grill pan yang bagus merk apa

Cara Menggunakan Grill Pan

Posted on

Makanan panggang menjadi salah satu hidangan yang sangat lezat. Apalagi citarasa yang dihasilkan berbeda dari makanan yang digoreng. Biasanya makanan seperti BBQ dipanggang dalam grill pan sehingga hasilnya maksimal. Dalam artikel kali ini dibahas mengenai cara menggunakan grill pan, tips memilih grill pan, hingga cara membersihkannya.

Apa itu Grill Pan?

Sebelum grill pan hadir, proses pemanggangan makanan terbilang cukup merepotkan. Makanan seperti daging dibakar diatas nyala arang. Sehingga membutuhkan waktu cukup lama agar kematangan daging merata.

Hal ini sangat tidak praktis dan kurang efisien. Beruntung saat ini ada grill pan yang menjadikan kegiatan memanggang makanan jauh lebih mudah. Dimana penggunaan grill pan tidak perlu menggunakan arang.

Grill merupakan metode pemanasan yang merupakan kebalikan dari metode boiling. Dalam grill pan berputar suhu yang tinggi. Apabila proses pemanasan dilakukan dalam oven, bahan yang akan dipanaskan melalui metode ini didekatkan dengan sumber panas.

Grill pan membuat pemanasan pada makanan lebih merata. Dapat dilihat dari perbedaan hasil panggangan dengan metode bakar diatas arang dan grill pan. Warna makanan akan tampak berbeda, terutama garis-garis pada daging terlihat matang dengan sempurna.

Metode pemanggangan menggunakan grill pan biasanya dimanfaatkan saat memanggang aneka daging. Terutama mengolah daging sapi yang dijadikan steak atau BBQ. Selain itu, proses pemanggangan memakan waktu yang relatif lebih cepat.

Kami sendiri merekomendasikan grill pan di link Shopee disini, panggangan portable serbaguna berbentuk bulat, tidak lengket, jadi gampang dibersihkan.

Cara Menggunakan Grill Pan

grill pan hbc

Untuk memasak ataupun memanggang makanan menggunakan grill pan menggunakan cara khusus.

Berikut ini cara menggunakan grill pan yang benar:

  1. Letakkan grill pan diatas kompor.

  2. Isi grill pan dengan seperempat cup air dan tambahkan lagi apabila dibutuhkan selama proses memasak.

  3. Gunakan pengungkit untuk mengangkat panggangan apabila dibutuhkan.

  4. Nyalakan kompor dan usahakan nyala api kecil sampai dengan sedang.

  5. Pastikan api tidak menyentuh dasar permukaan grill pan secara langsung.

  6. Oleskan minyak dengan merata pada permukaan grill pan.

  7. Grill pan dilapisi enamel sehingga mengumpulkan cairan dan lemak dari pinggiran panggangan. Apabila menambahan air dalam grill pan akan mengurangi asap dan percikan minyak.

  8. Saat membolak-balikkan makanan sebaiknya tidak menggunakan metal utensil yakni alat dari bahan metal. Sebab, bahan tersebut kemungkinan besar menggores permukaan non- stick. Pilihlah spatula yang terbuat dari bahan silicon, kayu, dan nylon yang tahan panas sebagai alternatif terbaik.

Merk Grill Pan yang Bagus? Untuk BBQ

cara menggunakan grill pan

Apabila hendak pesta BBQ di rumah sebaiknya tidak memanggang menggunakan arang. Rekomendasi terbaik adalah menggunakan grill pan untuk memanggan BBQ. Menurut Foter.com, suatu wajan khusus digunakan memanggang makanan biasanya memiliki dasar yang bergelombang.

Hal ini akan mempermudah daging matang secara merata tanpa menghilangkan kelezatan dan tekstur khas. Oleh sebab itu, menggunakan wajan pemanggang berkualitas terbaik seperti grill pan.

Berikut ini deretan fungsi grill pan dan cara memilih grill pan yang cocok untuk memanggang BBQ:

1. Pilih Wajan Pemanggang Berbahan Cast Iron

Bahan cast iron atau dikenal dengan besi cor merupakan bahan yang penggunaannya awet. Selain itu, mampu menahan panas dengan suhu tinggi. Dilihat dari permukaan wajan pemanggang berbahan cast iron juga dilapisi enamel maupun tidak ada.

Kelebihan dari enamel yakni dapat membuat permukaan wajan menjadi anti-lengket sehingga kotoran yang menempel mudah dibersihkan.

Sementara itu, wajan berbahan stainless steel dan alumunium lebih ringan tetapi tidak dapat menahan panas yang tinggi seperti cast iron.

Wajan cast iron lebih cocok digunakan pada kompor listrik. Apabila digunakan pada kompor keramik akan membuat kompor tersebut rusak. Anda wajib baca artikel kami tentang tambal panci bocor agar bisa digunakan dengan baik seperti sedia kala.

2. Gunakan Grill Pan Kotak

Untuk memanggang BBQ sebaiknya memilih wajan grill pan yang berbentuk kotak. Akan tetapi jika daging yang dipanggang sedikit dapat menggunakan grill pan bundar. Grill pan berbentuk kotak dipilih karena pemukaannya lebih lebar.

Misalnya, wajan pemanggang dengan diameter 10 inci atau 25,4 sentimeter. Memiliki luas permukaan sebesar 78,5 inci persegi. Sedangkan, wajan pemanggang yang berbentuk kotak dengan diameter 10 inci memiliki permukaan lebih luas yakni 100 inci persegi.

Disamping itu, penggunaan grill pan kotak lebih efisien karena Anda dapat memanggang apapun pada bagian pojok wajan. Suhu panas dalam grill pan kotak lebih tahan lama dan tersebar secara merata.

3. Gunakan Grill Pan dengan Tutupnya

Ketika memanggang daging berukuran besar seperti steak menggunakan grill pan dengan tutup memiliki keuntungan tersendiri.

Terlebih lagi suhu panas yang berputar dalam grill pan bertutup menjadikan daging lebih matang seperti pemanggangan dari oven.

Supaya hasil lebih maksimal, cobalah menggunakan wajan pemanggang dengan bentuk permukaan gelombang tinggi. Sehingga hasil dari daging yang dipanggang seperti dibakar diatas panggangan arang.

Cara Membuat BBQ dengan Grill Pan di Rumah & Tips Menggunakannya

Cara Menggunakan Grill Pan

Selain menerapkan cara menggunakan grill pan yang benar, Anda juga wajib tahu membersihkan cara membersihkan grill pan usai digunakan, karena akan nanti jadi susah dihilangkan jadi tidak boleh sembarangan.

Sebenarnya tidak sulit membersihkan grill pan yang kotor. Namun, ada beberapa bagian dibersihkan dengan cara khusus.

Terutama pada permukaan grill pan dengan bahan anti lengket yang sangat mudah tergores. Anda dapat menerapkan beberapa tips dibawah ini supaya penggunaan grill pan lebih awet.

Cara grill yang baik & benar:

1. Jangan Membiarkan Grill Pan dalam Kondisi Kotor

Sebaiknya tidak membiarkan grill pan kotor dalam waktu yang lama. Hal ini membuat minyak atau kotoran menempel menjadi endapan diatas permukaan.

Ingat jika minyak tersebut mengendap akan sulit dihilangkan. Usai menggunakan grill pan sebaiknya langsung dicuci.

2. Bersihkan Menggunakan Lap Bersih Dahulu

Selain itu, selesai digunakan grill pan dapat didiamkan beberapa menit sampai suhu permukaan cukup dingin. Namun, hindari membersihkannya pada suhu dingin karena cepat meresap kotoran pada permukaan.

Untuk itu sebelum dicuci dengan air, Anad dapat menggunakan lap bersih guna mengurangi minyak berlebih. Sehingga permukaan grill pan lebih mudah dibersihkan.

3. Cuci Grill Pan dengan Air Garam

review grill pan

Saat mencuci grill pan sebaiknya mencampurkan air cucian dengan sedikit garam. Kemudian tuangkan larutan air tersebut pada bagian grill pan yang kotor hingga terlihat terendam.

Tunggu beberapa saat. Larutan sedikit air garam akan membantu menghilangkan bau, sisa minyak menempel, dan kotoran.

4. Gosok Dengan Spons dan Air Sabun Hangat

Untuk menggosok permukaan grill pan sebaiknya menggunakan spons lembut. Selain itu, aliri permukaan grill pan yang telah digosok dengan sabun menggunakan air hangat.

5. Gunakan Sikat Saat Membersihkan Sisa Kotoran

Seringkali setelah mencuci grill pan masih ada sisa-sisa makanan menempel diatas permukaan. Jika hal ini terjadi sebaiknya dihilangkan dengan sikat kaku. Akan tetapi tidak terlalu keras menyikatnya karena dapat merusak permukaan anti lengket grill pan.

6. Gunakan Kompor Dalam Proses Pengeringan

Setelah dicuci dapat langsung mengeringkannya menggunakan lap bersih. Anda dapat meletakkan grill pan yang telah kering diatas kompor.

Panaskan grill pan menggunakan api kecil dari kompor dalam waktu 5 menit. Sehingga pengeringan grill pan setelah dicuci dapat maksimal.

Seperti itulaah cara menggunakan grill pan yang benar, berikut tips-tips memilih grill pan untuk memanggang BBQ. Sangat penting menerapkan cara membersihkan grill pan supaya awet digunakan.