cara menggunakan mejikom

Cara Menggunakan Magic Com dengan Mudah dan Praktis!



Nasi menjadi makanan pokok sebagian besar orang Indonesia. Nasi relatif lebih enak apabila dimakan dalam keadaan masih hangat atau panas.

Untuk membuat nasi lebih tahan lama panas setelah dimasak, kita bisa menyimpannya di dalam magic com.

Meskipun penggunaan magic com relatif mudah, namun masih banyak yang belum mengetahui cara penggunaanya dengan tepat. Ketahui cara menggunakan magic com dibawah ini.

Apa saja Fungsi Magic com?

Sebelumnya, mungkin Anda masih bingung dengan perbedaan antara magic com, magic jar dan rice cooker bukan? Perbedaannya terletak pada masing-masing fungsi.

Fungsi magic com lebih komplit karena bisa digunakan untuk menghangatkan nasi, sayuran bahkan mengukus, baca artikelnya di cara mengukus di magic com, sehingga manfaatnya jadi lebih hemat dan praktis.

Fungsi Tombol Warm pada Rice Cooker

Setelah sudah siap, masukkan panci magic com ke wadahnya. Pastikan sudah tersambung ke colokkan istrik. Pada magic com ada opsi cook dan warm, maka kita geser ke posisi cook yang ada di bawah. 

Cook berfungsi untuk memasak sedangkan warm berarti menghangatkan. lalu tinggal tunggu saja sampai matang. Saat proses memasak, jangan sesekali membuka tutup magic com agar tetap kualitas nasi yang dihasilkan tetap terjaga.

Cara Menanak Nasi di Magic com

Setelah menunggu antara 20-30 menit, maka nasi yang dimasak dalam magic com tadi sudah matang. Saat sudah matang, tombol cook akan berpindah ke posisi warm dengan sendirinya.  Lalu selamat nasi sudah siap untuk segera dinikmati dalam kondisi yang masih panas. Bagaimana, mudah serta praktis kan?

Setelah matang, kita dapat mengecek tekstur berasnya, jika masih terlalu keras maka bisa ditambahkan sedikit air lagi. Karena sekali lagi perbedaan jenis beras akan mempengaruhi tekstur nasi yang dihasilkan.

Komponen sparepart yang tidak penting adalah thermostat magic com, cek fungsinya agar berjalan sebagaimana mestinya.

Cara Menggunakan Magic Com

Jenis penggunaan pertama pada magic com adalah bisa digunakan untuk memasak nasi. Pastikan memasak dengan cara yang tepat supaya nasi yang dihasilkan pulen serta tidak lembek.

Berikut ini cara menggunakan magic com:

  1. Cuci Beras Seperti Biasa

    Langkah pertama, siapkan panci wadah magic comnya. Kemudian ambil beras yang hendak dimasak. Untuk takarannya sesuaikan dengan kebutuhan. Cuci beras secukupnya! Jangan bilas sampai terlalu bersih atau berulang. Ini supaya kandungan nutrisi di dalam beras tidak hilang sepenuhnya.

  2. Memperhitungkan Takaran Air pada Magic Com

    Setelah beras selesai dibilas, maka tambahkan air setinggi setengah kuku di atas permukaan beras dalam panci. Kira-kira 1 sampai 1,5 cm. Jika terlalu kebanyakan air, itu akan membuat tekstur nasi menjadi terlalu lembek, sebaliknya jika airnya terlalu sedikit akan menyebabkan nasi terlalu pera atau keras.

    Untuk takaran ini juga tergantung pada jenis berasnya. Karena mungkin akan terjadi sedikit perbedaan. Tinggal menyesuaikan saja. Apabila dengan takaran seperti contoh di atas, nasi yang dihasilkan masih terlalu keras, maka untuk selanjutnya bisa ditambahkan sedikit air lagi. Karena sekali lagi jenis beras itu berbeda-beda.

  3. Tekan Tombol Untuk Masak

    Kita sudah membuat persiapan seperti memasak nasi pada kompor biasa. Nah disinilah letak perbedaannya, kita hanya tinggal mengatur tombol pada magic com untuk fungsi memask nasi dengan mudah.

Petunjuk Penggunaan Magic Com untuk Menghangatkan Nasi

Nah setelah mengetahui fungsi tombol cook dan warm, maka tidaklah sulit untuk menghangatkan nasi dengan magic com. Anda cukup tekan tombol warm yang berfungsi untuk menghangatkan nasinya.

Nasi yang masih terasa hangat tentu saja bisa membuat nafsu makan menjadi lebih besar. Imbasnya Anda akan merasa lebih kenyang.

Magic com tentu saja memiliki “masa kerja” yang terbatas. Jenis penanak nasi ini umumnya dapat bertahan antara 24-28 jam (tergantung merk jenis) untuk tetap menjaga kualitas rasa nasi yang enak. 

Selebihnya Anda harus segera mengganti atau memasak nasi lagi yang baru. Demikian cara menghangatkan nasi dengan magic com secara praktis. 

Cara mengukus di magic com digital

Selain versi lawas, kini juga sudah tersedia model baru magic com digital. Versi ini menawarkan kecanggihan daripada yang model biasa. Sesuai dengan namanya, banyak pilihan opsi di magic com ini menggunakan ttombol-tombo serta layar digital.

Dari segi kemampuan, magic com digital lebih powerful karena kualitas rasa yang dihasilkan saat memasak nasi jauh lebih enak. Hampir mirip di masak dengan cara manual.

Selain itu waktu masak pun juga lebih cepat. Keunggulan lainnya adaah magic com digital membuat nasi lebih tahan lama, tidak kering serta tidak mudah basi. Fungsi magic com lainnya adalah bisa membuat roti, bubur bahkan untuk memasak telur.

Dari segi tampilan magic com digital pun terlihat lebih modern dan elegan dibanding versi biasa. Serta menu tombol digital yang membuatnya makin simpel namun canggih. Seperti tombol start, pengaturan waktu hingga pengingat waktu.

Cara menggunakan magic com digital sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menggunkan magic com biasa. Misal jika ingin kita gunakan memasak nasi.

Tahapannya sama dengan versi biasa hingga proses memasukkan beras ke wadah magic com digitalnya. Setelah itu tekan tombol start. Maka akan muncul berapa lama waktu yang dibutuhkan agar nasi matang melalui layar digital yang ada pada magic com versi tersebut. Untuk fungsi lain tinggal menyesuaikan sesuai pilihan di layar, apakah untuk memasak bubur, kue dan lain-lain.

Selain magic com digital, ada juga rice cooker digital. Rice cooker digital memiliki tingkat kepanasan yang mengagumkan. Bahkan bisa menggantikan peran kompor.

Dengan rice cooker digital, Anda juga bisa memasak sup, membuat kue, bubur hingga nasi goreng. Terlihat tidak jauh berbeda dengan magic com digital.

Versi digital terlihat lebih jauh unggul, namun itu sesuai dengan konsumsi listrik yang digunakan lebih besar serta harganya lebih mahal dibandingkan dengan versi biasa.

Perbedaan rice cooker dan magic com

Di paragraf atas terdapat penjelasan bahwa magic com memiliki fungsi yang lebih komplit daripada penanak nasi sejenis. Contohnya rice cooker serta magic jar.

Magic com dapat digunakan untuk memasak sekaligus menghangatkan nasi. Sedangkan fungsi rice cooker awalnya hanya sebagai penghangat nasi saja.

Tapi jangan salah, seiring dengan inovasi suatu teknologi, kini rice cooker juga dapat digunakan untuk memasak nasi loh! Bahkan mumpuni untuk menjalankan beberapa fungsi yang dimiliki oleh magic com, seperti untuk memasak sayur, mie instant atau menghangatkan nasi.

Lantas jika memiliki banyak kesamaaan seperti itu, apa perbedaan rice cooker dengan magic com? Nah letak perbedaannya adalah, magic com mampu bertahan lebih lama untuk fungsi menghangatkan nasi. Sekaligus menjaga tekstur dan rasanya tidak berubah. Bisa bertahan sampai 48 jam (tergantung merk jenisnya).

Sedangkan rice cooker hanya memiliki waktu yang lebih pendek , yakni hanya mampu bertahan sekitar 12 jam saja. Ada juga yang sampai 24 jam. Kembali lagi perbedaan kualitas ini karena adanya perbedaan harga. Di mana harga magic com cenderung lebih mahal daripada rice cooker.

Selain magic com serta rice cooker, mungkin Anda juga sering mendengar istilah magic jar. Magic jar bisa dikatakan sudah tertinggal dari keduanya karena hanya mempunyai fungsi sebagai penghangat nasi saja.

Magic jar tidak bisa digunakan untuk memasak nasi atau memasak sayuran seperti halnya magic com serta rice cooker. Maka tidak heran magic jar sudah kalah pamor dibandingkan dengan kedua alat penanak nasi di atas.

Kemajuan teknologi sudah banyak memberikan manfaat bagi manusia. Seperti model penanak nasi yang semakin canggih dari waktu ke waktu. Kemajuan tersebut berbanding lurus dengan cara penggunannya yang semakin mudah serta praktis. Seperti cara menggunakan magic com dari versi lawas sampai yang digital.