cara membersihkan burner kompor gas rinnai

Cara Memperbaiki burner Pada Kompor Gas dan Beberapa Solusi Masalah Pada Kompor Gas

Sedang mencari cara memperbaiki burner kompor gas Anda. Jangan khawatir. Anda tidak sendirian. Sebab ada banyak orang yang mengalami masalah dengan Anda. Mengapa demikian? Dan bagaimana solusinya? Silahkan baca sampai akhir, karena kami akan membahas berbagai problem kompor gas dan bagaimana cara mengatasinya.

Berbagai Masalah Pada Kompor Gas

Bicara tentang kompor gas yang baik, seharusnya kompor tersebut mengeluarkan api biru. Jika kompor Anda sesekali mengeluarkan percikan api merah, itu masih terbilang normal.



Kemudian, kompor gas lazimnya menghasilkan api yang sama besar dan tingginya (atau rata) dan donegan nyala yang stabil, tidak seperti kompor minyak yang nyala apinya naik turun.

Akan tetapi, ketika kompor gas Anda menghasilkan api berwarna merah secara terus menerus… dan nyala api dinilai terlalu besar atau terlalu tinggi padahal pemantik (atau ceklekan kompor) Anda putar ke bagian api terkecil….

Itu tandanya kompor gas Anda mengalami masalah, dan harus segera ditindaklanjuti.

Tetapi Anda tidak perlu berkecil hati, karena banyak masalah yang dialami kompor gas, sejatinya bukanlah masalh besar. Siapapun Anda, bapak atau emak-amak pun bisa menangani masalah ini. Berikut adalah cara untuk mengatasi berbagai masalah kompor gas.

Baca juga artikel kami tentang cara menggunakan kompor listrik maspion, api lebih besar bebas masalah susah meyala.

Penyebab kompor gas mengeluarkan api merah

Api berwarna merah pada kompor gas Anda bisa terjadi oleh sebab proses pembakaran pada burner kompor gas yang terjadi dengan proses tidak sempurna.

Solusi ini Anda bisa baca tulisan kami tentang cara memperbaiki kompor gas yang tidak menyala, disana lebih jelas dibahas lengkap.

Air flow atau aliran udara yang menuju ke burner mengalami hambatan dikarenakan tumpukan kotoran yang menyumbat ventilasi pada lingkaran burner.

Cara untuk mengatasi masalah ini yakni dengan cara membersihkan badan kompor beserta burnernya secara teratur. Karena bila tidak ada kotoran yang menyumbat alias bersih, maka warna api dari kompor gas Anda akan kembali berwarna biru.

Kabar baiknya, membersihkan burner kompor ini ternyata sangat mudah. Saking mudahnya seorang pemula pun akan mampu melakukannya. Mengapa demikian? Karena semua bahan yang Anda perlukan untuk membersihkan burner kompor ada di dapur.

Belum percaya? Mari kita buktikan bersama. Inilah cara membersihkan burner kompor gas.

Cara membersihkan burner kompor Gas

cara mengatasi kompor gas tersumbat

Berikut ini adalah bahan – bahan yang Anda butuhkan untuk membersihkan burner kompor, dilengkapi dengan langkah-langkahnya.

Alat dan bahan:

  • Air
  • Panci
  • Sarung tangan anti panas (opsional)
  • Sikat gigi
  • Cuka putih
  • Bubuk soda kue
  • Botol semprotan

Langkah dan Cara membersihkan burner kompor gas

  1. Biarkan kompor menjadi dingin untuk sesaat usai digunakan untuk memasak. Setelah itu, lepaskan tatakan tungku dari kompor, tutup burner, serta kepala burner.

Catatan: Jika kompor masih panas, Anda bisa memakai sarung tangan anti panas untuk melakukan kegiatan ini.

  1. Isi panci yang telah Anda siapkan dengan setengah cuka dan setengah air biasa. Letakkan burner yang telah Anda lepas ke dalam tungku. Usahakan semua bagian terendam dalam air.
  1. Biarkan burner terendam di dalam larutan selama kurang lebih setengah jam.
  1. Setelah mencapai setengah jam, silahkan angkat burner lalu bilas benda tersebut dengan air mengalir.
  1. Campur air serta soda kue sampai bentuknya menyerupai pasta atau gel.
  1. Olesi burner yang tadi Anda copot dengan pasta hasil perpaduan soda kue dan gel. Biarkan saja selama lima belas sampai setengah jam.
  1. Lalu sikat dengan menggunakan sikat. Ini dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa noda yang masih menempel.
  1. Bilas dan bersihkan kepala serta tutup burner, sebelum Anda pasang kembali. Jangan lupa untuk mengelapnya dengan lap bersih dan kering.

Itulah cara untuk membersihkan burner kompor gas. Kemudian bagaimana caranya membersihkan seluruh body kompor gas? Kan lucu kalau hanya burnernya saja yang dibersihkan.

Membersihkan body kompor gas sebenarnya juga tidak susah. Anda tinggal bersihkan saja seperti biasa dengan air sabun. Yang perlu Anda perhatikan adalah proses pembersihan ini hendaknya dilakukan tiga bulan sekali. Supaya kompor gas Anda awet dan selalu bisa diandalkan!

Cara memperbaiki Burner Kompor Gas

kompor gas susah menyala

Oke, sekarang kita sampai pada ‘inti’ permasalahan. Bagaimana cara memperbaiki burner kompor gas? Burner kompor gas ini terbuat dari metal keras dan berfungsi untuk menyebarkan nyala api dari kompor. Ketika burner Anda ‘rusak’ tentu ini menyebabkan api menjadi tidak normal.

Namun, apa yang bisa Anda lakukan ketika burner ini ‘rusak’? Cara termudah adalah dengan membawa kompor Anda ke tukang servis, dimana tukang akan menggantinya dengan yang baru. Atau Anda bisa menggantinya langsung.

Mengapa harus diganti? Karena seperti yang kami katakan, bahwa burner kompor gas terbuat dari metal keras. Sehingga jika dia rusak, keropos atau ada bagian yang pecah maka solusi terbaik adalah untuk menggantinya.

Beda lagi masalahnya jika ‘rusak’ yang dimaksud di sini adalah kotor atau berkerak. Karena kotor dan kerak masih bisa dibersihkan dengan cara di atas.

Simak juga artikel kami tentang kenapa kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku, agar perabotan elektronik dapur Anda selalu siap guna serta mencegah kerusakan lebih dini.

Masalah-masalah pada kompor gas dan cara mengatasinya

Berikut ini adalah beberapa masalah yang biasanya terjadi pada kompor gas.

  1. Katup Pengaman Gas Bermasalah

Tahukah Anda, jika pada umumnya, penyebab ‘kompor rusak’ bukan berasal dari kompor itu sendiri. Namun justru biasanya disebabkan oleh sebab katup pengaman pada regulator gas tertutup.

Solusinya adalah, silahkan lepas regulator dari tabung. Kemudian goyang-goyangkan tabung gas tersebut. Setelah itu pasang regulator ke tabung gas kembali.

  1. Api Yang tidak rata

Masalah lain yang terjadi adalah, jika aliran api tidak merata. Jika masalah nyala api yang tidak rata ini terjadi, maka hal yang harus dilakukan adalah:

cara membersihkan burner kompor gas rinnai

Pertama, bersihkan kotoran dan kerak yang menempel pada burner kompor gas Anda.

Kedua, pastikan burner serta kepala burner yang terbuat dari kuningan (burner head) telah terpasang dengan baik. Ini ditandai dengan tidak adanya rongga antara burner kompor gas dengan kepala burner dari kuningan tersebut.

  1. Kompor Yang Sulit Menyala

Masalah ini terjadi, ketika Anda pertama kali menyalakan kompor. Api tidak menyala, sehingga Anda mesti memutar knop pemantik beberapa kali hingga bisa menyala.

Sebenarnya, sambungan selang yang kendur ternyata bukan merupakan penyebab kompor sulit menyala. Namun kendurnya selang gas, justru yang akan mengakibatkan bahaya yang lebih fatal. Apa? Yaitu kebocoran gas dalam rumah.

Yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pengecekan rutin sambungan selang gas dan regulator. Anda disarankan untuk mengganti selang gas, bila mulai retak, getas atau permukaan selang tersebut sudah mulai retak.

Dan umumnya kompor yang susah menyala disebabkan oleh beberapa hal ini.

Jika masalah api yang susah menyala ini terjadi setelah penggantian tabung gas, maka bisa jadi salah satu penyebabnya ada pada pemantik atau nozzle di kompor kotor gas Anda, akibat terkena banyak kotoran, minyak atau sisa makanan yang menempel.

Kalau kasusnya seperti ini, maka jalan keluarnya adalah dengan membersihkan bagian yang terkena kotoran tersebut dengan menggunakan sikat atau bisa juga dengan kawat.

Oiya, biasakan kompor selalu dibersihkan dengan cara dilap pakai lap kering dan bersih setelah digunakan.

Kesimpulan

Terimakasih sudah membaca artikel tentang cara memperbaiki burner kompor gas ini. Meski Anda tidak bisa memperbaiki burner tersebut, namun Anda masih bisa melakukan hal-hal yang mencegah burner rusak. Kuncinya adalah menjaga kebersihan kompor, serta melakukan pengecekan berkala. Jika Anda menemukan kerusakan kecil atau bagian-bagian kompor mulai aus, mungkin sebaiknya Anda segera mengganti bagian-bagian yang aus tersebut.

Leave a Reply