cara menambal panci bocor bagian bawah

Cara Efektif Menambal Panci yang Bocor

Posted on

Kegiatan memasak di dapur menjadi salah satu aktifitas favorit bagi kaum wanita. Terutama bagi para ibu rumah tangga yang sehari-hari bercengkrama dengan urusan memasak. Ditengah keasyikan memasak seringkali ada peristiwa mengganggu salah satunya peralatan dapur yang rusak atau bocor. Tips tentang cara menambal panci bocor ini semoga bisa mengatasi keribetan ini.

Sudah menjadi rahasia umum jika panci untuk memasak sering mengalami kebocoran. Alhasil kegiatan memasak pun menjadi sedikit terhambat.

Cara Menambal Panci Bocor Bagian Bawah Paling Hemat

Cara pertama ini terbilang sangat hemat budget. Bayangkan saja jika siapa pun dapat menambal panci bocor menggunakan alumunium bekas bungkus penyedap masakan.Cara ini tak perlu diragukan lagi karena sudah dibuktikan oleh banyak ibu rumah tangga di Indonesia.

Berikut cara menambal panci bocor bagian bawah:

  1. Ggosokkan bagian panci berlubang menggunakan amplas.
  2. Siapkan bungkus bekas penyedap rasa seperti Royco atau Masako, kemudian panggang di atas api kecil hingga meleleh.
  3. Tambal bagian panci berlubang dengan lelehan dari alumunium bungkus bekas penyedap rasa dan ratakan.
  4. Rekatkan alumunium bungkus bekas penyedap rasa pada area panci yang berlubang menggunakan lem. Dalam hal ini dapat digunakan lem kertas.
  5. Panaskan area yang telah ditempeli tersebut di atas nyala api
  6. Apabila sudah meleleh maka ratakan sampai lubang pada panci tertutupi.
cara menambal panci bocor dengan pepsodent

Cara Menambal Panci Bocor Pepsodent atau Pasta Gigi (Alumunium-nya)

Cara menambal panci bocor satu ini juga terbilang unik. Pasalnya cukup bermodalkan sisa alumunium pasta gigi yang isinya sudah habis.

Berikut adalah cara menambal panci dengan pepsodent:

  1. Cari alumunium yang berasal dari bekas tube pasta gigi.
  2. Jangan lupa untuk membersihkan bagian panci yang bocor menggunakan amplas.
  3. Ggunting bekas tube pasta gigi dan hilangkan catnya dengan dikeruk menggunakan uang koin.
  4. Tambahkan lem di atas permukaan alumunium yang telah digunting dan tempelkan pada permukaan panci yang bocor.
  5. Biarkan sekitar 15 menit hingga lem mengering.
  6. Setelah dirasa potongan alumunium merekat dengan sempurna maka panaskan di atas nyala api kecil.
  7. Biarkan selama 12 jam sampai menyatu dan panci dapat digunakan seperti semula.

Cara Tambal Panci Bocor dengan Solder Stainless Steel Cair

cara menambal panci bocor bagian bawah

Cara menambal panci bocor menggunakan stainless steel merupakan cara paling worth it. Meskipun dalam cara satu ini dibutuhkan sedikit keterampilan solder alumunium.

Menyoal hasilnya tak perlu diragukan lagi karena terlihat lebih premium bahkan Anda dapat memoles permukaan panci agar terlihat cantik seperti baru.

Untuk hasil maksimal sebaiknya ketika menambal panci bocor menggunakan cairan solder khusus stainless steel. Disini tidak perlu bersusah payah mengelas lagi tetapi cukup mensolder atau mematrinya saja.

Berikut ini cara menambal stainless steel pada panci bocor sebagai berikut:

  1. Gosok permukaan panci yang bocor menggunakan kertas gosok ataupun sikat baja. Tujuannya untuk membersihkan permukaan dari karat dan kotoran.
  2. Sembari memanaskan solder supaya timah dapat mencair maksimal.
  3. Tetesi panci yang akan disolder menggunakan cairan solder khusus permukaan stainless steel yang sudah meleleh.
  4. Ratakan cairan timah tersebut dan diamkan selama kurang lebih 12 jam.

Cara Menambal Panci Bocor dengan Lem Alumunium Rokok Cair

Adapun cara menambal panci bocor yang cukup menakjubkan lainnya adalahh menggunakan bungkusan rokok. Sebelumnya jangan lupa untuk menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

  1. Kertas alumunium dari bungkusan rokok
  2. Lem
  3. Lilin
  4. Gunting
  5. Spidol

Step by step cara menambal panci bocor adalah sebagai berikut:

  1. Temukan permukaan panci yang bocor terlebih dahulu dan tandai menggunakan spidol

  2. Basahi kertas alumunium bungkus rokok menggunakan air agar bahan alumunium terpisah dengan kertas

  3. Gunting alumunium sesuai ukuran yang dapat menutupi titik kebocoran panci.

  4. Berikan lem pada permukaan panci yang bocor dan tempelkan alumunium bungkus rokok.

  5. Tempelkan alumunium bungkus rokok secara perlaha dan berikan tekanan agar merekat dengan sempurna.

  6. Panggang tambalan alumunium bungkus rokok pada panci tersebut di atas nyala lilin hingga benar-benar kering. Biasanya waktu untuk mengeringkan tambalan sekitar 12 jam.

Cara Menambal Panci Paling Mudah Meskipun Besar, dengan Penambal Panci Lakban

cara menambal panci bocor dengan tambalan panci

Cara ini adalah cara paling mudah dibanding lainnya, tetapi bisa jadi paling mahal. Karena kita tinggal tempel, kelar deh masalah. Penambal panci ada banyak di marketplace yang siap untuk Anda beli. Perhatikan review-nya untuk melihat kualitas masing-masing produk.
[button-blue url=”https://goeco.mobi/id95b8b” target=”_blank” position=”left”]Beli di Lazada[/button-blue][button-red url=”https://goeco.mobi/kpy8c11″ target=”_blank” position=”left”]Bukalapak[/button-red][button-yellow url=”https://shp.ee/9xc2qxb” target=”_blank” position=”left”]Shopee[/button-yellow][divider]

Ternyata setelah menyimak pembahasan cara menambal panci bocor diatas tidak sesulit yang dibayangkan. Bahkan, beberapa barang yang ada di dapur dan rumah dapat menjadikan tambalan lebih sempurna. Jangan lupa sebelum panci mengalami kebocoran alangkah baiknya melakukan tips-tips untuk merawat panci agar penggunaan awet. Semoga penjelasan berbagai cara menambal panci bocor diatas bermanfaat ya.

Sebenarnya untuk memperbaiki panci bocor bukanlah hal mustahil. Ada berbagai cara menambal panci bocor menggunakan peralatan seadanya di rumah.

Misalnya menambal panci bocor menggunakan sisa bungkus dari bumbu penyedap rasa, misal cara menambal panci bocor dengan bungkus royco.

Selain itu, dapat menambalkan panci bocor menggunakan alumunium bekas pasta gigi hingga solder stainless steel.

Untuk ulasan lengkap mengenai cara menambal panci bocor dapat menyimak pembahasan berikut ini ya. Check this out!

Tips Merawat Panci Stainless Steel Supaya Awet

Ada berbagai aktifitas memasak yang tanpa disadari memicu kebocoran panci. Walaupun jenis panci yang digunakan berbahan stainless steel yang dikenal anti karat dan anti bocor.

Supaya panci awet digunakan maka perlu perawatan khusus yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Apa saja perawatan panci stainless steel paling direkomendasikan? Berikut ini jawabannya.

1. Tidak Menyiram Permukaan Panci Saat Masih Panas

Supaya panci stainless steel tetap terlihat awet bak peralatan baru maka hindari menyiram panci ketika sedang panas. Tujuannya untuk menghindari efek kejutan pada permukaan panci yang berpotensi membuat panci penyok, melengkung, maupun berlubang. Jadi, ketika permukaan panci berbahan stainless steel dalam suhu panas wajib didinginkan terlebih dahulu.

2. Jangan Memasukkan Garam Ketika Panci Belum Panas

Banyak masyarakat yang terbiasa menambahkan garam pada saat merebus pasta atau mie instan. Ternyata hal tersebut tidak dianjurkan karena dapat merusak permukaan panci.

Intinya untuk membuat panci tahan lama hindari menaburkan garam pada saat mendidihkan air.

3. Segera Membersihkan Panci Sebelum Berkerak

Mencuci peralatan memasak merupakan hal wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan dapur. Seringkali usai memasak semua peralatan yang digunakan tertumpuk diatas westafel. Kondisi tersebut tentu membuat dapur terlihat kotor.

Namun, apa jadinya jika panci yang digunakan untuk masak dibiarkan begitu saja. Hal tersebut menyebabkan sisa masakan pada permukaan panci menjadi berkerak.

Sampai akhirnya sulit dicuci dan akan menempel selamanya. Sebaiknya mencuci panci beberapa menit setelah masak ketika permukaan tidak lagi dalam kondisi panas.

4. Tidak Menggunakan Sabut Besi

Ketika proses pembuatan makanan tertentu, terkadang membuat sisa makanan menempel pada permukaan panci. Contohnya adalah saat memasak nasi.

Sehingga untuk membersihkan sisa nasi tersebut banyak yang memilih mencucinya menggunakan sabut besi.

Walaupun panci terbuat dari bahan stainless steel tidak berarti tahan terhadap goresan. Apabila banyak ibu-ibu mengatakan jika sabut besi efektif mengangkat kerak sisa memasak nasi, ucapan tersebut hanyalah mitos belaka.

Justru tindakan mencuci permukaan panci menggunakan sabut besi akan membuat goresan halus hingga akhirnya bocor.

5. Mengeringkan Panci Dengan Lap Bersih Usai Mencuci

Siapa sih ibu-ibu di rumah yang tidak ingin peralatan dapur terlihat mengkilap seperti baru dibeli. Salah satu trik yang digunakan adalah mencuci peralatan tersebut menggunakan spons lembut dan mengeringkannya menggunakan kain kering.

Sama halnya dengan panci stainless steel yang baru saja dicuci. Sangat disarankan untuk mengelap menggunakan kain bersih dan kering.

Tujuannya tidak hanya menghindari panci dari bahaya kebocoran tetapi juga mencegah jamur dan noda air setelah mencuci piring.