cara menggoreng ikan

Cara Menggoreng Ikan dengan Sedikit Minyak

Posted on

Olahan ikan merupakan solusi menu makanan yang lezat dan kaya kandungan gizi. Salah satunya, ikan goreng. Tak heran, banyak orang menjadikan ikan sebagai makanan favorit, baik dari kalangan anak-anak, orang dewasa, hingga orangtua. Namun, sayangnya cara menggoreng ikan yang benar ini masih belum banyak diketahui orang.

Sekilas, menggoreng ikan memang nampak mudah. Kenyataannya, banyak orang mengalami kesulitan dan melakukan beberapa kesalahan teknik menggoreng sehingga menyebabkan ikan lengket di wajan, tidak renyah, keras, bahkan meletup dan muncrat ke badan.

Teknik bisa kita aplikasikan ke beragam jenis ikan, pilih ikan jenis salmon, tongkol, cakalang, cue, bandeng, wader, bawal, mujair, nila, patin, ikan teri, jambal roti, jambrong, kembung, pindang, gabus, gurame & lele.

Nah, biar pengalaman tersebut tidak terulang kembali, Anda dapat mengikuti cara menggoreng ikan agar tidak lengket berikut ini.

  1. Tips menggoreng ikan agar enak, rendam ikan di bumbu

Step pertama yaitu dengan merendam ikan ke dalam bumbu terlebih dulu, tunggu menyimpan ikan selama 1-2 jam. Tujuannya untuk meminimalisir ikan lengket dan meletup saat digoreng nanti.

Selain itu, terendamnya ikan dalam kurun waktu tersebut akan menghasilkan cita rasa yang jauh lebih gurih dan renyah serta tidak keras, karena bumbu meresap ke daging dengan baik.

Tips agar tidak lengket, gunakan produk original, baca artikel kami tentang ciri-ciri happy call asli, teliti sebelum membeli. Benar-benar keren lo tipsnya.

  1. Pastikan alat penggorengan (wajan) dalam keadaan bersih

cara menggoreng ikan

Sebelum mulai penggorengan, tips ini tidak hanya untuk menggoreng ikan, terlebih dahulu pastikan wajan atau alat penggorengan sejenisnya dalam kondisi kering dari air maupun sisa minyak masakan lain.

Pasalnya, faktor paling umum yang menyebabkan minyak meletup karena masih ada air dalam penggorengan tersebut.

  1. Tuang minyak dalam alat penggorengan (wajan);

Selanjutnya, tuangkan minyak goreng ke dalam penggorengan. Daripada mengetahui cara menggoreng ikan dengan sedikit minyak, sebaiknya cari tahu cara menggoreng ikan yang jumlah minyaknya cukup pas, yaitu sekitar sepertiga ukuran penggorengan.

Alasannya, minyak akan naik ke permukaan saat suhu semakin panas. Apabila minyak banyak, maka akan semakin meluap dengan mudah.

Sementara, minyak terlalu sedikit, dikhawatirkan tidak mampu memaksimalkan hasil masakan ikan kita.

Jika ingin tanpa minyak sama sekali, Anda bisa menggunakan teknik grill, apa itu grill? simak penjelasannya di link tersebut ya.

  1. Pastikan minyak sudah panas;

Sebelum memasukkan ikan ke dalam alat penggorengan, pastikan dulu minyak saat menggoreng sudah dalam kondisi panas.

Sebab, jika Anda nekat memasukkan ikan ke dalam minyak yang belum panas, kemungkinan besar ikan jadi mudah meletup, lengket, bahkan hancur.

Tidak hanya itu, minyak goreng yang kurang panas akan terserap banyak oleh ikan. Minyak panas menjadi penentu kunci ikan goreng crispy. Baru masukkan ikan ke dalam wajan, tunggu hingga matang sempurna.

  1. Tambahkan sedikit perasan lemon, garam, tepung terigu, atau jahe;

Tips bagi Anda yang ingin terhindar dari lengket dan letupan saat memasak ikan yaitu dengan menambahkan sedikit perasan lemon, garam, terigu, atau jahe ke dalam minyak penggorengan.

Tenang saja, jahe tersebut tidak akan terasa pada masakan Anda. Justeru ini yang bisa membuat ikan agar lebih mantap rasanya.

Simak juga artikel kami tentang: mau beli rumah tanpa riba simak caranya disini

Justru, keberadaan jahe atau tepung terigu tersebut berfungsi untuk menyerap kandungan air sehingga minyak maupun ikan tidak akan meletup saat menggoreng ikan.

  1. Balik ikan saat sudah cukup kering;

Salah satu kesalahan umum yang kerap terjadi saat seseorang baru belajar memasak adalah membolak-balik makanan saat menggoreng ikan.

Padahal, hal tersebut berpotensi menyebabkan minyak meletup, lengket, dan masakan hancur. Lalu, sebaiknya berapa lama menggoreng ikan harus segera dibalik?

Tentu saja tergantung kondisi ikan tersebut, apakah sudah cukup kering pada bagian bawah atau belum? Jika sudah, Anda bisa segera membaliknya supaya ikan dapat matang secara merata.

Anda juga bisa pakai wajan antilengket premium, baca artikel kami tentang review carote pan, teliti dulu sebelum memutuskan beli ya.

    1. Pastikan ikan goreng telah matang

Periksa apakah ikan sudah matang atau belum dengan ciri-ciri warna daging bagian tengah keruh. Apabila masih liat dan warna daging masih cerah, tunggu beberapa saat lagi.

Ingat, kondisi api harus dalam suhu sedang agar ikan tidak mudah gosong ya!

Setelah matang, angkat ikan dari penggorengan dan letakkan di atas piring untuk disajikan. Sangat mudah bukan, cara goreng ikan di atas? Selamat memasak ya!