Cara Menggunakan Blender Philips Agar Hasil Lebih Maximal



Blender menjadi salah satu peralatan yang wajib dimiliki setiap dapur. Sebab, hampir semua hal dapat dibantu oleh blender seperti menggiling cabai dan bumbu lainnya. Dalam ulasan kali ini dirangkum cara menggunakan blender Philips agar penggunaan awet.

Pada dasarnya kegiatan memblender memang sangat mudah. Dimana cukup memasukkan bahan yang hendar diolah dan menekan tombol “on”.

Namun, masih banyak orang tidak dapat menggunakan blender dengan baik dan benar sehingga alat tersebut cepat rusak. Padahal, kita bisa membuat bahan makanan menjadi halus dengan bantuan blender.

Simak artikel kami lainnya tentang cara menghidupkan blender philips, lebih fokus ke cara nyalakan kami ulas dari berbagai seri blender philips.

Cara Menggunakan Blender Philips

Pertama-tama saat mencoba cara menggunakan blender Philips sebaiknya membaca buku panduan terlebih dahulu. Selanjutnya memastikan bahwa setiap bagian blender yang hendak digunakan bersih dan tidak rusak.

Dalam hal ini lakukan beberapa pemeriksaan terhadap komponen blender menggunakan mata telanjang. Pastikan dahulu kondisi blender bagus karena terjamin aman dipakai.

Setelah itu, memasukkan seluruh bahan yang ingin diolah sesuai dengan kapasitas blender. Apabila semua bahan merupakan makanan padat sebaiknya memasukkan sedikit air didalamnya.

Tujuannya agar semua bahan makanan atau bumbbu padat dapat dihaluskan dengan mudah. Beberapa cara aman menggunakan blender sebagai berikut:

Saat mau memblender untuk menghancurkan es batu. Sebenarnya boleh-boleh saja dan aman memakai blender asalkan memasukkan sedikit air. Alhasil, es batu tersebut lebih mudah dihaluskan secara merata.

Campuran air dalam setiap bahan yang hendak diblender berguna untuk melindungi komponen blender itu sendiri. Terutama bagian mata pisau blender yang bekerja untuk menghaluskan.

Apabila Anda nekat tidak menggunakan air maka kemungkinan besar pisau blender menjadi tersangkut. Dapat pula membuat bahan-bahan didalam blender hanya bergerak-gerak saja. Begitulah cara aman menggunakan blender.

Cara menyalakan blender philips 5000 series

Setelah semua bahan dimasukkan maka langsung saja menutup blendernya. Jangan lupa untuk menahan penutupnya menggunakan tangan selama blender dihidupkan.

Umumnya pada bagian tutup blender memiliki suatu lubang dan penutup yang kecil pada bagian tengah. Adapun fungsi lubang tersebut untuk menambah bahan-bahan saat proses memblender berlangsung.

cara menggunakan blender philips 5000 series

Namun, lebih direkomendasikan untuk menutup blendernya. Apabila tidak ditutup menggunakan tangan kemungkinan besar bahan-bahan yang diblender akan menciprat ke berbagai penjuru. Sampai akhirnya mengotori dapur .

Apabila blender Anda tidak dapat bekerja secara normal. Ada kemungkinan bahwa pemasangan blender dengan dudukannya tidak pas.

Akan tetapi jika blender dan dudukannya telah terhubung dengan baik dan pisau masih tidak dapat berputar. Maka kemungkinan besar bagian mesin blender mengalami gangguan.

Demikian cara menghidupkan blender philips, cukup mudah bukan?

Fungsi Tombol pada Blender Philips

Anda dapat mencoba cara menggunakan blender Philips dengan menyalakannya terlebih dahulu. Jangan ragu untuk melakukan eksperimen pada setiap tombol. Disini Anda dapat memilih kecepatan yang pas sesuai dengan bahan-bahan yang hendak diblender.

Ada 5 opsi kecepatan tombol, sehingga dapat mudah mengatur kecepatan berputar blender. Serta ada juga 1 tombol pulse, selain itu ada juga beberapa fitur yang menggabungkan penggunaan fungsi blender dan pluse dijadikan cukup dengan menekan 1 tombol saja.

Sebaiknya setiap kali selesai menggunakan blender langsung dibersihkan. Supaya dapat menjaga kebersihan tabung dan ketajaman mata pisau.

Saat menggunakan ataupun setelahnya tidak boleh meletakkan blender pada permukaan berair. Hal tersebut berpotensi membuat mesin blender rusak dan akhirnya mengalami kemacetan.

Penggunaan Blender Lebih Kreatif

fungsi tombol pada blender philips

Kegiatan memblender bahan makanan menjadi aktifitas menyenangkan di dapur.  Anda pun dapat membuat berbagai menu makanan dan minuman dengan lebih kreatif. Berikut ini rekomendasi bagaimana menggunakan blender Philips secara kreatif.

1. Minuman Viral

Anda dapat memanfaatkan blender Philips untuk membuat minuman kekinian. Misalnya milkshakes, smoothies, cappuccino, gelato, krim dan thai tea. Blender dapat bekerja efektif untuk membuat resep yang manis-manis.

Dimana Anda dapat memasukkan buah, susu, gula, es dan kemudian diblender seluruhnya. Setelah semua bahan tercampur sempurna maka Anda memperoleh minuman maupun makanan manis terlezat.

2. Membuat Sambal Favorit

Siapa sih yang tidak tergiur mencicipi sambal lezat. Kini Anda tidak perlu repot-repot mengulek cabai dan tomat menggunakan gilingan batu.

Pasalnya, blender memudahkan ibu-ibu membuat saus kesukaannya. Misalnya saus geprek, saus bawang, dan saus lainna. Jangan lupa untuk selalu menghaluskan bahan dengan takaran yang tepat agar rasanya juara.

3. Cocktail

Ternyata membuat cocktail kini lebih mudah dengan bantuan blender. Bahkan, cita rasa cocktail yang dibuat melalui proses blander terasa lebih segar.

Cara membuat cocktail tersebut cukup mudah. Anda cukup mencampurkan minuman beralkohol dan es, kemudian menyalakan blender.

4. Menu Sup

Membuat sup rupanya juga memanfaatkan penggunaan blender. Biasanya sup yang dibuat dengan blender memiliki tekstur berbeda.

Sangat cocok untuk membuat produ sup seperti krim. Alhasil, sup yang dibuat menghadirkan citarasa khas yang lezat.

5. Selai dan Mentega

Biasanya blender juga digunakan untuk membuat selai dan mentega sehat. Dalam hal ini yang dimaksud adalah selai serta mentega buatan home made. Sehingga lebih cerdas menghemat uang dan makanan yang dikonsumsi lebih sehat.

6. Parutan Keju

Tak sedikit pula orang menjadikan blender sebagai alat parutan keju, menggiling biji-bijian, dan remahan roti. Dalam hal ini blender dapat digunakan jika kesulitan menghancurkan bahan-bahan tersebut.

Perhatikan untuk tidak memasukkan benda-benda keras ke dalam blender. Contohnya es batu dan biji-bijian. Sebab, jika bahan-bahan makanan keras ini tidak berhasil dihaluskan akan mempengaruhi kinerja blender.

Philips sendiri adalah brand besar yang kuat di produk food dan home improvement. Kami sendiri mengulas secara detail di tulisan philips food processor review, dimana blender philips salah satu yang kami ulas lebih lengkap disitu. Jangan lupa baca ulasannya ya.

Cara Merawat Blender Philips

cara menggunakan blender philips hr 2116

Selain menggunakan blender Philips dengan baik dan benar. Selanjutnya adalah kiat-kiat merawat blender Philips berikut ini.

1. Hindari Mengisi Tabung Blender Terlalu Penuh

Untuk menjaga penggunaan blender tahan lama sebaiknya Anda tidak mengisi tabung blender hingga penuh. Takaran bahan makanan ideal yang hendak diblender adalah volumenya setengah atau seperempat dari tabung. Memblender bahan-bahan makanan terlalu banyak akan membuat mesin cepat panas.

2. Memotong Bahan Makanan Sebelum Diblender

Memang fungsi utama dari blender yakni alat menghaluskan makanan. Tetapi Anda tidak dapat serta merta memasukkan bahan makanan utuh dalam wadahnya.

Pastikan terlebih dahulu memotong semua bahan makanan menjadi bagian-bagian lebih kecil. Hal ini berguna untuk menjaga kinerja mesin blender lebih ringan lagi.

3. Hindari Menggunakan Blender dalam Waktu Lama

Kesalahan yang sering dilakukan masyarakat tanpa disadari adalah menggunakan blender dalam kurun waktu lama.

Apalagi ingin makanan cepat halus, maka orang-orang menyalakan mesin blender terlalu lama. Akibatnya adalah blender cepat rusak. Batas waktu menyalakan mesin blender yakni selama 10-30 menit.

Ingat bahwa merawat blender menjadi hal-hal gampang tetapi sulit. Apabila Anda mengetahui trik perawatannya maka dijamin penggunaan blender lebih awet. Ayo buktikan sendiri di rumah!

Cara Membersihkan Blender Philips

Membersihkan blender tidak sama seperti peralatan memasak lainnya. Apalagi dalam mesin blender digerakkan dengan komponen listrik dan motor.

Cara sama aja baik untuk blender kecil maupun yang besar. Berikut tutorial cara-cara membersihkan blender Philips sebagai berikut.

1. Segera Cuci Blender Usai Digunakan

Banyak orang setelah menggunakan blender akan mendiamkan begitu saja tanpa mencucinya. Padahal tindakan ceroboh tersebut justru membuat wadah blender menjadi beraroma tidak sedap.

Blender yang tercium bau dab kotor menjadi sangat mudah dihinggapi berbagai jenis bakteri. Oleh sebab itu, usahakan selalu mencuci blender usai digunakan.

2. Membersihkan Bagian Wadah Menggunakan Air Mengalir

Sangat penting untuk membersihkan wadah blender menggunakan air mengalir dan sabun. Saat membersihkannya sebaiknya mencabut wadah blender dari mesinnya.

Ingat untuk selalu menggunakan air mengalir. Untuk bagian mesin blender tidak boleh dicui melainkan di lap pada bagian laurnya.

3. Mengeringkan Blender Setelah Dibersihkan

Setelah dirasa blender selesai dibersihkan maka tiba saatnya mengeringkan. Bagian yang paling penting untuk dikeringkan adalah blender beserta tutupnya.

Fungsi mengeringkan blender setelah dicuci agar tidak menurunkan performa mesin, wadah, dan pisau blender.

Bagian Blender Philips

  • Blender
  • Tabung
  • Gelas untuk bepergian
  • Perajang multiguna
  • Kabel power
    Dus
  • Buku manual
  • Kartu garansi