cara memakai baking pan

Tutorial Cara Menggunakan Baking Pan untuk Membuat Aneka Kue



Mungkin beberapa ibu-ibu muda dirumah belum paham betul bagaimana cara menggunakan baking pan. Umumnya, baking pan ini digunakan untuk membuat aneka kue seperti kue bolu. Sehingga, model adonan kue bolu akan terlihat bulat secara merata.

Cara memakai baking panini cukup mudah. Namun, rata-rata ibu muda yang belum tahu cara penggunaannya kerap merasa bahwa adonan mudah lengket dengan bagian pinggir baking pan. Ada beberapa tips untuk mengatasi segala kesulitan yang Anda alami saat memasak aneka kue menggunakan baking pan. 

Cara Menggunakan Baking Pan yg Benar untuk Membuat Kue Bolu

  • Membersihkan Baking Pan

Langkah pertama, silahkan membersihkan baking pan terlebih dahulu setelah membeli alatnya. Sebab, bisa saja terdapat sisa-sisa debu atau kotoran yang menempel pada baking pan.

Cara membersihkannya cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan sabun dan gosok perlahan di bagian dalam baking pan. Setelah itu, bilas baking pan dengan air bersih. Pastikan tidak ada sisa sabun di dalam bankin pan. 

  • Cara Pakai Baking Pan untuk Membuat Adonan Kue Bolu

Langkah kedua, segera buat adonan kue bolu. Anda dapat memasukkan beberapa bahan dalam satu wadah. Kemudian, aduk secara merata menggunakan mixer. Tunggu hingga kalis. 

Bagi Anda yang belum tahu cara menggunakan baking pan, maka pelajari tips yang satu ini. Tipsnya adlah lumuri sisi-sisi teflon baking pan dengan mentega dan tepung. Tujuannya agar kue bolu tidak menempel pada teflon baking pan.

Pastikan semua telah terlapisi engan mentega dan tepung. Lalu, masukkan adonan kue bolu ke dalam cetakan baking pan secara perlahan. Jangan sampai mengisi adonan ke baking pan hingga penuh. Hal tersebut dapat menyebabkan kue terlalu mengembang.

  • Menyiapkan Kompor

Langkah ketiga, silahkan siapkan kompor untuk proses pemanggangan. Jadi, seteleh adonan disiapkan, maka siapkan kompor dengan nyala api kecil. Taruh baking pan diatas kompor dengan nyala api kecil. Tunggu sekitar 15 menit hingga 20 menit.

Tutorial Cara Menggunakan Baking Pan Untuk Membuat Aneka Kue

Ketahui juga pengertian baking paper, alat khusus yang membuat makanan menjadi lebih enak.

Terdapat lubang kecil untuk melihat apakah adonan kue bolu telah matang atau belum. Jika adonan telah matang, maka angkat baking pan dan taruh di tempat kering. Kemudian, diamkan beberapa menit hingga baking pan tidak terlalu panas. Jika telah matang, pindahkan kue bolu ke wadah yang telah disiapkan sebelumnya.

Keuntungan Menggunakan Baking Pan dibanding Microwave dan Oven

Ada berbagai keuntungan yang Anda rasakan ketika memasak kue menggunakan baking pan. Salah satunya keuntungannya adalah lebih hemat biaya. Jika dibandingkan dengan menggunakan microwave atau oven, cara pakai baking pan saat memasak kue bolu ini tentu lebih murah dan praktis. 

Anda hanya perlu mengukus adonan kue bolu diatas kompor. Sedangkan, memasak menggunakan microwave atau oven tentu membutuhkan tegangan listrik cukup tinggi. Selain itu, cara menggunakan baking pan ini lebih safety dan dapat dicek kapanpun, ini berbeda dibanding menggunakan microwave untuk memanggang kue.

Berbeda dengan microwave atau oven yang tingkat safety cukup kurang. Tangan Anda bisa saja terkena panas wadah microwave atau oven. Jadi, Anda harus menggunakan sarung tangan khusus ketika mengambil adonan dari dalam microwave atau oven.

Keuntungan selanjutnya, harga dari baking pan ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan microwave maupun oven. Harga baking pan ini cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp. 200.000 hingga Rp. 300.000. Sedangkan, untuk harga microwave dan oven ini diatas satu juta rupiah.

Keuntungan lainnya, baking pan ini sangat mudah dibersihkan setelah digunakan untuk memasak kue bolu. Anda hanya perlu membersihkan loyang pan dengan menggunakan kasa dan sabun. Setelah itu, alirkan dengan air bersih agar sisa bahan kue dapat terangkat.

Sedangkan, memasak kue bolu menggunakan microwave dan oven ini lebih sulit. Sebab, Anda harus membersihkan sisa-sisa adonan yang tercecer di sekitar microwave dan oven. Jika Anda tidak teliti, maka sisa adonan akan merusak peralatan memasak elektronik untuk membuat kue bolu dan jenis kue lainnya.

Cara Merawat Baking Pan agar Tidak Berkarat

Tutorial Cara Menggunakan Baking Pan Untuk Membuat Aneka Kue

Setelah mengetahui cara menggunakan baking pan, maka jangan lupa untuk mempelajari cara merawatnya. Sebab, banyak ibu-ibu muda juga belum tahu betul bagaimana cara merawat baking pan gar tidak berkarat.

Jika berkarat, maka baking pan tentu tidak dapat digunakan kembali untuk memasak beragam jenis kue, termasuk kue bolu. Untuk meminimalisir kerusakan pada banking pan akibat munculnya karat, maka ketahui cara perawatannya agar dapat digunakan memasak kue bolu kembali. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Selalu Membersihkan Baking Pan Setelah Digunakan

Cara pertama, jangan pernah menunda-nunda untuk membersihkan baking pan yang telah digunakan memasak. Sebab, hal tersebut dapat membuat baking pan berkarat karena terlambat membersihkan baking pan.

  • Simpan di Tempat yang Lembab

Cara kedua, simpan baking pan di tempat yang lembab. Jangan lupa, masukkan kembali baking pan yang telah dicuci bersih ke daam kardus. Jadi, cara menggunakan baking pan yang bersih adalah dengan menyimpannya di tempat lembab agar tidak menimbulkan jamur, debu, atau karatan.

  • Gosok Bagian Baking Pan yang Terlihat Gosong

Cara ketiga, gosok bagian baking pan dengan menggunakan kasa di bagian bawah. Sebab, bagian bawah baking pan tentu terlihat gosong karena terkena api kompor secara langsung.

Maka dari itu, gosok hingga bersih agar baking pan tidak terhitang gosong secara permanen. Bagian bagian baking pan sendiri ada alas, panci dan penutupnya. Semua wajib dirawat dengan cermat. 

Cara Memanggang Bolu dengan Baking Pan & Tips Memilih Baking

Memang, ada berbagai jenis baking pan yang terbuat dari beberapa material. Semakin bagus material baking pan yang digunakan, maka semakin mahal pula harga satu unit baking pan di pasaran. 

Akan tetapi, penggunaan baking pan dengan material premium ini mudah dibersihkan dan tidak mudah gosong. Hanya saja, harga banderol dari baking pan premium ini cukup mahal jika dibandingkan dengan material biasa.

Anda tak perlu khawatir, cara memanggang bolu dengan baking pan, dengan yang model biasa atau yang premium ini tidak jauh berbeda. Letak perbedaannya ada pada hantaran panas yang dihasilkan dan cara perawatannya saja.

Umumnya, baking pan menggunakan jenis aluminium. Baking pan yang terbuat dari aluminium ini cukup terjangkau. Sedangkan, untuk baking pan yang terbuat dari bahan stainless steel ini dibanderol cukup mahal. 

Sebab, bahan tersebut mampu menghantarkan panas secara sempurna dan mudah untuk dibersihkan. Bila Anda tidak memiliki cukup uang, maka gunakan baking pan yang terbuat dari bahan aluminium. Jika memiliki dana lebih, maka gunakan baking pan yang terbuat dari stainless steel.

Beberapa ibu-ibu muda memang belum paham betul bagaimana cara memasak kue bolu menggunakan baking pan. Selain mempelajari cara menggunakan baking pan, kami sarankan Anda juga harus mempelajari bagaimana cara merawatnya agar tidak berkarat.