Cara Memperbaiki Mixer

Cara Memperbaiki Mixer Yang Bermasalah, Mudah & Cepat!



Bagaimana cara memperbaiki mixer yang bermasalah? Seperti yang sudah diketahui bersama, kalau saat ini ada banyak jenis mixer yang telah tersedia di toko-toko elektronik. Mulai dari review mixer philips, mixer samsung dan lain sebagainya.

Mahal ataupun murah jika kita menggunakan mixer dengan cara yang sembarngan dan tidak merawatnya. Tentu ini akan membuat alat tersebut cepat rusak. Yang umumnya, kerusakan tersebut akan membutuhkan proses yang lama dalam memperbaikinya sehingga bisa digunakan lagi.

Sebelum kita mencari tahu tentang bagaimana cara memperbaiki mixer yang baik dan benar. Pastikan anda telah mengetahui tiga hal pentingnya. Mari simak beberapa hal penting dibawah ini.

1. Bagian Luar Mixer

Sumber: pexels.com

Bagian luar mixer sama dengan komponen indoor AC, dimana bagian luar dari alat ini akan terdiri dari beberapa macam benda penting. Misalnya kabel penghubung pada stopkontak listrik, tombol untuk mengatur kecepatan dari motor listrik dan alat pengaduk yang seperti 2 batang besi dengan bentuk spiral diujungnya dan saling silang menguncup ke atas.

2. Bagian Dalam Mixer

Sumber: bukalapak.com

Selain mengetahui tentang komponen luar dari alat mixer, anda juga harus mencari tahu tentang komponen dalam mixer. Dengan begitu anda sudah tahu tentang bagian mana yang rusak dan harus diperbaiki. Untuk komponen dalam mixer terdiri dari motor penggerak, kapasitor bank hingga sakelar atau swich dalam mengatur kecepatan dari motor.

3. Kerusakan yang Paling Sering Terjadi pada Mixer

Sumber: sajiansedap.grid.id

Bagi anda yang ingin mencari tahu tentang bagaimana cara memperbaiki mixer, mungkin akan lebih baik jika anda mencari tahu tentang kerusakan umum dan paling sering terjadi di alat mixer ini. Dari sumber yang ditemukan, kerusakan yang paling sering terjadi pada mixer ini hanya dua kemungkinan, yaitu mati total dan putaran motor lambat atau tersendat-sendat.

Kedua kerusakan yang seperti inilah yang nantinya dapat membuat mixer anda tidak dapat beropearsi. Dalam hal ini, anda dapat memanfaatkan tips memilih mixer agar tidak salah beli. Tapi, tetap harus perhatikan perawatannya agar tidak mudah rusak.

Jadi, bagaimana Cara Memperbaiki Mixer?

Apabila mixer yang anda punya mengalami kerusakan seperti diatas, misalnya mati total atau putaran motor bermasalah seperti tersendat-sendat. Anda tak perlu khawatir, dimana anda dapat mengikuti beberapa cara memperbaikinya seperti berikut ini.

  • Cara Memperbaiki Mixer yang Mati Total

Umumnya, keluhan yang seperti ini seringkali tersedia beberapa macam faktor yang akan menjadi penyebabnya. Misalnya adalah kabel penghubung yang putus atau motor penggeraknya putus ataupun terbakar. Lantas, bagaimana cara memperbaiki mixer yang bermasalah seperti ini?

Kabel penghubung listrik pada stopkontak seringkali putus jika terhimpit suatu benda yang mempunyai ukuran besar dan berat hingga kabel menjadi rusak atau hancur. Jadi, pada saat ditarik kabel tersebut akan putus. Kabel yang putus juga terjadi karena gigitan dari tikus, jadi tak heran kalau mixer tersebut tidak dapat bekerja.

Perlu diketahui, jika kabelnya masih dalam keadaan yang baik, mungkin kamu dapat memeriksa pada bagian atau beberapa komponen yang telah tersedia didalam badan mixer. Agar anda dapat melihat tiap isi dari mixer terseebut, maka anda harus membuka setiap skrup yang ada dengan menggunakan obeng yang cocok.

Setelah itu, anda dapat periksa apakah ada yang mengganjal atau mungkin kabel listriknya putus? Atau mungkin ada beberapa kabel yang masih kurang kencang dan tidak terpasang dengan baik di terminalnya. Jika memang begitu, langsung saja diperbaiki dan kemudian kamu dapat mencobanya lagi apakah sudah hidup atau belum.

Sumber: pixabay.com

Jika sudah diperbaiki dan masih tetap tidak mau hidup lagi, mungkin saja itu bermasalah pada motor penggerak mixer tersebut. Anda dapat melihat keadaan dari lilitan yang ada di motor penggerak, apakah terlihat masih wajar atau mungkin sudah hangus seperti terbakar dan kecium bau hangus.

Pada keadaan yang seperti ini seringkali lilitan motor terputus akibat panas yang berlebihan hingga melebihi kekuatan dari kawat lilitan. Tetapi, agar anda bisa lebih yakin, anda dapat memeriksa atau mengukur dengan memakai AVO meter. Lepaskan kabel yang sedang menempel di motor penggerak, lalu ukur kedua ujung dari lilitan motor penggerakn dengan memakai AVO meter.

Pindahkan posisi swich di Rx1 K ohm. Kemudian tempelkan kedua ujungnya dari probe AVO pada dua ujung lilitan motor. Jika jarum penunjuk di AVO meter telah bergerak pada arah kanan, lalu diam dengan skala 0-3. Kemungkinan motor atau mesinnya masih bagus.

Namun, jika jarum penunjuk yang ada di AVO meter diam dan tidak bergerak. Kemungkinan lilitan motor penggerak putus sehingga anda harus melilit ulang atau mungkin dapat menggantikannya dengan yang baru.

  • Cara Memperbaiki Putaran Motor Tersendat-sendat atau Lambat

Cara memperbaiki mixer yang rusak akibat seperti putaran motor lambat atau tersendat-sendat, bisa anda lakukan dengan mudah. Dalam masalah yang seperti, penyebabnya berupa karbon brush telah tipis. Dengan karbon brush yang menipis, maka hal ini akan menimbulkan mixer menjadi rusak.

Sumber: kompas.com

Hal tersebut karena listrik yang akan mengalir pada lilitan motor tersebut tidak terhubung atau mungkin ngefong. Untuk mencegahnya, anda dapat mengganti karbon brush yang tipis tersebut dengan yang baru. Dan harus perhatikan kalau kedudukan karbon brush harus sama dengan kedudukan dari mixer anda sendiri.

Jika karbon brush tidak bermasalah, kemungkinan besar penyebabnya adalah kapasitor (komponen mixer) yang rusak. Dalam kasus yang seperti ini, anda dapat menggantikannya dengan yang baru. Dengan begitu mixer anda dapat kembali berfungsi dengan normal.

Dengan demikian pembahasan yang mengenai cara memperbaiki mixer yang rusak. Semoga melalui pembahasan diatas, anda bisa memperoleh manfaat-manfaatnya dalam memperbaiki mixer anda yang sedang rusak. Terimakasih sudah mampir kesini, sampai berjumpa di lain pembahasan.

Leave a Reply