cara menggunakan blender portable

Cara Menggunakan Blender Portable & Cara Charge-nya



Ketika piknik atau pergi jalan-jalan, ada keinginan untuk jajan, apalagi saat cuaca panas, sambi minum es pasti menyejukkan. Namun kini Anda bisa berhemat dengan membawa blender portable! Blender ini praktis bisa dibawa kemana-mana, kapan saja. Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat dari blender portable, silakan lanjutkan membaca sampai tuntas ya!

Blender portable adalah salah satu variasi alat pembuat jus seperti blender pada umumnya, hanya saja ukurannya lebih kecil, keunggulannya adalah bisa dibawa kemana saja karena tidak menggunakan daya istrik, melainkan baterai.

Merk Blender Portable

GM Bear adalah salah satu merk blender portable yang cukup populer. GM bear spesifikasi food grade PP 4, dilengkapi dengan 4 mata pisau stainless steel, dengan wadah berbahan kaca borosilikat,  yang dapat menampung kapasitas 360 ml. Untuk sumber dayanya dengan USB DC 3.7 V. Kapasitas baterainya yakni sebesar 2000 mAH dengan jenis baterai lithium. (Ini hanya salah satu contoh tipe nya saja, untuk tipe lain mungkin ada perbedaan kapasitas isi serta baterainya).

Blender portable ini memiliki 2 lapisan penutup. Penutup bawah berbentuk seperti penyaring, lalu penutup atas benar-benar berfungsi menutup agar tidak tumpah. Tutup bawah berfungsi untuk menyaring ampas buah jika hasil blender belum terlalu halus,namun Anda bisa membuka penutup ini jika ingin menikmati keseluruhan jus hasil blender.

Untuk harga blender portable GM Bear bervariasi mulai dari 50-100 ribuan Rupiah tergantung dengan jenis atau tipenya. Karena sekali lagi ada perbedaan kualitas, daya baterai dan jumah pisau blendernya. 

Beberapa merk blender portable yang direkomendasikan adalah:

  • GM Bear
  • Ecentio
  • Vitamer
  • Shake n Take
  • BPA Free

Baca juga artikel kami tentang: suhu normal kulkas 1 pintu

Cara Menggunakan Blender Portable

Cara menghidupkan blender portable sangat mudah. Hanya tinggal menekan tombol power.  Namun berikut ini Kami beri tahu cara penggunaannya agar Anda punya gambaran sebelum membelinya.

Pertama-tama karena ini blender mini yang ukurannya lebih kecil dari blender biasanya, maka potongan-potongan bahan makanan/buah juga harus kita sesuaikan dengan cara memotongnya lebih kecil lagi.  

Cara menggunakan blender portable adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan potongan buah atau sayur tadi ke wadah blender portable, jangan sampai mengisi penuh gelas blender, kira-kira 80% dari kapasitas saja.

  2. Tutup gelas blender dengan rapat!

  3. Nyalakan tombol powernya, maka blender portable akan langsung bekerja.

  4. Tekan tombol power sekali lagi untuk mematikan. Di beberapa tipe terdapat fitur auto off yang membuatnya dapat mati secara otomatis!

  5. Segelas jus segar segera langsung bisa Anda nikmati

  6. Selesai

Peringatan dalam pemakaian:

  • Jangan gunakan blender portable secara terus menerus, beri jeda selama dalam penggunaan yang berurutan. Hal ini bertujuan demi keawetan baterai serta memperpanjang umur mesinnya.
  • Hindari menyalakan blender pada saat posisi gelas blender kosong
  • Jangan digunakan memakai air panas
  • Hindari pemakain blender saat sedang proses dicas
  • Stop merendam blender yang kotor, untuk cara pencucian yang benar bisa dibaca di bawah ini!

Cara mencuci blender portable

Di artikel lain, sudah ada contoh cara mencuci blender listrik biasa. Yakni dengan cara memakai sikat gigi lembut lalu ditambahkan dengan air hangat, kemudian bilas sampai bersih.

Karena di blender portable ini ukuran gelas blendernya lebih kecil, maka kita bisa menggunakan cara pencucian lain yang lebih efektif daripada cara mencuci blender biasa.

Cara mencuci blender portable adalah:

1. Masukkan air bersih ke dalam gelas blender, namun jangan sampai terlalu penuh.
2. Kemudian tambahkan sabun cuci piring secukupnya.
3. Tutup wadah gelas blender portable
4. Nyalakan blender portable seperti saat sedang digunakan untuk membuat jus.
5. Isi gelas blender akan berbusa seolah-olah dicuci secara merata oleh pisau blender yang berputar.
6. Buang air cucian blender , masukkan air bersih untuk membilasnya. Gunakan cara yang sama dengan menekan tombol menyalakan blender.

Dengan teknik mencuci blender portable seperti ini, maka blender bisa bersih sampai ke sela-sela bawah bahkan pisau blendernya pun ikut bersih. Lalu blender portable siap untuk digunakan lagi.   

Cara mengecas baterai blender portable

Manfaat ekonomis dari blender portable adalah mudah digunakan tanpa memerlukan daya listrik, bisa digunakan di mana saja. Namun yang perlu diperhitungkan adalah memastikan baterai blender portable sudah terisi penuh. Untuk itulah kita perlu rajin mengecas baterainya sebelum digunakan!

Setiap pembelian blender portable kita akan mendapatkan sebuah kabel data USB yang berfungsi sebagai carger. Jadi Kita tinggal pasang kepala carger kemudian dicolokkan ke listrik. Praktis muah sama seperti kita mengecas HP.

Lama pengecasan antara 2 sampai 3 jam.  Dan harap diingat bahwa selama pengecasan jangan sambil digunakan untuk memblender, tunggu sampai baterai blender portable terisi penuh. Kemudian baru gunakan.

Cara mengetahui baterai blender portable penuh

Berikut ini adalah cara mengetahui baterai blender portable Anda sudah penuh atau belum! Anda dapat mulai mengecas blender portable dari daya nol sampai terisi penuh. Seperti penjelasan lama pengecasan antara 2 sampai 3 jam tergantung jenis dan merk. Untuk mengetahui apakah baterai sudah terisi penuh atau belum adalah dengan melihat warna lampu LED nya.

Pada saat sedang pengecasan, indikator lampu LED pada blender portabe adalah berwarna merah. Kemudian saat baterai sudah terisi penuh, maka warna lampu LED akan berubah menjadi warna biru.(Di sejumlah merk atau tipe mungkin saja ada perbedaan, tinggal menyesuaikan saja seperti contoh tadi).

Kenapa blender portable tidak mau berputar?

Permasalahan umum pada blender portable adalah seringkali blender ini tidak mau berputar, meskipun masih bisa dicas. Ini termasuk salah satu kekurangan blender portable mengingat dari segi harga juga relatif lebih murah dibanding blender pada biasannya, sehingga lebih rentan terhadap kerusakan atau masalah serupa. Namun kita tetap mendapatkan manfaat kepraktisan dalam penggunananya.

Kenapa blender portable tidak mau berputar ini disebabkan karena baterai yang habis dan karena solder kabel yang putus. Kedua masalah ini merupakan penyebab terbesar yang sering terjadi. Selain itu,

Pastikan baterai masih berfungsi atau tidak. Karena seperti yang kita tahu, blender portable ini menggunakan daya dari baterai. Pada saat terlalu banyak memasukkan bahan makanan ke dalam  blender sedangkan daya baterai sudah lemah, Kita memaksa blender portable bekerja keras hal inilah yang bisa menyebabkan kerusakan pada motor listriknya.

Jika baterainya masih aman tidak ada masalah, penyebab lain bisa karena solder pada blender portable ini retak dan perlu kita perbaiki dengan cara membongkarnya. Ini adalah permasalahan umum pada blender portable, meski begitu agar lebih yakin Anda dapat membawanya ke tempat servis elektronik, atau beli baru sekalian mengingat harga blender portable sendiri juga relatif murah.

Blender portable cocok digunakan sebagai pelengkap bersama keluarga atau teman terdekat. Karena bentuknya yang mini, mudah dibawa kemana saja serta tanpa memerlukan cookkan listrik. Cocok untuk teman saat rekreasi atau perjalanan jauh. Cocok untuk aktivitas di luar sambil grill atau bakar-bakaran.

Namun dengan harga yang relatif murah, selalu ada kelebihan serta kekurangannya. Cara penggunaan blender portable yang tepat dapat membuatnya bisa lebih awet tahan lama.