Cara Mengatur Suhu pada Kulkas Aqua, Mudah dan Cepat

Mengatur suhu pada kulkas adalah hal yang sangat penting. Ini berfungsi untuk menjaga makanan atau minuman di dalamnya aman dikonsumsi karena awet, tahan lama tidak cepat busuk. Terdapat sedikit perbedaan pada pengaturan suhu kulkas 1 pintu dengan 2 pintu. Sehingga ini jadi petunjuk penting bagi Anda yang ingin mengatur suhu pada kulkas Anda!

Pilih Kulkas 1 pintu atau 2 pintu?

Pilihan kulkas paling banyak terbagi antara kulkas 1 pintu atau 2 pintu. Kulkas 2 pintu memiliki kapasitas cooler dan freezer lebih besar sehingga makin banyak makanan minuman yang bisa disimpan. Sedangkan pada kulkas 1 pintu lebih hemat listrik dan harganya lebih terjangkau. Namun semua pilihan ada plus minusnya, lagipula yang  terpenting adalah bagian cooler dan freezer untuk menyimpan makanan.

Ada sebagian yang menganggap freezer atau kompartemen pembeku adalah bagian dari kulkas.  Namun sebagian lain menganggap bahwa bagian kulkas itu hanya cooler (pendingin) saja. Sedangkan freezer adalah sebutan tersendiri karena suhunya yang lebih dingin dibandingkan cooler dan lebih diandalkan sebagai tempat penyimpanan makanan yang  lebih lama. Agar lebih efektif, berikut pengaturan suhu dingin pada kulkas 1 pintu maupun 2 pintu dari brand kulkas Aqua!

Pengaturan suhu kulkas aqua 1 pintu

 Pengaturan suhu kulkas aqua 1 pintu 

Kulkas 1 pintu sangat populer digunakan. Kulkas ini memiliki bagian pendingin dan pembeku yang menyatu dalam kulkas, dengan sekat pemisah. Hanya dengan sekali buka saja maka Anda dapat mengakses kedua bagian tersebut dengan bersamaan.

Aqua merupakan sebuah brand alat elektronik yang berasal dari Jepang. Untuk cara pengaturan suhu pada kulkas Aqua  pintu ini terbilang cukup mudah. Yang pertama, ketahui terlebih dahulu arti dari tombol-tombol pengaturan suhunya! Sample dari Kulkas Aqua aqr D190:

  • Min :posisi minimal , proses pendinginanya lambat tapi membuat kerja kulkas lebih efisien . Namun tentunya Anda memerlukan waktu yang lebih lama saat membekukan air dalam frezer.
  • 1-2 : proses pendinginannya lebih cepat dari posisi min dan tetap hemat listrik karena penggunaan compressornya rendah.
  • 3-4: posisi yang ideal, karena antara penggunaan listrik dan waktu pendinginannya seimbang
  • 5-6 : proses pendinginannya makin cepat namun pemakaian daya listriknya juga makin besar
  • Max :posisi maksimal, compressor bekerja maksimal untuk mendinginkan/ membekukan, namun daya listriknya paling besar di antara semua tombol pengaturan.

Jadi, itulah tadi pengaturan suhu pada salah satu tipe kulkas Aqua 1 pintu. Untuk memilih pengaturan terbaik, bisa Anda setel ke tombol 3-4 karena seimbang antara proses pendinginan dan konsumsi dayanya.

Ini juga bisa menyesuaikan dengan keadaan! Apabila isi kulkas normal, maka pilih posisi 3-4, jika kulkas penuh : 5-6 agar pendinginan makananya yang banyak, lebih cepat. Dan sebaliknya, jika isi kulkas tidak terlalu penuh, cukup pilih posisi 1-2 atau min agar daya listrik lebih hemat.

Cara mengatur suhu kulkas aqua 2 pintu

Cara mengatur suhu kulkas aqua 2 pintu

Merk Aqua termasuk merk baru, walaupun dulunya adalah merk alat elektronik yang berganti, dari awalnya Sanyo menjadi Aqua. Karena cukup baru, maka sebagian konsumen masih bingung bagaimana cara pengaturan suhu pada kulkas ini terutama yang model 2 pintu.

Pada kulkas Aqua 2 pintu terdapat 2 pengaturan suhu yang berbeda. Yakni pengatur suhu freezer dan suhu ruangan refrigerator. Kedua pengatur suhu ini berada di dalam isi kulkas, jadi perlu membuka pintu untuk mengatur suhu pada kulkas ini.

  • Cara mengatur suhu freezer : untuk cara mengaturnya dengan menggeser knop yang posisinya di sisi kanan box pembuat es. Di atas knop tersebut terdapat deretan angka dari 1 sampai 7 yang menunjukkan level suhu dinginnya. Geser knopnya ke kanan atau ke kiri untuk mengatur suhu freezernya! Semakin ke kanan maka semakin dingin freezernya. Tinggal sesuaikan dengan pola yang sama seperti tombol di kulkas Aqua 1 pintu tadi.
  • Cara mengatur suhu ruangan refrigerator : Ruangannya berada di bagian pintu bawah pada kulkas. Knop ini sering disebut dengan thermostat. Sama seperti sebelumnya, suhu diatur dengan cara memutar knop.  Knop pengatur suhu ini mempunyai level suhu dari angka 1 sampai 7(putaran paling kanan), dengan suhu ideal di level 3 atau 4.

Suhu pada kulkas Aqua juga dapat diatur melalui layar sentuh dan tentunya ini lebih praktis karena tanpa harus membuka pintu kulkas. Sentuh tombol ‘compartement’ lalu pilih ruangan mana yang hendak diatur suhunya. Jika sudah, atur suhu dengan menekan tombol temperature. Selanjutnya informasi tingkatan suhu akan ditampilkan pada display.

Buku panduan kulkas aqua 1 pintu

Pilih Kulkas 1 pintu atau 2 pintu

Apabila Anda masih ragu, maka dapat membaca buku panduan pada kulkas Aqua 1 pintu. Pada buku panduan ini Anda akan mendapatkan informasi mengenai cara pemasangan, cara mengatur suhu , bagian-bagian kulkas, cara membersihkan dan informasi umum lainnya.

Sesuai dengan buku petunjuk, mengatur suhu pada kulkas itu sangat penting. Kita juga perlu mengetahui suhu normal pada kulkas. Ketentuan pengaturan suhu kulkas yang benar adalah:

  • Suhu freezer -18 derajat celcius
  • Suhu refrigerator 4 derajat celcius
  • Suhu chiller antara 0 hingga 3 derajat celcius

Jika pengaturan suhu kurang sesuai misal suhu pada refrigerator kurang dingin, maka sangat memungkinkan bakteri dan jamur akan tumbuh, dan membuat kualitas bahan makanan yang disimpan menjadi berkurang. Bahkan bisa saja membahayakan kesehatan. Selain itu pengaturan suhu yang tidak tepat akan membuat daya listrik di rumah makin boros.

Buku panduan kulkas aqua 2 pintu

Sama seperti pada kulkas 1 pintu, kulkas Aqua 2 pintu juga mempunyai buku panduan yang bisa Anda baca untuk memahami beberapa istilah dari Aqua Japan, yang mungkin masih asing Anda dengar, salah satunya mungkin chest freezer.

Chest freezer ini adalah alat yang digunakan untuk membekukan makanan seperti daging, es krim hingga ASI.  Alat ini berbentuk persegi panjang atau kotak kubus dan mampu membekukan hingga suhu -10 sampai -30 derajat celcius. Sensor chest freezer ini berada di bagian luar pojok bawah pada freezer.

Pada chest freezer kulkas Aqua ini terdapat fitur digital temperature control. Di antaranya:

  • Tropical climate change: Fungsinya untuk menjaga suhu di dalam chest freezer agar tidak terpengaruh dengan suhu yang ada di luar ruangan.
  • Fitur 48 hours : fungsinya menjaga makanan tetap higienis hingga 48 jam stelah alat dimatikan.
  • Super fast freezing : berfungsi memastikan suhu yang diatur pada lewat panel digital temperature control, sama dengan suhu dalam chest freezer.

Kini Anda dapat memahami pentingnya pengaturan suhu pada kulkas Aqua baik yang 1 pintu ataupun 2 pintu. Anda juga dapat mengatur suhunya dengan mudah, dan pastikan pengaturannya benar dan aman sesuai petunjuk penggunaan.

Add a Comment

Your email address will not be published.