cara mengatasi gas tidak naik ke kompor

Cara Mengatasi Gas Tidak Naik ke Kompor dengan Mudah

Posted on

Kompor yang tidak mau menyala dapat disebakan oleh gasnya yang tidak mau naik ke kompor! Namun Anda tidak perlu khawatir jika mempunyai probem seperti ini, karena sejumlah cara mengatasi gas tidak naik ke kompor, bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan ini!

Cara Mengatasi gas tidak naik ke kompor

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah gas tidak naik kompor!

1. Pasang Regulator Gas dengan benar!

Regulator adalah komponen penting yang berfungsi mengatur kinerja gas agar tidak terjadi kebocoran. Jika gas tidak mau menyala, periksa kembali apakah pemasangan regulator gas sudah benar atau belum!

Penyebab paling umum mengapa kompor tidak mau menyala bisa jadi karena adannya sumbatan pada regulator gas, karena itulah masalah pada regulator gas ini perlu diatasi paling awal!

Untuk cara mengatasinya, yang harus dilakukan pertama kali ini adalah dengan mencopot regulator gasnya! Kemudian ketuk-ketukkan bagian bawah pada regulator! Lalu pasang kembali regulator gasnya! Pastikan regulatornya tidak goyang dan tidak keluar bunyi mendesis!

Kemudian ketuk-ketukkan lagi pada bagian ujung regulaor yang terhubung dengan selang gas,ketuk sebanyak  3 sampai 4 kali! Hal ini bertujuan untuk membuat gas mau ‘berjalan naik’ ke kompor! Kalau perlu, goyang-goyangkan juga selang gasnya! Sehingga regulator dapat kembali berfungsi dengan baik, yakni mengontrol keluar masuknya gas yang berada di dalam tabung menuju ke kompor gas.

Ketukan ini juga dapat mengembalikkan bola gotri ke posisi semula. Karena sering kali lubang ventilator gas terhambat karena adanya bola gotri atau pelor yang tidak berada di posisi semestinya.

Jika sudah, maka cobalah untuk kembali menyalakan kompor gasnya! Apakah sudah berhasil atau belum? Trik ini berhasil dicoba pada channel Youtube Davar Pedia! Dan semoga trik ini juga berhasiil Anda coba di rumah!

2. Perhatikan selang gasnya

Jika ternyata tidak ada masalah pada bagian regulator gasnya, maka  Anda bisa mencoba menecek pada bagian selang gasnya! Selang gas mempunyai fungsi penting untuk menyalurkan gas menuju ke kompor, sehingga jika terjadi masalah pada selang gas ini, maka dapat menyebabkan kompor tidak mau menyala!

Untuk mengecek apakah terjadi kebocoran atau tidak pada selang gasnya, Anda dapat mencium apakah ada bau menyengat pada gas atau tidak! Apabila tercium bau khas seperti pada gas, berarti memang terjadi kebocoran pada selang gas. Untuk itu, Anda perlu mengganti selang gasnya agar kompor dapat menyala kembali.

Baca juga tips kami tentang cara memasak nasi di kompor

3. Perbaiki Knop pada Kompor Gas

Knop pada kompor berfungsi untuk memantik api supaya dapat menyala. Cara kerjanya dengan memutar knop untuk membuka nyala api pada kompor. Nah, knop yang bermasalah juga bisa menyebabkan api pada kompor tidak mau menyala.

Untuk cara memperbaiki knopnya, adalah dengan membersihkan spuyer yang ada pada knop. Spuyer berfungsi untuk mengatur besar atau kecilnya aliran pada gas! Apabila bagian ini kotor, maka akan membuat aliran gas tidak lancar, sehingga mengakibatkan api pada kompor tidak menyala dengan maksimal.

Untuk cara membersihkan spuyernya, buka terlebih dahulu pada bagian knop dengan menggunakan tang atau kunci dengan ukuran yang sesuai! Kemudian bersihkan bagian spuyer ini, lalu pasang kembali knopnya. Jika sudah, maka cobalah untuk menyalakan kompor gasnya!

4. Perbaiki Pemantik Kompor gasnya

Pemantik kompor juga bisa dicurigai sebagai penyebab mengapa api tidak mau menyala.  Karena memang fungsi pemantik adalah untuk menyalakan api pada kompor. Penyebab pemantik tidak mau menyalakan api bisa karena adannya kerak yang meyumbat pemantik tersebut. Oleh karena itu, kerak-kerak atau kotoran yang ada pada ujung pemantik tersebut perlu dibersihkan! Jika kerusakan tersebut sudah sulit untuk ditolong, maka Anda bisa menggantinya dengan yang baru!

5. Bersihkan komponen pada kompor

Lagi-lagi masalah kerak dapat membuat api tidak mau menyala, kali ini adalah kerak pada bagian kompor. Kerak kotoran dapat muncul pada bagian kompor menyeluruh. Buka penutup pada kompor, lalu bersihkan komponen-komponen yang ada di dalamnya!

Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan air panas, jeruk nipis, minyak tanah, cuka apel hingga larutan backing soda. Gunakan kain lalu celupkan ke bahan-bahan tersebut , lalu mulai bersihkan agar kerak-kerak kotoran di bagian dalam kompor dapat dihilangkan, sehingga api diharapkan bisa kembali menyala.

Selain itu, bersihkan pula bagian burner pada kompor! Api tidak mau naik ke kompor, salah satunya dapat disebabkan adannya gangguan pada aliran gas yang menuju ke tungku kompor alias burner. Untuk membersihkan burner yang sudah terlihat sangat kotor terutama pada bagian lubang burnernya, maka Anda bisa menggunakan jarum, kawat kecil atau sikat.

Kemudian pastikan pula burner dan dudukannya sudah terpasang dengan benar, karena ini akan mempengaruhi kelancaran aliran gas.

Baca juga artikel kami tentang: model dapur kompor tanam

Nah, itulah beberapa penyebab serta cara mengatasi gas tidak naik ke kompor. Apabila sudah melakukan perbaikan dengan cara-cara di atas namun masih belum teratasi dengan baik, maka Anda bisa membawa kompor gas Anda ke tukang service kompor  gas untuk upaya perbaikan yang lebih maksimal.