cara memperbaiki teflon yang lengket

Cara Memperbaiki Lapisan Teflon yang Terkelupas

Posted on

Teflon adalah alat masak andalan para ibu-ibu di rumah. Untuk menjaganya agar awet digunakan dengan merawat permukaan teflon. Namun, bagaimana jika permukaannya terkelupas. Anda tidak perlu khawatir, cukup mencoba cara memperbaiki lapisan teflon yang terkelupas berikut ini.

Lapisan permukaan telflon akan bertahan lama karena dilapisi keramik atau besi. Selain itu, bahan-bahan tersebut membuat permukaan tidak lengket.

Sehingga walaupun digunakan untuk menggoreng, menumis, dan memanggang tidak akan mengurangi kualitas bahan anti lengket.  Teflon yang tahan lama juga membutuhkan perawatan prima.

Setelah sebelumnya kami bahasa bagaimana cara menambal panci bocor, kali ini kami ulas tentang cara memperbaiki teflon yang tergores.

Cara Memperbaiki Teflon yang Mengelupas

Anda dapat menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur untuk menghilangkannya. Alhasil, teflon dapat digunakan secara optimal dengan mengeluarkan budget yang murah meriah. Bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Berikut cara memperbaiki lapisan teflon yang terkelupas atau tergores sbb:

  1. Panaskan Oven Menggunakan Suhu Tinggi

    Langkah pertama cara mengatasi teflon yang mengelupas adalah: perhatikan ketika akan melapisi permukaan teflon gunakan oven. Panaskan suhu oven hingga 180 ºC. Ketika digunakan untuk melapisi teflon sebaiknya tidak bersamaan dengan memasak makanan lain di dalam oven.
    Sebab dikhawatirkan proses melapisi teflon akan gagal total. Yang mana penyebab utamanya karena permukaan teflon terpapar uap dari bahan masakan lain dalam oven tersebut.Cara Memperbaiki Lapisan Teflon yang Terkelupas

  2. Cuci dan Keringkan Teflon yang Tergores

    Selanjutnya, diawali dengan menggosok seluruh bagian teflon menggunakan sikat dan sabun cair. Ingat hanya bahan ini yang digunakan agar melapisi teflon lebih maksimal. Sebaiknya tidka menggunakan bahan tersebut jika permukaan teflon telah dilapisi.
    Proses mencuci teflon harus dilakukan dengan lembut dan tidak boleh terlalu keras. Keringkan teflon yang sudah dicuci menggunakan lap kering dan pastikan tidak ada butiran air menempel.

  3. Lapisi Teflon Tergores dengan Bahan Berlemak

    Anda dapat menggunakan bahan berlemak seperti mentega padat atau vegetable shortening untuk melapisi permukaan teflon. Apabila ingin bahan yang lebih baik lagi maka gunakan minyak zaitun.
    Ketika melapisi teflon gunakan kuas bersih dan ratakan ke seluruh permukaan. Setelah selesai sebaiknya memastikan jika seluruh permukaan wajan telah terlapisi minyak dengan sempurna. Kemudian lanjut dengna menggosok permukaan menggunakan tisu kering.

  4. Letakkan Teflon dalam Oven dan Panaskan

    Proses selanjutnya yakni meletakkan teflon ke dalam oven hidup yang sudah dipanaskan dengan suhu tinggi sebelumnya. Masukkan teflon yang telah diolesi minyak zaitu atau mentega ke dalam oven dalam waktu 30 menit.
    Anda tinggal membiarkan minyak atau lemak pada permukaan teflon terpanggang dengan baik sekitar 30 menit. Jika sudah mencukupi waktu 30 menit maka keluarkan teflon dari dalam oven. Jangan lupa untuk mendingin teflon terlebih dahulu.

  5. Ulangi Langkah Diatas

    Cara memperbaiki lapisan teflon yang terkelupas diatas tidak cukup dilakukan satu kali. Anda direkomendasikan untuk mengulangi cara-cara diatas sebanyak 2 sampai 3 kali. Pastikan bahwa lapisan minyak yang dioleskan pada permukaan teflon lebih dari 1 lapisan minyak.
    Tujuan dari melapisi permukaan teflon berkali-kali supaya permukaan wajan menjadi anti lengket. Terutama lapisan permukaan tambahan tersebut tidak mudah dihilangkan karena memasak terus-terusan.
    Sebaiknya ulangi cara memperbaiki lapisan teflon yang terkelupas secara berkala. Alhasil, setiap kali teflon digunakan untuk kegiatan memasak, minyak dari masakan dapat meresap otomatis ke permukaan teflon dan melapisinya.
    Supaya permukaan teflon yang sudah dilapisi tidak mudah rusak sebaiknya perhatikan cara merawat teflon. Khususnya ketika membersihkan teflon tidak dilakukan dengan bantala gosok kasar atau sabun yang kasar.
    Kedua bahan tersebut hanya akan merusak lapisan permukaan teflon dan mengikisnya secara perlahan. Cara diatas bisa memperbaiki teflon yang mengelupas dengan efektif.

Jika Anda masih ragu dalam memperbaikinya, ribet & pengen cepet-cepet. Anda bisa membeli saja teflon baru yang memiliki fitur anti gores, misalnya di Shopee ada teflon anti gores disini, sehingga kedepan Anda tidak akan mengalami teflon yang mudah terkelupas lagi.

Cara Menghilangkan Minyak Pada Teflon Setelah Memasak

cara memperbaiki teflon yang tergores

Setelah memasak dan mencuci teflon sering kali butiran atau sisa minyak goreng menempel. Residu minyak tersebut bisa membuat teflon terlihat kotor jika dibiarkan berlama-lama. Oleh sebab itu, hilangkan minyak dari atas permukaan teflon menggunakan cara-cara berikut ini.

1. Baking Soda

Apabila teflon Anda ditempeli dengan noda lengket yang membandel maka dapat dibersihkan dengan baking soda. Hasilnya terbukti membuat permukaan teflon kinclong dan tampak bersih. Pertama-tama sebuah ambil wadah dan tuangkan air dan 3 sdm baking soda ke dalamnya.

Selanjutnya aduk-aduk larutan tersebut sampai tercampur rata.  Anda dapat menuangkan campuran larutan di atas teflon yang lengket. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu gosoklah permukaan teflon dengan gerakan lembut dan menggunakan spon.

Sangat direkomendasikan menggosok permukaan teflon dengan gerakan memutar supaya kotoran membandel mudah dihilangkan.  Jika dirasa kotoran sudah hilang maka saatnya mencuci bersih teflon dengan sabun dan air mengalir.

[button-blue url=”https://goeco.mobi/h1i5q4i” target=”_blank” position=”left”]Beli Baking Soda di Lazada[/button-blue][button-red url=”https://goeco.mobi/axtbwba” target=”_blank” position=”left”]Bukalapak[/button-red][button-yellow url=”https://shp.ee/ezi4z83″ target=”_blank” position=”left”]Shopee[/button-yellow][divider]

2. Minyak Sayur

Ternyata kegunaan minyak sayur tidak hanya untuk memasak dan menumis makanan semata. Minyak sayur dapat digunakan untuk menghilangkan noda bandel dan sisa makanan menempel diatas permukaan teflon.

Anda dapat menuangkan minyak sayur pada atas permukaan teflon. Selanjutnya mengambil spons dan gosokan dengan gerakan lembut pada bagian teflon tertempel noda hingga noda menghilang.

Akan tetapi menggunakan minyak sayur untuk menghilangkan noda padaa permukaan teflon cukup memakan banyak waktu. Walaupun hasilnya sangat memuaskan karena teflon bebas dari noda-noda. Ingat setelahnya mencuci teflon dan bilas sampai bersih menggunakan air.

3. Menggunakan Sabun Cair

Untuk mencuci teflon yang tertempel noda membandel juga dapat menggunakan sabun cair. Dimana caranya cukup mudah yakni dengan menuangkan sabun cair pada permukaan dan dibiarkan dalam waktu 15-20 menit.

Setelah dibiarkan kemudian gosok secara perlahan menggunakan spon lembut. Terutama pada bagian yang terkena noda sebaiknya gosok dengan gerakan memutar. Menggosok teflon sampai bersih dan bilaslah dengan air mengalir, jangan lupa untuk mengeringkannya.

4. Menyiramkan Air Panas

Air panas dapat digunakan untuk menghilangkan minyak ataupun noda membandel yang menempel pada permukaan teflon. Sebaiknya gunakan air panas yanf mendidih agar proses membersihkan permukaan teflon lebih maksimal.

Pertama siramkan air yang panas diatas permukaan teflon dan tuangkan 3-4 tetes sabun cair khusus mencuci piring cair. Kemudian diamkan begitu saja sampai air tersebut dingin, kurang lebih menghabiskan waktu 15-20 menit.

Noda membandel yang lengket pada permukaan teflon akan mengelupas sendiri. Sehingga permukaan teflon lebih mudah dibersihkan. Setelah dingin gosokkan permukaan teflon dengan spons dan sabun pencuci piring.

Dalam proses ini Anda tidak perlu menggunakan atau mengganti sabun lagi. Pasalnya, sabun pencuci piring sudah dituangkan sejak awal dan tercampur dengan air.

Gosok permukaan teflon dengan gerakan memutar dan bilas dengan air bersih. Cara ini juga bisa bisa memperbaiki teflon yang lengket.

Apakah Lapisan Telfon yang Terkelupas / Tergores Berbahaya Bagi Kesehatan?

cara memperbaiki teflon yang lengket

Banyak ibu-ibu dirumah meremehkan masalah lapisan teflon yang terkelupas. Lantas jika digunakan apakah permukaan teflon yang terkelupas akan berdampak bagi kesehatan? Sebelum menyimpulkannya sebaiknya menyimak pandangan dari ahli kesehatan.

Menurut seorang dokter dari RS Dharmais bernama dr. Ledy Kumala Dewi mengatakan bahwa wajan anti lengket dengan permukaan terkelupas sangat berbahaya. Apabila dipaksakan penggunaannya dalam jangka waktu lama akan menyebabkan penyakit kanker.

“Teflon terkelupas ini sangat berbahaya bagi kesehatan sebab aluminium jika menempel pada makanan akan meningkatkan risiko kanker,” ujarnya saat diwawancarai oleh detik.com.

Selanjutnya, dr. Ledy Kumala Dewi mengatakan akan berdampak buruk bagi fungsi kognitif seseorang. Terutama jika digunakan untuk memasak makanan anak bayi dan ibu yang sedang mengandung.

Dari uraian diatas sangat worth it untuk menerapkan cara memperbaiki lapisan teflon yang terkelupas. Ingat jangan biarkan menggunakan teflon yang permukaannya terkelupas dalam waktu lama. Sebab akan membahayakan kesehatan dan berpotensi menimbulkan penyakit kanker.