Tutorial Cara Memperbaiki Regulator Gas yang Mampet dengan Aman

Anda wajib tahu bagaimana cara memperbaiki regulator gas yang mampet denga naman. Memang, regulator gas mampet ini cukup berbahaya. Sebab, kompor tidak  dapat menyala meskipun Anda telah memantik menggunakan korek api. 

Ada beragam penyebab yang membuat regulator gas ini tersumbat hingga mampet. Ya,regulator gas ialah penyambung antara kompor serta tabung gas. Mempunyai utilitas guna mengendalikan kestabilan maupun pengontrol tekanan gas yang hendak disalurkan ke kompor serta buat mengunci gas agar tidak bocor. 

Apabila tersumbat hingga mampet, maka kompor gas yang Anda gunakan tidak dapat mengeluarkan api. Sehingga hal tersebut membuat Anda tidak dapat memasak atau menggunakan kompor sama sekali. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan regulator gas tersumbat hingga terjadi kemampetan. Oleh sebab itu, ketahui pula bagaimana cara memperbaikinya hingga kompor gas dapat berfungsi secara normal.

Anda tak perlu khawatir, sebab masalah ini dapat diselesaikan secara mandiri. Alhasil, Anda dapat menghemat pengeluaran di masa pandemi. Namun, Anda juga harus berhati-hati dalam menangani masalah tersebut. Sebab, salah sedikit saja dapat berakibat fatal. Pastikan Anda benar dalam membuka regulator gas.

Daftar Penyebab Regulator Gas Mampet

Ada beragam hal yang menyebabkan regulator gas menjadi mampet. Hal ini cukup menjengkelkan karena Anda tidak dapat menggunakan kompor gas beberapa waktu. Ada beragam faktor yang membuat regulator mengalami kendala saat digunakan.

Sebagai pemilik, Anda wajib tahu apa saja yang menyebabkan regulator gas menjadi mampet. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Adanya Sumbatan Pinball di Area Regulator

Penyebab pertama yakni adanya penyumbatan pinball di area regulator. Sumbatan ini ada di area regulator dan berbentuk bulat seperti kelereng. Akibatnya, gas dari LPG pun tidak dapat mengalir secara normal. Apabila tidak segera diatasi, maka bukan tidak mungkin kompor bisa meledak karena penumpukan gas LGP di area regulator.

  • Terlalu Banyak Kotoran

Penyebab kedua yakni banyaknya kotoran yang menumpuk di dalam regulator. Hal ini juga disebabkan karena dua faktor, yakni kondisi tempat penyimpanan selang regulator dan faktor usia penggunaan.

  • Adanya Kerusakan di Bagian Regulator

Dan penyebab terakhir adalah munculnya kerusakan di area regulator gas. Kerusakan ini bisa saja disebabkan karena beberapa hal. Jadi, cek kondisi regulator gas sebelum digunakan. 

Jika bermasalah, segera lakukan langkah perbaikan. Cara memperbaiki regulator gas yang mengalami penyumbatan pun harus berhati-hati. Jika tidak, maka dapat menyebabkan kerusakan permanen pada elemen regulator.

Ciri-Ciri Regulator Gas Mengalami Bocor dan Mampet

Memang, tidak semua kerusakan di area regulator menimbulkan ciri-ciri. Namun, khusus untuk penyumbatan di area regulator gas ini mengeluarkan ciri-ciri yang dapat Anda jadikan patokan. Sebelumnya kami sudah ulas bagaimana cara memperbaiki kompor gas api kecil, ini salah satu ciri regulator mengalami kerusakan.

Ciri-ciri pertama yakni ada pada penguncian regulator. Ketika regulator tidak dapat mengunci secara optimal, maka hal tersebut menjadi tanda-tanda kerusakan fatal di area regulator. Sehingga, Anda tidak boleh melakukan pembiaran terhadap kerusakan tersebut.

Salah satu faktor tidak dapat melakukan penguncian regulator ini disebabkan karena adanya penyumbatan hingga membuat mampet dan tidak dapat menyalurkan gas secara sempurna. 

Jika Anda tidak segera mempelajari cara memperbaiki regulator gas yang tidak dapat mengunci secara optimal, maka dapat menyebabkan kebakaran. Ciri kedua adalah munculnya suara mendesis yang cukup mengganggu ketika sedang digunakan.

Suara mendesis inilah yang menjadi ciri-ciri pasti dari adanya penyumbatan di area regulator. Penyumbatan hingga mampet ini sangat mengganggu Anda ketika mengoperasikan kompor gas. Untuk mengurangi suara desis tersebut, maka ketahui cara memperbaiki hingga suara desis dapat hilang secara permanen.

Dan ciri yang terakhir adalah nyala kompor tiba-tiba mati. Memang, tidak semua ciri-ciri dari regulator gas mampet ini muncul suara mendesis atau kompor tidak dapat menyalakan api. Namun, salah satu cirinya adalah nyala kompor tiba-tiba mati, meskipun sebelumnya dapat dioperasikan.

Apabila kompor yang awalnya menyala dan kemudian secara perlahan mati tiba-tiba, hal tersebut juga bisa saja disebabkan karena adanya penyumbatan di area selang maupun regulator gas. Untuk itu, segera ketahui bagaimana cara memperbaiki masalah penyumbatan pada area regulator kompor gas.

Cara Memperbaiki Regulator Gas yang Tersumbat hingga Mampet

Tutorial Cara melepas Regulator Gas Yang Mampet Dengan Aman

Memang, cukup sulit untuk mengetahui apakah masalah pada kompor gas ini disebabkan karena adanya kendala pada LPG, selang gas, hingga regulator. Akan tetapi, jika Anda telah merasa ciri-ciri dari regulator gas tersumbat hingga mampet, maka ketahui cara mengatasi masalah tersebut.

Ada beberapa langkah-langkah untuk mengatasi masalah penyumbtan pada area regulator gas. Tak perlu khawatir, sebab Anda dapat memperbaiki secara mandiri. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Menganalisa Sumber Kerusakan

Langkah pertama, silahkan melakukan analisa sumber kerusakan terlebih dahulu. Cara melakukan analisa sumber kerusakan ini sangat mudah. Pertama, dengan cara melepas regulator gas dan kemudian goyang-goyangkan. Pastikan Anda membaca regulator gas dan nampak sudah tidak ada gas.

Apabila muncul bunyi seperti kelereng yang berbenturan, maka regulator mengalami penyumbatan berupa pinball yang harus segera diatasi.

  • Mengetuk Bagian Luar dari Regulator Gas

Langka kedua, ketuk-ketuk bagian luar dari regulator gas. Jika memang ada kebocoran, maka akan mengeluarka bunyi mendesis dari area luar regulator gas. Apabila memang ditemukan masalah kebocoran, maka Anda wajib tahu bagaimana cara memperbaiki regulator gas tersumbat hingga mampet.

  • Dengan Cara Membuka Regulator Gas yang Terkunci 

Langkah ketiga yakni melakukan perbaikan regulator gas yang telah dinyatakan mengalami penyumbatan. Cara melakukan perbaikan untuk regulator gas ini dengan membongkar regulator gas.

Cek area regulator yang telah dibongkar. Setelah itu, bersihkan debu-debu yang menempel pada bagian regulator gas. Jika area regulator telah dibersihkan, maka segera cek bagian yang terindikasi adanya penyumbatan. 

Apabila ditemukan penyumbat seperti kelereng, maka segera ambil hal yang membuat aliran gas dari LPG ke kompor gas tersendat. Kemudian, tutup kembali dan pasang regulataor ke kompor gas.

Cara Merawat Kompor Gas agar Tidak Bocor & Mengalami Kerusakan Parah

Setelah proses perbaikan kompor gas yang mengalami penyumbatan telah selesai, maka ketahui bagaimana cara merawatnya. Sebab, kerusakan bisa saja kembali terjadi apabila Anda tidak mengetahui cara melakukan perawatan. Jadi, Anda tidak hanya dituntut untuk mengetahui cara memperbaiki regulator gas.

Meskipun tidak sulit, hanya saja para pengguna kerap acuh terhadap perawatan kompor gas yang pernah mengalami kerusakan. Jadi, Anda juga harus mempelajari bagaimana cara merawat kompor gas.

Pertama, selalu membersihkan area regulator secara berkala. Setidaknya, bersihkan area luar dengan melakukan pengelapan menggunakan kain bersih. Apabila tidak dibersihkan secara berkala, maka bisa saja regulator kemasukan kotoran. 

Allhasil, regulator pun tersumbat hingga membuat kerusakan parah jika tidak segera diperbaik. Kedua, segera lakukan penggantian regulataor apabila telah mengalami kerusakan parah. Penggantian regulator bertujuan untuk mencegah kebocoran gas yang mengakibatkan kebakaran.

Ketika nyala kompor gas bermasalah, maka segera lakukan para area regulator. Sebab, regulator gas ini berfungsi untuk menyalurkan gas ke kompor. Jika terjadi penyumbatan, segera lakukan langkah perbaikan. Ada beberapa cara memperbaiki regulator gas yang kami sarankan untuk dipelajari secara mandiri dirumah.