cara memperbaiki pompa galon elektrik

4 Rekomendasi Pompa Galon Elektrik, dan Cara Charger nya

Air menjadi salah satu kebutuhan manusia dalam kehidupan, tidak terkecuali air minum. Dilansir usgs.gov, 60% tubuh manusia terdiri dari air. Jangan sampai kurang minum gara-gara Anda tidak tahu cara memperbaiki pompa galon elektrik ya.

Menurut H.H Mitchel Journal of Biological Chemistry 158, otak dan jantung terdiri dari 73% air, dan paru-paru sekitar 83%. Dan kulit mengandung 64% air, otot dan ginjal 79%, hingga tulang pun mengandung air sebanyak 31%. 



Kebutuhan manusia terhadap air yang cukup tinggi, maka dari itu kita harus mencukupinya setiap hari. Orang dewasa harus mengkonsumsi air minimal 8 gelas atau 2 Liter setiap harinya, pastinya setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda tergantung dari aktivitas sehari-hari.

Menurut, Kementerian Kesehatan, selain dari minuman, 20%  cairan juga bisa didapatkan dari asupan makanan. 

Kebutuhan air mineral 

Cara Membersihkan Galon Yang Berlumut

Saat ini brand air mineral semakin beragam, dari air isi ulang hingga yang mengandung oksigen pun tersedia. Apapun airnya, tidak menjadi masalah.

Yang penting Anda bisa mencukupi kadar air dalam tubuh. Karena tubuh memerlukannya untuk membuang toksin di dalam tubuh. Dengan mencukupi air, tubuh kita akan menjadi lebih sehat, dan bebas dari toksin. 

Air mineral yang tersedia di dalam galon tentunya juga harus memiliki tempat untuk mengeluarkan air dari dalam galon.

Baca dulu,  cara membersihkan galon yang berlumut , agar galon selalu bersih dan tentunya lebih sehat. Dahulu tempat galon terkenal dengan guci dan rak kaki. Lama kelamaan cara ini ditinggalkan. Banyak orang yang beralih ke alat yang lebih canggih, seperti dispenser. 

Dispenser memiliki kelebihan, terdapat fitur air suhu ruang, air panas, bahkan air dingin. Selama bertahun-tahun, sebagian besar orang. Dispenser pun mengalami banyak perubahan, dari yang harus mengangkat galon ke atas, sampai yang canggih, meletakan galon di bagian bawah, tanpa perlu mengangkat galon lagi. Namun, dispenser perlahan mulai ditinggalkan, banyak orang yang akhirnya kembali kepada cara konvensional.

Kembali kepada cara lama 

Dispenser banyak ditinggalkan lantaran sulit untuk membersihkan bagian dalam. Karena bagian dalam dari dispenser sering ditemukan kotoran, seperti lumut, sisa-sisa partikel air mineral dan lain sebagainya.

Banyak orang yang akhirnya tidak memerlukan lagi air panas dari dispenser, karena bahaya terhadap anak-anak. Tapi bagi Anda yang masih memiliki dispenser, Anda bisa membaca panduan cara menggunakan dispenser beserta tips perawatannya

Kini, walaupun kembali ke cara lama, bukan berarti memakai dispenser dari guci dan rak kaki yang tinggi, atau pompa galon manual, yang sangat sulit digunakan. Tapi, inovasi saat ini makin berkembang, terciptalah pompa galon elektrik. 

Cara Memperbaiki Pompa Galon Elektrik

Pompa galon banyak sekali mengalami perubahan, dari cara konvensional dengan guci, dispenser, pompa galon manual hingga saat ini pompa galon elektrik.

Sebelum ditemukannya pompa galon elektrik, pompa galon manual di gunakan terlebih dahulu. Tapi sangat sulit, karena terkadang macet di bagian pompa. Tidak cukup efisien dalam menyiapkan air sehari-hari. 

Pompa galon elektrik saat ini yang paling sering digunakan, berbagai macam tipe dan merk. Tentunya akan berbeda setiap kelebihannya.

Tapi dengan adanya pompa galon elektrik, memudahkan kita dalam mengisi air minum, tanpa perlu, repot2 membersihkan dispenser, ataupun mengangkat galon keatas.

Berikut beberapa merk galon elektrik yang bisa Anda temui di e commerce atau toko elektronik terdekat. 

1. Pompa galon elektrik Xiaomi, Mijia 3 Life

POMPA ELEKTRIK

Xiaomi, produsen dari China ini yang biasa memproduksi Smartphone kini merambat ke banyak sekali peralatan elektronik, salah satunya pompa galon elektrik.

Xiaomi Mijia 3 Life ini memiliki desain yang sangat minimalis dan modern. Harga pompa galon ini berkisar Rp. 139.000.

Galon elektrik dari xiaomi ini memiliki spesifikasi, di antaranya:

  • Kucuran air yang sangat deras, tidak perlu menunggu lama saat ingin minum. Kekuatannya mencapai 1,4 L per menit.
  • Kapasitas baterai besar. Jika Anda memompa sekitar 120L air, baterai Xiaomi Mijia bisa bertahan hingga sekitar 80-90 hari. Pompa ini membutuhkan kabel Type C, kapasitas baterai pompa galon elektrik ini sebesar 2000 mAh
  • Pompa galon elektrik biasa jarang yang terdapat lampu indikator, jika baterai ingin habis. Tapi xiaomi memiliki 2 lampu indikator, warna putih menandakan, sedang terjadi proses pumping air, dan indikator merah, sebagai pertanda harus segera mengisi daya pompa 
  • Pompa galon Xiaomi memiliki fitur penyaring grade silicone hose yang akan membuat air menjadi lebih bersih dan jernih. 

2. Pompa galon elektrik Starco

starco

STARCO adalah Salah satu brand yang juga banyak digunakan, dan memiliki banyak peralatan elektronik salah satunya pompa galon elektrik di bandrol dengan harga, Rp 89.000- 226.000.

Pompa galon Starco memiliki banyak spesifikasi, diantaranya: 

  • Dilengkapi dengan lampu LED, untuk penerangan di malam hari 
  • Desain portabel, bisa dibawa kemanapun, saat Anda traveling, outing, camping, piknik dan lainnya
  • Pengisian baterai 3 jam 
  • 2 kali sentuh bisa mengisi 600 ml
  • Kapasitas baterai yang besar dan powerful
  • 1 menit bisa mengisi 1,6 liter air, tekan tombol satu kali saja
  • Tekan tombol 5-10 detik, otomatis mengisi 15 liter air atau 1 menit 

3. Pompa galon elektrik Nankai 

nankai

Ini adalah salah satu pompa galon yang memiliki harga yang paling murah, sekitar Rp 30.000, tapi juga memiliki kualitas yang baik dan awet.

Dengan desain yang simpel, dan memiliki satu tombol on/off di atasnya, spesifikasi Pompa galon elektrik Nankai, sebagai berikut: 

  • Baterai 15000mA 
  • Pengisian baterai yang relatif cepat 
  • Harga yang murah 
  • Mendapat kabel charger
  • Desain yang simple
  • Hanya sekali pencet
  • Mengisi satu liter air dan otomatis mati dengan sendirinya

4. Pompa galon elektrik Kirin 

kirin

Kirin terkenal sebagai brand untuk peralatan dapur, yang terkenal dari kirin adalah oven dan microwave dan beberapa pan, tapi ternyata Kirin juga mengeluarkan produk pompa galon elektrik.

Dengan harga Rp 134.000, Kirin memiliki banyak spesifikasi, 

  • Terdapat charging indikator yang memudahkan Anda mengetahui, jika baterai penuh atau habis 
  • Memiliki desain yang stylish dan premium
  • Kekuatan baterai hingga 2000mA, bisa tahan hingga 30 jam 
  • Keunggulan yang tidak kalah penting, Food Grade dan memiliki Antibacterial silicone
  • Bisa mengisi hingga 160L 
  • Daya volume 1,6 liter per menit 
  • Terdapat juga silicone hose 
  • Body anti slip

Jenis dispenser yang akhir-akhir ini ngetrend adalah dispenser sabun, meskipun beda fungsi tetapi kami ada tips ringan cara menggunakan dispenser sabun, artikel ini kami persembahkan untuk pembaca demi mencegah virus corona.

Cara Memperbaiki Pompa Galon Elektrik & Cara Charge / Cas

Cara charger pompa galon elektrik cukup mudah, hanya saja banyak orang yang masih bingung. Lantaran tidak adanya instruksi berapa lama harus mengisi baterai.

Caranya adalah, saat baru membeli pertama kali pompa galon elektrik Anda harus mengisi daya baterai kurang lebih 3 jam, baru mulai gunakan.

Ada beberapa pompa galon yang memiliki indikator berwarna merah, pertanda galon kehabisan baterai.

Namun ada juga yang tidak memiliki indikator, tandanya hanya pompa galon tidak berfungsi saja. Kemudian, isi daya menggunakan charger, biasanya saat pembelian Anda akan mendapatkan kabel charger tanpa kepala charger atau Anda juga bisa menggunakan charger smartphone yang Anda punya. Dan Anda bisa mencharge selama 3-5 jam. 

Jika seperti Xiaomi atau Kirin, akan terlihat indikator berwarna hijau, jika baterai sudah penuh, tapi jika Anda memiliki pompa galon elektrik seperti Nankai.

Anda akan melihat lampu merah saat di charger, menandakan sedang mengisi daya. Dan lampu akan mati saat baterai penuh.

Itulah beberapa merk pompa galon elektrik yang direkomendasikan, dan cara mencharger nya, semoga bisa membantu.