka proses pengeringan akan semakin lebih cepat.

Ingat prinsip spin dry ini hanya memeras air pada cucian sampai kandungan airnya berkurang drastis! Anda harus tetap menjemurnya di bawah terik panas matahari supaya pakaian benar-benar kering total.

Tips mengeringkan baju di mesin cuci supaya hasil lebih baik

  • Peras air sampai sisa sedikit
  • Jangan masukkan baju dalam posisi seperti terpelintir, harus agak dibentangkan.
  • Tekan ke bawah hingga terasa padat

BERAPA MENIT SEBAIKNYA MENCUCI DENGAN MESIN CUCI?

Mulai dari proses perendaman, pencucian, pembilasan hingga pengeringan, lama mencuci dengan mesin cuci adalah antara 20-40 menit. Lama ini tergantung dari pilihan pengaturan waktu, untuk tipe quick wash, relatif lebih cepat waktu yang dibutuhkan.

Ternyata dengan kemajuan teknologi mesin cuci yang salah satunya dikembangkan oleh Sharp, membuat cara mencuci lebih mudah dan hasil lebih memuaskan. Sehingga menggunakan mesin cuci semakin menjadi pilihan. Bagaimana dengan Anda?