Cara Memperbaiki Mesin Cuci Pengering Tidak Berputar

Cara Memperbaiki Mesin Cuci dengan Mudah dan Cepat

Posted on

Cara memperbaiki mesin cuci sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri oleh semua orang yang belum berpengalaman. Jadi tidak harus datang ke tempat servis atau memanggil tukang service untuk datang melakukan pengecekan langsung pada mesin cuci yang digunakan.

Masalah pada mesin cuci cukup bervariasi mulai dari mesin yang tidak bisa berputar hingga ada beberapa masalah seperti bocor atau airnya tidak keluar. Untuk mengatasi sementara mesin cuci yang bermasalah Anda bisa menggunakan beberapa cara yang akan dibahas di bawah ini.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Pengering Tidak Berputar

Salah satu masalah yang sering terjadi pada mesin cuci adalah bagian pengering yang tidak bisa digunakan. Ketika dinyalakan pada bagian pengering hanya muncul suara bising atau dengungan saja. Untuk mengatasi hal itu bisa menyimak beberapa cara di bawah ini.

1. Jangan Isi dengan Banyak Pakaian

Fungsi pengering pada mesin cuci terkadang tidak bisa berjalan dengan baik karena isi dari tabung terlalu penuh. Usahakan untuk tidak mengisi tabung secara penuh atau sisakan sekitar 20% agar terdapat ruang untuk memutar dan mengeringkan.

Tabung yang diisi terlalu banyak bahkan sengaja ditekan agar proses pengeringan sekali jalan saja akan menyebabkan masalah yang besar. Bahkan pakaian tidak akan segera mengering atau keringnya tidak akan bisa sempurna.

2. Perbaiki Kabel Putus

Terkadang mesin cuci tidak mengalami kerusakan apapun baik itu pada bagian lid switch atau timer. Tetapi ketika digunakan masih tidak bisa berputar sama sekali sehingga proses pengeringan tidak bisa berjalan dengan lancar atau bekerja sama sekali.

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah adanya kabel yang terputus. Kondisi ini bisa terjadi karena ada hewan pengerat seperti tikus yang kerap masuk ke dalam mesin cuci selalu menggigit beberapa bagian kabel. Solusi dari masalah ini adalah dengan mengganti kabel itu sendiri.

3. Tutuplah pintu/penutup dengan Rapat

Bagian pintu juga harus ditutup dengan rapat agar proses pengeringan bisa berjalan dengan baik. Apabila ada masalah pada segel atau seal di bagian pintu kemungkinan besar akan sulit untuk menjalankan fungsi pengeringan. Terkadang tidak bisa dipakai untuk mencuci.

Tutup perlahan pintu dari mesin cuci ketik akan mengeringkan. Jika sensor mendeteksi pintu sedikit terbuka atau ada celah, biasanya akan sulit untuk mengeringkan atau mencuci.

4. Mengganti Dinamo

Dinamo pada mesin cuci baik itu Sharp atau Polytron bisa mengalami kerusakan apabila sudah digunakan dalam jangka waktu lama. Apabila dinamo rusak maka tidak akan bisa berputar baik itu untuk mencuci ataupun digunakan untuk mengeringkan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengganti bagian dinamo dari mesin cuci itu sendiri. Penggantian bisa dilakukan sendiri dengan membeli suku cadang asli atau bisa juga ke service center yang dimiliki oleh mesin cuci sesuai dengan mereknya.

Penggantian dinamo mungkin akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak karena suku cadang ini cukup mahal. Tetapi apabila sudah diganti fungsi dari mesin cuci akan kembali lagi seperti saat beli dalam kondisi baru.

5. Mengganti Motor Drain

Motor drain juga bisa mengalami kerusakan ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bagian ini bisa mengalami masalah seperti pengeroposan atau berkarat. Solusi dari masalah ini adalah dengan mengganti motor drain dengan yang baru. Pastikan untuk menggantinya sesuai dengan suku cadang asli.

6. Mengganti Kapasitor yang Terbakar

Bagian kapasitor pada mesin cuci bisa mengalami terbakar karena ada gangguan pada sistem mesin. Apabila terbakar maka alat tidak akan bisa digunakan untuk mengeringkan.

Salah satu tanda apabila kapasitor pada mesin cuci mengalami masalah adalah munculnya dengung. Jadi pastikan terlebih dahulu apakah mesin bekerja dengan baik atau justru hanya mendengung dengan suara yang cukup keras saja ketika dinyalakan.

Solusi dari permasalahan ini adalah dengan mengganti kapasitor dari mesin cuci secara langsung. Penggantian bisa dilakukan sendiri atau bisa juga meminta bantuan tukang service.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Bocor

Cara memperbaiki mesin cuci yang bocor dilakukan dengan mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu. Salah satu penyebab yang bisa memicu mesin cuci dari bocor adalah masalah pada karet atau seal. Selain itu masalah pada selang juga bisa terjadi khususnya di bagian belakang.

Berikut adalah cara memperbaiki mesin cuci yang bocor sebagai berikut:

  1. Memperbaiki Karet Seal

    Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebocoran pada mesin cuci adalah dengan memperbaiki karet seal. Bagian ini harus diperbaiki agar air dari dalam tidak merembes keluar dengan mudah ketika dipakai untuk mencuci.

  2. Mengganti Selang

    Selang yang digunakan untuk menyimpan air di bagian belakang juga harus diganti apabila terjadi kebocoran. Selang harus diganti dengan yang baru atau bisa juga di bagian yang bocor diberikan lem khusus agar tidak merembes keluar.

  3. Mengecek Sumbatan

    Wajib melakukan pengecekan pada sumbatan yang biasanya terjadi di area selang air. Penyumbatan ini bisa muncul akibat adanya penumpukan kotoran dari air atau kotoran yang berasal dari pakaian yang dicuci.cara memperbaiki mesin cuci

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Air Tidak Keluar

Selain bocor ternyata mesin cuci juga bisa mengalami masalah pada air yang tidak bisa keluar. Cara memperbaiki mesin cuci air tidak keluar adalah sebagai berikut:

  1. Mengecek terlebih dahulu saluran air karena kotoran yang berasal dari pakaian bisa saja menumpuk dan akhirnya menyumbat area itu.
  2. Cek juga apakah ada koin atau uang yang masuk ke sana sehingga menyumbat saluran air.
  3. Lakukan pengecekan bagian klep saluran air, apakah sudah tidak bisa berfungsi secara maksimal sehingga sulit untuk menyalurkan air dengan lancar.

Apabila 3 hal diatas sudah dicek dan diatasi, kemungkinan besar bisa langsung dipakai dan air bisa keluar dengan sendirinya.

Baca juga: cara pasang wastafel cuci tangan di dinding

Cara Memperbaiki Mesin Cuci 1 Tabung & 2 Tabung

Cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung secara umum sebenarnya hampir sama seperti apa yang sudah dibahas di atas. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui masalahnya terlebih dahulu. 

Cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung adalah:

  • Cek apakah mesin cuci tidak mau berputar
  • Dengarkan bunyinya, apakah muncul dengungan
  • Amati kebocoran air, di depan atau belakang
  • Lihatla apakah air tidak mau keluar
  • Atur pengeringnya apa sudah tidak bekerja dengan baik

Apabila masalah di atas bisa diatasi sendiri karena mudah untuk mengganti suku cadang, Anda bisa langsung membeli di service center resmi atau toko alat mesin cuci. Tetapi jika masalahnya pada mesin dan cukup kompleks lebih baik untuk memanggil tukang servis agar tidak menimbulkan kerusakan yang lain.

Baca juga tulisan kami tentang: fungsi gelas beaker

Cara memperbaiki mesin cuci khususnya untuk masalah yang sederhana tidak perlu memanggil tukang service ke rumah. Tetapi apabila masalah pada mesin cuci sudah cukup parah seperti ada kesalahan pada mesin sehingga harus diganti komponen, servis adalah salah satu satu yang bisa diambil.

Sebelum itu semua tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan sendiri pada mesin cuci. Terkadang masalah yang sederhana bisa diatasi dengan mudah sehingga mesin cuci bisa digunakan kembali.