cara menggunakan blender

7 Cara Menggunakan Blender Agar Tidak Mudah Rusak

Posted on

Untuk Anda yang ingin menghaluskan buah, es atau bumbu dapur, biasanya digunakan blender. Cara menggunakan blender harus diketahui dengan benar agar alat listrik tersebut tidak mudah rusak. Sebenarnya Anda bisa membaca panduan pemakaian blender di buku panduan yang ada.

Namun ini tidak berlaku untuk lansia atau orang tua yang kesulitan memahami teknis penggunaan blender.

Anda bisa memberikan contoh kepada mereka dengan mengikuti panduan mudah pengoperasian blender berikut ini.

Langkah dan Cara Menggunakan Blender yang Benar

  1. Bersihkan Blender Terlebih Dahulu

Sebelum digunakan, Anda disarankan untuk membersihkan blender terlebih dahulu. Teknis pembersihannya juga tidak sulit, cukup dengan membasuh dan mencuci blender menggunakan air mengalir atau sabun cuci piring.

Pastikan bagian blender bisa digunakan, tak ada yang berkarat, rusak, ataupun patah.

Simak artikel kami tentan produk terbaru dari air fryer lock n lock, baca review kelebihan & kekurangannya di link tersebut.

  1. Masukkan Bahan Makanan yang Diinginkan

Jika sudah membersihkan blender, selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memasukkan semua bahan makanan yang akan dihaluskan.

Potong sesuai dengan ukuran blender, ini akan membuat proses pelumatan buah atau bahan makanan menjadi lebih gampang.

Jangan lupa untuk memberikan air atau minyak untuk memudahkan prosesnya.

Bahan-bahan yang sudah dimasukkan namun tidak diberikan air cukup, ini yang akan menjadikan bahan makanan tidak kunjung halus, ini juga membuat blender menjadi lekas rusak.

  1. Tambahkan Es Batu

Selain menambahkan air, Anda bisa menambahkan es batu ke dalam blender. Jika memasukkan es batu, ingat untuk tetap memasukkan air atau cairan tambahan.

Anda juga bisa menambahkan makanan lain ke dalam blender, misalnya gula, susu ataupun madu.

cara menggunakan blender

  1. Tutup Blender

Prosedur menggunakan blender yang tepat selanjutnya adalah menutup blender. Sebaiknya tutup dengan rapat agar tak ada cairan yang tumpah.

Beberapa blender sudah dilengkapi dengan kunci pengaman, sehingga lebih mudah ditutup. Ada pula blender yang tidak bisa menyala mesinnya jika tidak ditutup dengan betul.

Di bagian tengah tutup blender, Anda akan menemukan lubang yang berukuran kecil.

Lubang ini memiliki dua fungsi, sebagai pengaduk spatula blender, bisa pula sebagai ruang untuk menambahkan bahan makanan, air, susu, atau buah.

Dengan lubang tersebut, Anda tidak perlu membuka tutup blender dan menghindari cipratan cairan.

  1. Nyalakan Mesin

Setelah semua bagian diatas Anda lakukan, saatnya menyalakan mesin blender. Menyalakan mesin blender tidak sulit, cukup colokkan ujung kabel ke stopkontak dan pastikan sudah erat.

Baca juga artikel kami yang mengulas tentang fungsi beaker glass, alat masak & alat kimia serbaguna.

Kemudian sesuaikan dengan kecepatan blender yang dibutuhkan.

  1. Matikan Blender

Tunggu sampai blender menghaluskan bahan makanan yang ada di dalamnya. Jika sudah halus, Anda bisa melanjutkan dengan mematikan blender.

Cara mematikan blender hanya perlu menggeser tombol atau pemutarnya ke bagian off atau 0. Tunggu sampai berhenti mesinnya sebelum menuang isi blender.

  1. Bersihkan Blender

Setelah selesai memakai blender, langkah terakhir adalah membersihkannya dengan air mengalir dan sabun pencuci.

Jika blender yang Anda miliki bisa dilepas pasang, lepaskan satu-satu spare part blender (pisau blender, sendok pengaduk dll), kemudian cuci sampai bersih.

Untuk membuat blender benar-benar bersih, Anda bisa melepaskan pisau yang dimilki blender dan membersihkannya secara terpisah.

Setelah selesai, keringkan blender dengan dilap menggunakan kain bersih atau diangin-anginkan agar tak ada air tertinggal.

Sesuaikan cara menggunakan blender dengan jenis blender yang Anda gunakan. Beberapa jenis blender mungkin memiliki langkah yang berbeda.

Karena itu Anda bisa membacanya langsung pada buku panduan yang ada. Pertimbangkan untuk menggunakan blender dan kebutuhan supaya tidak sulit dalam pemakaiannya.