Ini Dia Cara Membuat Stainless Steel Mengkilap Dengan Mudah

Posted on

Sebagai pengguna, Anda wajib tahu bagaimana cara membuat stainless steel mengkilap. Memang, perabotan yang terbuat dari bahan stainless steel ini mudah mengkilap. Hanya saja, karena faktor usia membuat perabotan yang terbuat dari bahan stainless steel terlihat kusam bahkan berpotensi mengalami karatan. 

Maka dari itu, Anda wajib memberikan treatment agar perabotan dari bahan stainless steel ini kembali mengkilap dan tidak berkarat. Ada beberapa cara untuk melakukan perawatan. Tak perlu khawatir, cara ini dirasa cukup aman dan tidak membuat perabotan mengalami kerusakan.

Selain mempelajari tentang tata cara membuat perangkat berbahan dasar dari stainlesss steel mengkilap, Anda juga harus tahu bagaimana cara merawat perabotan tidak terlihat kusam hingga berkarat. Jika Anda melakukan perawatan secara berkala, maka dapat dipastikan jika perabotan tidak akan mengalami kerusakan meski telah digunakan beberapa tahun ke depan.

Pentingnya Membuat Perabotan dari Bahan Stainless Steel Mengkilap

Memang, Anda harus menjaga kebersihan perabotan yang terbuat dari bahan stainless steel. Sehingga pengguna dituntut untuk selalu melakukan perawatan dengan cara membersihkan secara berkala.

Ada beberapa faktor mengapa perabotan dari bahan stainless steel ini harus dibersihkan secara berkala. Faktor pertama, perabotan yang terbuat dari bahan stainless steel ini mudah berdebu. 

Sehingga Anda harus membersihkan perabotan seperti panci, penggorengan, hingga peralatan makan agar tidak berdebu ketika digunakan. Anda dapat mencuci atau hanya menggunakan kain lap untuk membuat staninless steel mengkilap tanpa perlu menggunakan bahan lainnya.

Faktor kedua adalah keawetan dari perabotan dari bahan stainless steel. Memang tak perlu diragukan jika perangkat dari bahan stainless steel ini sangat kuat. Selain itu, perabotan tersebut juga tahan terhadap karat karena terbuat dari baha ringan.

Akan tetapi, karena faktor resistensi tentu membuat perabotan tersebut kemudian memunculkan karatan. Sehingga butuh perawatan ekstra agar perabotan dapat digunakan sebagaimana fungsinya. 

Oleh karena itu, Anda wajib tahu apa saja yang membuat perabotan berbahan dasar stainless steel ini mudah berkarat hingga menyebabkan kerusakan fungsi secara permanen.

Penyebab Perabotan Berbahan Stainless Steel Mudah Rusak & Ada Karatnya

cara membersihkan panci stainless baru memoles

Ada beragam penyebab mengapa perabotan yang terbuat dari bahan stainess steel ini mengalami kerusakan hingga tidak dapat digunakan kembali. Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya.

Sebab, kerusakan permanen membua perabotan tidak dapat difungsikan kembali secara normal. Jadi, selain mempelajari bagaimana cara membuat stainless steel mengkilap juga harus mengetahui apa yang membuat perabotan mengalami kerusakan permanen. 

Maka dari itu, ini dia beberapa penyebab perabotan dari bahan stainless steel mengalami kerusakan permanen. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Membersihkan dalam Kondisi Panas

Menyiram panci serta wajan panas ke air dingin merupakan metode yang bagus buat membengkokkan ataupun membongkar panci. Kejutan perbandingan temperatur pula menimbulkan uap, yang dapat membakar tangan Anda. 

Berlatihlah dengan sedikit kesabaran serta perkenankan panci mendingin saat sebelum berupaya membersihkannya. Mencuci perabot stainless steel dalam kondisi dingin. 

Pakai air mengalir yang bersih. Air yang berpasir ataupun kotor bisa meninggalkan residu pada permukaan perabot stainless steel. Itu pula dapat menodai ataupun mengganggu permukaan baja tahan karat. Yakinkan buat membasuh seluruh permukaannya

  • Kandungan Garam Cukup Tinggi

Mengasinkan air dalam panci stainless steel saat sebelum memanaskan air bisa mengakibatkan munculnya lubang kecil karat pada permukaan. Ini kesalahan simpel, namun tidak bisa diabaikan begitu saja.

Pencegahannya sesederhana, perkenankan air mendidih saat sebelum meningkatkan garam. Berhati- hatilah buat meningkatkan sedikit demi sedikit garam sebab meningkatkan garam ke air mendidih dapat buatnya lebih mendidih. Untuk mengatasi hal tersebut, segera pelajari bagaimana cara membuat stainless steel mengkilap seperti sedia kala.

  • Tidak Mengelap Perabotan Stainless Steel Hingga Bersih

Sisa Air bisa meninggalkan bercak pada perabot stainles ssteel bila dibiarkan begitu saja. Guna menghindari bercak- bercak yang timbul, maka pastikan Anda telah mengeringkan perabot stainless steel dengan kain lembut. 

Alih- alih membiarkannya mengering di peniris piring. Oleh sebab itu, gunakan kain lap bersih untuk membersihkan sisa air cucian sebelum menyimpan pada almari.

Tutorial Lengkap Memoles & Cara Membuat Stainless Mengkilap

cara menghilangkan karat pada panci stainless

Setelah mengetahui penyebab perabotan yang terbuat dari bahan stainless steel terlihat kusam atau bahkan berkarat, maka segera pelajari bagaimana cara membuat perabotan tersebut kembali mengkilap.

Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat perabotan dari bahan stainless steel ini kembali mengkilap. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Membersihkan dengan Menggunakan Larutan dari Campuran Baking Soda

Cara ini dipercaya sangat ampuh untuk melarutkan kotoran dan noda-noda yang menempel pada perabotan berbahan dasar dari stainless steel. Caranya cukup mudah sekali. Pertama, siapkan baking soda dan kemudian larutkan dengan air. Aduk hingga merata.

Siapkan kain lap bersih. Lalu, masukkan perabotan dari bahan stainless steel ke air yang telah diberi baking soda. Gosok dengan kail lap tersebut. Rata-rata, cara membuat stainless steel mengkilap ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja.

  • Cara Menghilangkan Karat pada Panci Stainless dengan Stainless Steel Cleaner

Cara kedua ini juga dirasa sangat efektif untuk membersihkan sisa noda membandel pada perabotan berbahan dasar stainless steel. Akan tetapi, Anda harus menyediakan bahan khusus berupa stainless steel cleaner. Anda dapat membelinya di supermarket terlebih dahulu.

Setelah itu, ambil stainless steel cleaner secukupnya. Oleskan pada permukaan perabotan dari bahan stainless steel. Kemudian, gunakan lap kain untuk membersihkan permukaan. 

Selain itu, stainless steel cleaner ini juga berfungsi untuk memproteksi perabotan dari munculnya karat. Jika perabotan berbahan dari stainless steel telah memunculkan karat, maka Anda tidak dapat menggunakannya kembali.

Cara Membersihkan Panci Stainless Baru

cara membuat stainless mengkilap
Ini Dia Cara Membuat Stainless Steel Mengkilap Dengan Mudah

Agar perabotan yang terbuat dari bahan stainless steel tidak mudah berkarat atau rusak permanen, maka Anda harus memberikan perawatan ekstra. Tujuannya agar perabotan dapat digunakan kembali sesuai dengan fungsinya.

Ada beberapa cara mudah untuk merawat perabotan dari bahan stainless steel agar tidak cepat rusak. Pertama, segera gunakan air bersih untuk mencuci perabotan setelah digunakan. Hal ini bertujuan agar tidak ada sisa noda yang menempel pada permukaan.

Sebab, sisa-sisa noda ini dapat menyebabkan permukaan perabotan yang berbahan dasar stainless steel ini berkarat. Cara selanjutnya adalah memberikan cairan berupa stainless steel polis pada permukaan perabotan

Sebab, stainless steel polish ini juga menjadi salah satu cara membuat stainless steel mengkilap. Selain itu, stainless steel polish juga digunakan untuk melindungi perabotan dari debu dan kotoran yang dapat menyebabkan munculnya karat.

Anda dapat membeli cairan stainless steel polish di supermarket terdekat. Jadi, agar perabotan dari bahan stainless steel tetap awet dan tidak berkarat, maka Anda disarankan untuk menggunakan cairan stainless steel polish.

Setiap perabotan yang terbuat dari bahan stainless steel ini wajib dibersihkan secara berkala. Tujuannya agar tidak ada debu atau kotoran yang menyebabkan berkarat. Selain itu, Anda juga harus tahu bagaimana cara membuat stainless steel mengkilap agar dapat digunakan secara terus menerus.