Cara Menambal Stainless Steel
Yuk Simak Cara Menambal Stainless Steel

Yuk Simak Cara Menambal Stainless Steel, Anda Wajib Tahu!

Posted on

Beberapa peralatan rumah tangga memang terbuat dari stainless steel. Apabila alat tersebut berlubang atau rusak, maka ketahui cara menambal stainless steel. Sebab, menambal alat rumah tangga yang terbuat dari stainless steel ini butuh keahlian khusus.

Jika tidak, maka proses pengeleman stainless steel yang tampak bolong atau rusak ini tidak dapat dilakukan. Alhasil, panci atau peralatan rumah tangga tidak dapat digunakan kembali karena terlihat bolong atau rusak permanen.

Umumnya, terdapat jasa tambal panci yang terbuat dari bahan stainless steel. Namun, Anda disarankan untuk melakukan penambalan secara mandiri. Selain lebih efisien, menambal peralatan rumah tangga yang terbuat dari stainless steel secara mandiri juga lebih hemat pengeluaran.

Meskipun sedikit sulit, namun menambal perabotan rumah yang terbuat dari stainless steel ini tetap dapat dipelajari secara otodidak. Bahkan, Anda dapat membuka peluang usaha dengan menjadi spesialis tambal perabotan rumahan dari bahan stainless steel.

Untuk itu, Anda wajib tahu bagaimana cara menambal perabotan rumah seperti panci hingga penggorengan bolong atau rusak yang terbuat dari bahan stainless steel. Anda juga bisa baca artikel kami tentang cara menambal panci bocor. Setelah itu, ketahui pula cara merawat peralatan dari stainless steel agar tidak bolong.

Penyebab Perabotan dari Stainless Steel Mudah Bolong atau Berkarat

cara merawat peralatan dapur dari stainless steel

Beberapa pengguna, termasuk ibu-ibu tentu pernah mengalami kerusakan pada perabotan rumah seperti bolong maupun berkarat. Hal ini tentu wajib diwaspadai. Sebab, kegiatan memasak akan terganggu jika panci atau penggorengan terlihat bolong maupun berkarat.

Padahal, perabotan yang digunakan ini terbuat dari material stainless steel. Meskipun menggunakan material premium, namun kesalahan dalam penggunaan dan perawatan dapat menyebabkan kerusakan.

Ada berbagai penyebab mengapa perabotan dari stainless steel ini mengalami kerusakan parah. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Terlalu Panas

Penyebab pertama adalah suhu panas dari kompor. Umumnya, bahan stainless steel ini tahan panas. Akan tetapi, penggunaan yang terlalu sering dapat membuat perabotan tersebut mengalami kerusakan, seperti bolong atau berkarat. 

Untuk itu, Anda wajib tahu bagaimana cara menambal stainless steel untuk perabotan rumah agar dapat digunakan kembali.

  • Menambahkan Garam pada Perabotan Stainless Steel

Penyebab kedua adalah adanya penggunaan garam berlebih pada perabotan berbahan dasar stainless steel. Memang tidak ada masalah ketika Anda memasukkan garam pada panci atau penggorengan ketika diatas kompor.

Namun Anda tidak diperbolehkan memasukkan garam pada perabotan stainless steel saat tidak digunakan. Hal tersebut dapat membuat panci atau penggorengan bolong hingga berkarat. Anda juga wajib tahu cara menambal stainless steel agar perabotan dapat digunakan kembali.

  • Tidak Segera Dicuci

Penyebab yang terakhir adalah tidak segera dicuci dengan menggunakan air bersih. Sebab, sisa noda makanan maupun minuman yang menempel di panci atau penggorengan berbahan dasar stainless steel ini sangat berbahaya.

Alhasil, sisa noda makanan dan minuman dapat membuat perabotan rumah mengalami kerusakan permanen. Jadi, Anda disarankan untuk mengetahui bagaimana cara merawat perabotan rumah dari bahan stainless steel agar tidak mudah rusak.

  • Menyimpan Perabotan dalam Keadaan Basah

Dan penyebab terakhir adalah kesalahan dalam penyimpanan perabotan. Sebab, perabotan dari bahan stainless steel harus disimpan dalam keadaan kering. Apabila langsung disimpan dalam keadaan basah, maka bukan tidak mungkin perabotan akan berkarat.

Tips Merawat Perabotan yang Menggunakan Bahan dari Stainless Steel

cara solder stainless steel

Seharusnya, merawat perabotan rumah tangga yang berbahan dasar dari stainless steel ini sangat mudah. Sebab, perabotan rumah yang berbahan dasar dari stainless steel ini cukup kuat dan tahan terhadap apapun, termasuk anti penyok.

Akan tetapi, salah satu ancaman yang membuat kerusakan permanen adalah munculnya karat dan lubang karena kesalahan perawatan. Maka dari itu, ini dia beberapa tips untuk merawat perabotan yang terbuat dari stainless steel. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Mencuci dengan Menggunakan Sabun Khusus

Tips pertama, pastikan Anda mencuci perabotan dengan menggunakan sabun khusus. Ya, ada berbagai jenis sabun yang diperuntukkan bagi perabotan rumah dari bahan stainless steel. Sabun tersebut tidak membuat permukaan rusak. Selain itu, sabun khusus ini juga berguna untuk mencegah munculnya karat.

  • Menggunakan Perabotan Sesuai Fungsinya

Tips kedua, jangan pernah menggunakan perabotan yang tidak sesuai dengan fungsinya. Apabila Anda menggunakan perabotan tidak sesuai fungsinya, maka akan menimbulkan kerusakan permanen, seperti adanya lubang. 

Alhasil, Anda harus mengetahui bagaimana cara menambal stainless steel yang berlubang agar dapat digunakan kembali.

  • Selalu Membersihkan Sisa Air Setelah Dicuci

Tips ketiga, jangan langsung memasukkan perabotan ke lemari penyimpanan setelah dicuci. Gunakan kain lap untuk membersihkan sisa-sisa air yang menempel pada beberapa permukaan perabotan. 

Hal tersebut menyebabkan munculnya karat apabila sisa air tidak segera dibersihkan. Selain itu, hindari paparan sinar matahari secara langsung agar tidak menimbulkan karat pada perabotan kesayangan Anda.

  • Jangan Terlalu Sering Menggunakan Perabotan dari Stainless Steel

Tips yang terakhir, jangan terlalu sering menggunakan perabotan yang terbuat dari bahan stainless steel. Hal ini juga membuat perabotan mengalami kerusakan seperti munculnya lubang dan karat. 

Ada baiknya untuk menggunakannya sekitar 1 kali dalam satu hari. Jika menggunakan terlalu berlebihan, maka bisa saja perabotan seperti panci hingga penggorengan mengalami kerusakan permanen.

Cara Menambal Stainless Steel pada Perabotan Rumah Tangga

Apabila Anda menemukan tedapat perabotan rumah tangga dari bahan dasar stainless steel ini mengalami kerusakan, maka Anda wajib tahu bagaimana cara mengatasinya. Sebab, Anda dapat melakukan penambalan secara mandiri dirumah. 

Hanya saja, Anda wajib tahu bagaimana cara melakukan penambalan perabotan rumah yang berbahan dasar dari stainless steel atau baja ringan ini. Sebab, ketidaktahuan Anda dapat menyebabkan perabotan makin rusak.

Ada beberapa langkah-langkah yang harus Anda lalui ketika menambal adanya lubang di perabotan rumah dari bahan stainless steel. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Menggosok Menggunakan Ampelas

Langkah pertama, silahkan menggosok bagian yang berlubang menggunakan ampelas. Cara menambal stainless steel ini banyak digunakan oleh orang-orang untuk perabotan jenis panci dapur.

  • Menambal dengan Menggunakan Bahan Khusus

Langkah kedua, tempelkan flux stainless steel dan timah duration pada bagian yang berlubang. Pastikan kedua bahan tersebut menutupi bagian yang berlubang. Lalu, lakukan penyolderan di bagian yang telah ditutup oleh bahan khusus. Setelah itu, celupkan pada air agar kedua bahan yang telah disolder dapat menyatu dengan perabotan rumah.

  • Melakukan Pengecekan 

Langkah ketiga, diamkan beberapa saat hingga kedua bahan telah menyatu dengan perabotan berbahan dasar stainless steel. Kemudian, lakukan pengecekan kembali apakah ada bagian dari perabotan yang tampak berlubang. 

Jika Anda kembali menemukan bagian yang berlubang, maka segera melakukan perbaikan sesuai cara menambal stainless steel yang telah diajarkan sebelumnya.

Perabotan rumah yang terbuat dari bahan stainless steel memang menjadi primadona bagi ibu-ibu rumah tangga. Sebab, perabotan ini dirasa cukup awet, mudah dicuci dan tahan terhadap karat. 

Akan tetapi, bisa saja perabotan dari bahan stainless steel ini berlubang karena kesalahan perawatan. Maka dari itu, kami sarankan untuk mengetahui cara menambal stainless steel agar perabotan dapat digunakan kembali.