Cara Menggunakan Dispenser

Panduan Cara Menggunakan Dispenser Beserta Tips Perawatannya



Memang, setiap pemilik wajib tahu bagaimana cara menggunakan dispenser untuk semua tipe. Selain itu, Anda juga wajib tahu bagaimana cara merawat dispenser agar tidak mengalami kerusakan permanen.

Sebab, biaya servis kerusakan dispenser ini cukup mahal. Selain itu, proses service dispenser ini cukup menyita waktu. Maka dari itu, ketahui bagaimana cara mengoperasikan dispenser dengan benar agar tidak mengalami kerusakan yang berakibat fatal.

Sebelum menggunakannya, Anda wajib tahu apa saja jenis dispenser yang akan digunakan. Sebab, berbeda jenis dispenser maka berbeda pula cara penggunaannya. Selain mempelajari cara penggunaan, pastikan Anda juga tahu bagaimana cara perawatan dispenser agar tidak mudah rusak.

Ini Dia Jenis-Jenis Dispenser Sesuai dengan Kegunaannya

Panduan Cara Menggunakan Dispenser Sanken

Tercatat, ada beberapa jenis dispenser yang memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, pilih jenis dispenser yang sesuai dengan budget, kebutuhan, dan fungsinya. Jika tidak, maka dispenser tidak dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Selain itu, perbedaan jenis dispenser juga membuat cara merawatnya pun berbeda. Maka dari itu, ini dia daftar dispenser yang biasa dijual oleh para produsen. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Dispenser Klasik

Jenis dispenser klasik merupakan salah satu jenis dispenser yang banyak digunakan oleh masyarakat. Dispenser jenis ini biasanya hanya digunakan untuk pajangan atau aksesoris dalam rumah. Pasalnya, dispenser ini terbuat dari bahan keramik.

Anda tidak perlu menggunakan listrik untuk dispenser klasik. Pasalnya, air dalam galon hanya dituang dan ditampung pada keramik. Kemudian, Anda bisa mengambil air dari dispenser lewat panjuran yang ada di bagian depan.

Akan tetapi, dispenser klasik tidak dapat menyajikan air hangat. Selain itu, cara menggunakan dispenser ini terkesan cukup ribet dan kurang praktis, meskipun dari segi harga cukup mahal.

  1. Dispenser Elektrik

Bagi Anda yang ingin mengkonsumsi air dingin atau panas dari galon, maka dapat menggunakan dispenser elektrik. Jenis dispenser ini menggunakan komponen elektrik untuk menghasilkan air panas dan air dingin dalam kurun waktu cukup cepat.

Akan tetapi, untuk menggunakan dispenser ini harus dialiri arus listrik. Bahkan, arus listrik yang dibutuhkan cukup besar. Sehingga, cukup menguras biaya untuk menggunakan dispenser elektrik ini.

  1. Dispenser Galon Bawah

Dan dispenser galon bawah adalah salah satu tipe terbaru yang lebih dipilih oleh masyarakat. Sebab, Anda tidak perlu mengangkat galon untuk dipasang pada dispenser. Pada prinsipnya, cara menggunakan dispenser galon bawah sama seperti jenis lainnya.

Anda cukup memasukkan galon pada tabung dispenser yang terletak di bagian bawah. Jadi, lebih mudah dan praktis untuk menggunakan jenis dispenser galon bawah jika dibandingkan dengan dispenser galon atas.

Selain itu, dispenser galon bawah ini juga termasuk dalam kategori elektrik. Butuh aliran listrik untuk dapat difungsikan sebagaimana fungsinya.

Saat pandemi ini ada jenis dispenser lain yang lagi naik daun yaitu dispenser sabun, meskipun ini beda tujuan. Cek artikel kami tentang cara pasang dispenser sabun, ini adalah tips special buat kamu demi kesehatan keluarga dalam mencegah penularan pandemi covid-19. Cek artikelnya ya.

Cara Menggunakan Dispenser Sanken Modena Miyako Sharp & Cosmos

Setelah mengetahui jenis dispenser yang umumnya dipilih masyarakat Indonesia, ada banyak sekali merek dispenser dari modena, sanken, miyako, sharp, cosmos dll. Pada prinsipnya semua tipe sama saja saja, ada dua metode cara menggunakan perlengkapan rumah tangga ini. Jadi, cara penggunaannya tergantung pada jenis dispenser yang digunakan.

Cara pertama, bersihkan bagian leher galon dengan tisu yang mengandung alkohol. Tujuannya agar bagian leher galon tidak mengandung bakteri dan kuman. Sebab, air dalam galon bisa saja terkontaminasi dengan bakter dan kuman pada bagian leher galon.

Jika Anda menggunakan dispenser klasik, maka buka tutup galon secara keseluruhan. Jika Anda menggunakan dispenser elektrik galon atas, maka buka penutup sebagianKemudian, angkat galon dan poisisikan leher galon masuk ke dispenser.

Cara menggunakan dispenser selanjutnya ini lebih dikhususkan untuk galon bawah. Caranya pun sangat mudah sekali. Anda hanya perlu membuka penutup galon. Kemudian, masukkan selang dispenser bagian bawah.

Masukkan ke tempat penyimpanan dispenser galon bawah. Alhasil, penggunaan dispenser galon bawah ini lebih diminati karena tidak perlu membutuhkan tenaga besar guna mengganti galon yang telah kosong dengan galon baru.

Jadi, masing-masing jenis dispenser ini memiliki perbedaan dalam cara penggunaannya. Oleh sebab itu, pilih jenis dispenser yang sesuai dengan kebutuhan. Dan pastikan Anda memilih jenis dispenser yang memudahkan siapapun untuk mengambil air atau mengganti galon.

Cara Merawat Dispenser Agar Tidak Mudah Rusak

cara menggunakan dispenser modena

Selain mempelajari cara menggunakan dispenser, pemilik juga harus tahu bagaimana cara merawat perlengkapan elektronik untuk air mineral ini. Cara merawat dispenser ini memang cukup sulit, terlebih bagi Anda yang menggunakan jenis dispenser elektrik.

Apabila Anda salah membersihkan dispenser, maka kemungkinan besar adalah mengalami kerusakan permanen. Untuk itu, ini dia beberapa langkah-langkah untuk merawat dispenser elektrik dan klasik. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Menjauhkan Dispenser dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Cara perawatan pertama, pastikan Anda memposisikan dispenser jauh dari sinar matahari langsung. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada dispenser dan kualitas air.

  1. Melakukan Pembersihan Dispenser secara Berkala

Cara perawatan kedua, pastikan Anda melakukan pembersihan dispenser secara berkala dari debu atau kuman yang menempel. Bagi Anda yang menggunakan dispenser klasik, silahkan cuci menggunakan air bersih di bagian dalam.

Bagi Anda yang menggunakan dispenser elektrik, usap dengan kain yang telah dicelup air sabun di bagian luarnya saja. Tujuannya agar bagian luar dispenser tidak terlalu berdebu. Sebab, debu juga dapat mengurangi kandungan mineral dalam air.

  1. Segera Mengganti Galon jika Air Telah Habis

Cara perawatan ketiga, segera ganti galon jika isi air telah habis. Sebab, jika tidak segera diganti dapat menyebabkan kerusakan perangkat dispenser. Apabila tidak digunakan, sebaiknya matikan dispenser dengan mencabut kabelnya.

Jadi, itu dia cara menggunakan dispenser beserta tips perawatannya agar awet dan tidak mudah rusak. Sebab, apabila dispenser mengalami kerusakan maka Anda harus membawanya ke service center terdekat khusus untuk tipe elektrik.

Tips Memilih Dispenser Sesuai dengan Budget dan Kebutuhan

Sebagai pengguna, Anda wajib tahu apa saja tips jitu untuk memilih dispenser sesuai dengan budget dan kebutuhan. Sebab, banyak orang membeli dispenser namun membuat tampilan rumah terlihat sempit dan tidak ekstetik.

Maka, jangan asal membeli dispenser jika tidak sesuai dengan budget dan kebutuhannya. Ada beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk memilih dispenser yang cocok dengan keinginan konsumen.

Tips pertama, tentukan jenis dispenser yang ingin digunakan. Untuk membuat tampilan ekstetik, maka gunakan dispenser klasik yang terbuat dari marmer. Hanya saja, dari segi hargag dan perawatan lebih mahal dan sulit.

Jika ingin mudah dan praktis, gunakan dispenser elektrik galon bawah. Sebab, proses ganti galon tidak membutuhkan tenaga besar. Tips kedua, perhatikan besaran tenaga listrik yang digunakan.

Jika Anda menggunakan dispenser premium, tentu tegangan yang dibutuhkan semakin besar. Maka dari itu, gunakan dispenser standar dengan konsumsi daya lebih kecil untuk konsumen yang menggunakan tengangan listrik sekitar 900 watt.

Dispenser menjadi salah satu jenis perabotan rumah yang berguna sebagai penampung air mineral. Dispenser ini terbagi atas beberapa tipe. Selain itu, pengguna juga wajib melakukan perawatan agar tidak mudah rusak. Untuk itu, kami saranan Anda untuk mengetahui cara menggunakan dispenser beserta perawatannya agar tidak mengalami kerusakan permanen.