Cara Memperbaiki Kompor Gas Rinnai Api Kecil

Saat ini banyak ibu rumah tangga dan UMKM makanan memanfaatkan kompor gas. Alasan utamanya karena bahan bakar kompor gas yakni elpiji mudah ditemukan. Namun, menggunakan kompor gas bukan berarti terlepas dari permasalahan seperti api kompor gas nyala kecil.

Apabila hal ini terjadi tentu membuat pemilik kompor ketar-ketir. Sebab, masakan yang dimasak bisa jadi kurang matang dan merusak dasar dari wajan penggorengan. Apalagi kompor gas berapi kecil menimbulkan bau kurang sedap saat digunakan dan waktu memasak lebih lama.

Kenali Spare Part Kompor Gas agar Menyala dengan Baik

cara kompor gas tidak menyala

Sebelum lebih jauh membahas cara memperbaiki kompor gas api besar dan kecil. Agar lebih mudah, kita definisikan dulu bagian kompor. Ini adalah dasar kita agar tahu cara memperbaiki kompor gas rinnai yang tidak menyala.

Secara umum spare part kompor gas adalah sebagai berikut:

1. Spiral dan Selang Kompor

Spiral dan selang kompor gas menjadi suatu komponen berfungsi sebagai spare part yang menyalurkan gas dari tabung ke kompor. Biasanya spare part spiral maupun selang kompor rentan rusak karena tertekuk ataupun digigit oleh tikus-tikus.

2. Burner

Burner merupakan salah satu komponen yang bekerja sebagai tempat mengeluarkan api. Adapun bentuk burner umumnya bulat serta memiliki lubang-lubang api pada bagian dalam.

3. Body Burner

Body burner merupakan suatu komponen dalam kompor gas yang berperan menjadi tempat meletakkan Burner. Sehingga dapat mengeluarkan api yang berbentuk cukup panjang.

4. Regulator Gas

Regulator gas merupakan salah satu komponen penting lainnya yang bekerja dalam mengatur aliran dari gas. Biasanya regulator gas laris digunakan beserta dengan meteran yang berguna sebagai alat pengukur isi gas.

5. Tungku Penyangga

Tungku penyangga juga tak kalah pentingnya karena berperan sebagai penyangga peralatan masak saat proses memasak dilakukan. Kegunaan tungku penyangga sebagai penyangga wajan maupun panci.

6. Knop Kompor

Knop kompor menjadi salah satu spare part kompor gas yang tidak kalah penting. Adapun fungsi dari knop kompor yakni menyalakan api. Umumnya knop kompor sering rusak karena bagian ulirnya yang rawan sekali patah.

Itulah bagian kompor gas, beda jenis tentu bisa jadi berbeda. Misalnya kompor listrik, meskipun cara menyalakan kompor listrik dan kompor gas sedikit berbeda, tetapi aksesoris dan bagian-bagiannya relatif sama.

Cara Memperbaiki Kompor Gas

Berikut cara memperbaiki kompor gas rinnai api kecil adalah sebagai berikut:

  1. Lepaskan tungku dan burner kompor gas.

  2. Sikat bagian yang kotor menggunakan kain lap yang lembab hingga bersih.

  3. Rendam permukaan kompor gas yang sudah dibuka dalam larutan cuka. Hal ini dapat dilakukan apabila noda pada tungku penyangga dan corong api tak juga kunjung hilang.

  4. Keringkan komponen yang dicuci sampai benar-benar kering sebelum dipasangkan lagi pada kompor.

Cara memperbaiki kompor gas rinai api kecil yang efektif yakni dimulai dari mengetahui penyebab terlebih dahulu. Lakukan pengecekan komponen kompor gas satu per satu. Mulai dari pengecekan isi tabung gas, posisi knob, dan komponen-komponen lainnya.

Dalam hal ini dibutuhkan treatment khusus jika permasalahan utama adalah burner, tungku, serta pematik api yang tersumbat karena noda membandel.

cara membersihkan kompor gas yg apinya merah

Ketika burner dan tungku dibersihkan, namun api menyala tetap saja kecil maka lakukan perbaikan lain. Misalnya mengecek pematik yang dapat dibersihkan menggunakan kawat kecil yang tipis.

Jika bagian tungku, burner, dan pemantik sudah diperbaiki tetapi masalah nyala api kompor tetap kecil. Maka sangat disarankan untuk membawa kompor ke tukang reparasi. Karena cara memperbaiki burner kompor gas agak berbahaya jika tidak menggunakan alat lengkap & teknik reparasinya juga harus super hati-hati.

Nah, ternyata sebenarnya sangatlah mudah dan dapat diperbaiki sendiri. Sebelum menyelesaikan artikel ini, berikut tips tambahan agar kompor gas tetap nyala normal, yaitu kenali dahulu spare part kompor gas. Ini bisa menjadi solusi dari masalah api kompor gas rinnai yang mengecil. Check this out!

Penyebab Kompor Gas Rinai Mengeluarkan Api Kecil

Cara Memperbaiki Kompor Gas Rinnai Api Kecil

Salah satu masalah cukup besar dialami saat menggunakan kompor gas adalah api yang dikeluarkan mengecil.

Menyelesaikan masalah satu ini cukup mudah asalkan mencari tahu akar dari penyebab kompor gas apinya kecil terlebih dahulu.

Berikut ini deretan penyebab kompor rinai yang apinya kian mengecil adalah sebagai berikut:

1. Penyumbatan Karena Kotoran

Hal pertama yang harus diperhatikan saat menggunakan kompor adalah kebersihan kompor gas. Sebaiknya perhatikan kebersihak kompor karena jika kotoran menempel dibiarkan berlama-lama menjadi kerak. Tentunya kerak pada permukaan kompor gas akan sulit dihilangkan.

Alhasil, sangat mungkin kerak menyumbat corong api hingga membuat nyala api menjadi semakin kecil. Api yang dikeluarkan kompor gas pun kurang maksimal karena bagian corong tersumbat.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk membersihkan kerak pada permukaan kompor gas supaya tidak menjadi penyumbat. Dapat menggunakan air lemon, jeruk nipis, dan baking soda guna mengangkat kotoran diatas permukaan kompor dengan mudah.

2. Tungku Kompor Tertutup Kerak

cara memperbaiki kompor gas rinnai yang tidak menyala

Tungku kompor adalah salah satu komponen yang wajib diperhatikan kebersihannya. Pasalnya, bagian satu ini adalah pusat inti agar kompor dapat menyala. Apabila tungku kompor menjadi kotor dan tertutup kerak berakibat besar membuat nyala api menjadi kecil.

Jadi, sudah menjadi kewajiban rutin untuk membersihkan tungku kompor setiap usai memasak. Sehingga tidak timbul kerak pada bagian tungku kompor. Mengingat bagian tungku merupakan area yang sering digunakan untuk meletakkan makanan yang hendak dimasak. Otomatis bagian tersebut sering terciprat minyak goreng dan tetesan dari bahan makanan.

3. Kompor Gas Apinya Kecil Karena Masalah Katup Gas

Katup gas sangat rawan rusak ini juga menjadi penyebab nyala api kompor gas mengecil. Tak dapat dipungkiri bahwa katup gas adalah komponen penting dalam kompor gas.

Sebab, katup gas menjadi penghubung antara kompor dan tabung gas. Saat melakukan pengecekan katup gas juga harus berhati-hati. Karena salah sedikit malah membuat kompor gas apinya kecil.

Oleh sebab itu, taka da salahnya memanggil tukang servis kompor. Jika keliru saat membetulkan bagian katup gas dapat menyebabkan kesalahan fatal. Alhasil, saat kompor gas dinyalakan dapat menimbulkan kebakaran secara tiba-tiba.

4. Aliran Gas Terhambat Akibat Selang Kotor

Selang kompor gas menjadi salah satu komponen penghubung tabung gas elpiji dan kompor gas. Sehingga gas elpiji yang dialirkan membuat kompor menyala. Apabila selang kompor kotor juga membuat nyala api yang dihasilkan kompor gas menjadi kecil. Sebab kotoran yang menyumbat aliran gas elpiji menuju kompor.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa selang gas adalah bagian krusial. Sangat dianjurkan untuk melakukan pengecekan secara berkala terhadap bagian selang gas. Tetapi berhati-hati ketika melakukan pengecekan selang yang tersambung dengan kompor gas supaya tidak mengalami kebocoran.

5. Pemantik Kompor Gas Rinnai Tidak Bekerja Optimal Karena Kotor

Pemantik api adalah bagian yang diputar supaya menyalakan kompor gas. Apabila bagian pemantik pada kompor gas kotor resikonya membuat kompor gas rusak. Hal ini dapat menyebabkan nyal api mengecil.

Cara memperbaiki pemantik kompor gas rinnai yaitu dengan rutin membersihkan komponan pemantik dari kompor gas. Usahakan selalu membersihkan kotoran sebelum menjadi kerak karena lebih mudah dan cepat dibersihkan. Cara mudahnya dengan mencuci komponen dan mengelap komponen pemantik api.

Sebenarnya penyebab dasar nyala api kompor gas kecil karena adanya kotoran yang menempel pada komponen-komponen krusial. Jadi, tidak ada salahnya untuk membersihkan kompor gas setelah digunakan untuk memasak. Mengingat sangat mungkin sisa dari bahan makanan menetes dan menyipratnya minyak goreng pada permukaan kompor gas.