Cara Menanak Nasi di Magic

Cara Menanak Nasi di Magic Com Agar Tidak Kering & Lembek

Posted on

Magic com memberi Anda pengalaman baru memasak yang lebih mudah dan praktis. Namun terkadang nasi yang dihasilkan terlalu kering atau malah sebaliknya terlalu lembek! Selain membuat rasannya jadi kurang nikmat, ini juga bisa menyebabkan nasi menjadi cepat basi! Lantas bagaimana cara menanak nasi di magic com yang baik dan benar supaya nasi yang dihasilkan pulen, lezat serta tidak kering tidak juga terlalu lembek?

Cara memasak nasi di magic com agar tidak kering dan lembek

Cara menanak nasi di magic com adalah sebagai berikut:

  1. Mengetahui jenis beras yang akan dimasak!

    Penting untuk diketahui bahwa setiap beras memiliki perbedaan kualitas, sehingga takaran airnya tidak bisa sama semua, karena hasilnya bisa terlalu lembek atau terlalu keras! Untuk itu penting mengetahui jenis beras apa yang akan dimasak pada magic com.

  2. Mencuci beras

    Ini masih tahap umum memasak beras pada umumnya, yaitu dengan membilas atau mencucinya terlebih dahulu agar bersih. Bilas beberapa kali, jangan terlalu banyak agar kandungan nutrisi beras tidak banyak yang hilang. Lalu masukkan ke wadah panci magic com!

  3. Menakar banyaknya air pada beras

    Takaran beras harus pas, agar nasi yang dihasilkan nantinya tidak terlalu lembek karena kebanyakan air atau terlalu keras karena kurang air.

  4. Masukkan panci ke magic com

    Lama nasi di magic com

  5. Tutup magic com

    Jangan lupa setel pengaturan cooking pada magic com. Dengan cara mengangkat tombol yang ada di depan. Lalu tunggu sampai matang! Apabila sudah matang, magic com akan berpindah dari mode cooking (memasak) menjadi mode warming atau menghangatkan!

  6. Selesai

    Sangat mudah bukan cara memasak nasi di magic com?Lalu bagaimana supaya hasilnya tidak kering dan tidak lembek? Simak tipsnya berikut.

Tips Memasak Nasi di Magic com agar tidak lembek dan nikmat

Tidak hanya sekedar memasaknya saja, beberapa hal perlu Anda perhatikan supaya nasi yang dimasak terasa pulen atau tidak lembek juga tidak terlalu keras, apa saja itu?

Takaran air memasak dengan jari

Ukuran takaran air memasak nasi dengan jari adalah 1 sampai 1,5 cm atau sebatas kuku jari Anda. Ini adalah ukuran yang ideal membuat tekstur nasi menjadi pulen pas. Perbedaan kualitas tiap beras menentukan jumlah air, maka takarannya mungkin saja sedikit berbeda.

Yang pertama adalah pastikan takaran air pada beras itu tepat, karena ini nanti yang akan menentukan nasi tersebut pulen tidak lembek ataupun tidak terlalu kering. Lalu berapakah takaran air yang ideal saat memasak nasi?

Takaran air memasak dengan jari

Namun jika dirasa masih terlalu keras, Anda bisa menambahkan sedikit air lagi. Umumnya pada saat pembelian, Anda akan mendapatkan gelas penakar dari produk magic com yang Anda beli, lengkap dengan saran takaran pada buku petunjuknya. Jadi Anda tinggal mengikutinya saja.

Lama nasi di magic com

Lama memasak nasi di magic com dari beras sampai matang yaitu antara 25 hingga 35 menit. Aturan waktu lama nasi di magic com adalah sampai 12 jam kemudian. Jadi 12 jam adalah batas yang disarankan, lebih dari itu sebaiknya nasi jangan dikonsumsi lagi, lebih baik memasak lagi yang baru.

Lama waktu memasak menentukan tingkat kematangan pada nasi. Anda tidak perlu menunggu proses pematangan saat memasak nasi di magic com, karena magic com sudah otomatis memasak nasi sampai matang. Dengan waktu yang relatif singkat tersebut, Anda sekeluarga sudah bisa makan dengan nikmat.

Jangan Membuka tutup magic com

Salah satu kebiasaan yang harus dihindari saat memasak nasi adalah jangan membuka tutup magic com pada saat proses memasak nasi sedang berlangsung. Karena ini akan membuat uap nasi gampang keluar, sehingga membuat waktu memasaknya menjadi lebih lama. Ini juga akan membuat nasi tidak bisa matang sempurna karena udara yang masuk bisa membuat nasi menjadi kering.

Mengaduk Nasi setelah matang

Agar tekstur yang dihasilkan pada nasi pulen merata, Anda bisa mengaduk-aduk nasi dengan centong sesaat sesudah matang. Ini juga bisa membuat nasi pada bagian bawah tidak menjadi kering yang membuatnya bisa susah dibersihkan setelah pemakaian.

Anda juga bisa menambahkan sedikit garam pada nasi supaya membuatnya nikmat agak gurih, namun jangan terlalu banyak karena bisa membuat rasa nasi terlalu asin, apalagi jika dikombinasikan dengan rasa lauknya.

Perbedaan memasak nasi di magic com dan rice cooker

Selain magic com, alat elektronik lain yang memiliki fungsi memasak nasi sekaligus menghangatkanya adalah rice cooker! Apakah ada perbedaan cara memasak antara magic com dengan rice cooker?

Tidak ada perbedaan yang signifikan di antara keduanya, magic com serta rice cooker sama-sama dapat digunakan memasak nasi dengan cara yang sama, walau fitur magic com lebih lengkap karena sekaligus bisa digunakan untuk mengukus atau merebus makanan.

Namun dengan berbagai inovasi, rice cooker saat ini juga mempunyai fitur kemampuan yang tak kalah dengan magic com bahkan menyamainya.

Simak juga bagaimana mudahnya memasak bakso dengan menggunakan blender daging bakso

Merk magic com agar nasi tidak kering

Salah satu pertimbangan terbaik dalam membeli magic com adalah kelengkapan fitur serta bahan materialnya. Dengan memilih merk magic com yang tepat, maka magic com yang Anda beli bisa awet serta tidak mudah kering saat digunakan memasak nasi. Berikikut beberapa rekomendasi merk magic com pilihan!

Rekomendasi merk magic com terbaik agar nasi tidak kering adalah sebagai berikut:

1. Miyako

Miyako adalah salah satu produk elektronik rumah tangga yang popular. Ini bisa jadi salah satu pilihan utama Anda dalam memilih magic com terbaik. Salah satu rekomendasinya adalah Miyako MCM 508 BTK.

Seri ini memiliki daya penampungan hingga 1,8 liter! Selain fungsi 3 in 1 yang ditawarkan antara lain memasak nasi sekaligus menghangatkannya serta fungsi untuk mengukus makanan. Dengan adannya fitur-fitur ini membuat panas yang dihasilkan sempurna, sehingga kematangan nasi terasa lebih pas.

2. Phillips

Philiips juga salah satu produsen alat elektronik ternama. Untuk produk magic com Anda bisa memilih seri Phillips HD 4515. Seri ini mempunyai fitur 3D smart, membuat panas nasi yang dihasilkan bisa merata. Keunggulan lain adalah kualitas panci yang membuatnya aman dari campuran aroma masakan lain.

3. Cosmos

Cosmos menawarkan beberapa fitur unggulan dalam seri magic comnya. Salah satunnya adalah Cosmos Harmond CRJ 6601. Seri ini menawarkan panci kuat anti gores serta anti lengket! Dengan keunggulan ini membuat kemungkinan nasi menjadi kering semakin rendah. Selain itu nasi juga jadi terbebas dari bahan berbahaya. Disamping juga dapat menghemat daya listrik!

Anda juga bisa memilih beberapa merk lain di pasaran seperti Young Ma, Panasonic , Maspion dan sebagainya.
Baca juga artikel kami tentang: petunjuk penggunaan kompor gas

Nah, ternyata cara menanak nasi di magic com itu mudah, bukan? Yang terpenting adalah cara penggunaan yang tepat! Agar menghasilkan nasi dengan tekstur yang pas, sejumlah tips seperti di atas harus dijalankan, supaya nasi yang dihasilkan tidak sekedar matang, tetapi teksturnya pas pulen sehingga akan menambah selera makan Anda! Jangan sampai terlalu kering atau malah kelembekan karena akan membuat nasi kurang nikmat untuk disantap, sehingga akan terbuang sia-sia.