Cara Membersihkan Bagian Luar Kulkas Biar Kinclong

Cara Membersihkan Pintu Kulkas

Posted on

Kebersihan pada kulkas sangatlah penting, termasuk pada bagian pintunya. Jika pintu kulkas rusak, itu bisa mempengaruhi kualitas makanan, performa kulkas, dan terlihat tidak menarik. Selain itu, membersihkan pintu kulkas juga tidak semudah kelihatannya, karena tergantung dari material yang digunakan pada kulkas tersebut. Lalu bagaimanakah cara membersihkan pintu kulkas yang baik dan benar? Mari kita bahas satu per satu.

Cara Kerja Pintu Kulkas

Kamu pasti menyadari keunikan yang ada pada pintu kulkas di rumahmu. Ternyata, cara kerja benda tersebut memang cukup kompleks. Pada dasarnya, tiga komponen utama dalam cara kerja lemari es adalah magnet, karet, dan saklar.

Cara kerja pintu kulkas yaitu dimulai karena adanya magnet yang terpasang di body pintu lemari es, bingkai pintu terbuat dari besi atau baja. Ini menyebabkan gaya tarik menarik dan membuatnya menutup. Magnet ini juga berguna jika kamu ingin memasang pernak pernik yang terbuat dari besi agar terlihat menarik.

Cara Kerja Pintu Kulkas

Kami sarankan untuk membaca juga artikel tentang kompresor kulkas 2 pintu, ini adalah salah satu komponen pada kulkas yang paling penting dan menjadi penyebab awet tidaknya lemari es.

Karet atau segel pada pintu kulkas memiliki beberapa fungsi. Diantaranya adalah perekat antara pintu kulkas dan body kulkas, meredam bunyi saat pintu menutup, dan menjaga temperatur bagian dalam kulkas. Sedangkan, untuk saklar lemari es berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan lampu yang ada di dalam kulkas. Jika saklar ini mati, dapat mengakibatkan kulkas tidak bisa dingin.

Baca juga berapa suhu normal kulkas 1 pintu, agar lemari es Anda awet dan tepat pemakaiannya.

Cara Membersihkan Karet Pintu Kulkas yang Kusam & Kotor

Karet pintu kulkas biasanya adalah tempat menumpuk banyak yang kotoran. Karena itulah, ada baiknya jika dibersihkan secara teratur. Lalu, bagaimanakah cara membersihkannya?

Berikut langkah-langkah cara membersihkan karet pintu kulkas yang kotor dan kusam:

  1. Siapkan air hangat secukupnya

    Dilansir dari laman Sharp, menggunakan air hangat merupakan cara termudah untuk membersihkan karet pintu kulkas. Air hangat adalah langkah pertama yang bagus untuk membersihkan noda debu. Namun, disarankan untuk mencampur dengan bahan yang lain.

  2. Campurkan bahan-bahan lain untuk menambah efektifitas

    Beberapa bahan yang bisa kamu campurkan adalah pasta gigi, detergen, cuka, jeruk nipis. Gunakanlah formula detergen dan cuka, atau jeruk nipis, cuka dan air hangat. Pasta gigi bisa digunakan secara mandiri. Masukkan kombinasi pilihanmu ke dalam ember.

  3. Gunakanlah busa untuk membersihkan pintu kulkas

    Gunakan busa untuk membersihkan setiap bagian pada pintu kulkas. Busa lebih bagus untuk digunakan karena membersihkan celah-celah yang sulit untuk dijangkau. Selain busa, kuas juga efektif digunakan untuk membersihkan celah yang sempit.Cara Membersihkan Pintu Kulkas

  4. Siapkan alkohol secukupnya

    Setelah membersihkan debu dan noda, selanjutnya adalah pembersihan ekstra untuk menghilangkan kuman dan bakteri. Siapkan saja secukupnya, karena penggunaan alkohol bisa di perhemat. Jika tidak ada alkohol, kamu bisa menggunakan klorin.

  5. Bersihkan menggunakan alkohol

    Langkah terakhir adalah gunakan busa/spons yang mengandung alkohol untuk membersihkan karet pintu kulkas yang kedua kalinya. Dengan begitu, pintu kulkasmu tidak hanya bersih dari noda dan debu, tapi juga bebas kuman dan bakteri.

Cara Membersihkan Bagian Luar Kulkas Biar Kinclong

Bagian luar kulkas rentan terkena kotoran karena pengaruh sekitar. Karena itulah, membersihkannya secara rutin merupakan suatu keharusan. Mulai dari bagian pintu, body, dan bagian belakang, harus dibersihkan dengan benar. Selain agar performa kulkas tetap terjaga, hal ini juga penting untuk menjaga kualitas makanan yang ada di dalam kulkas.

Cara membersihkan bagian luar kulkas yaitu sebagai berikut:

1. Cabut steker kulkas

Sebelum mulai membersihkan, alangkah baiknya jika steker kulkas dicabut terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari kecelakaan yang diakibatkan aliran listrik. Selanjutnya siapkan kit pembersih dan mulai langkah kedua.

2. Siapkan larutan yang dibutuhkan

Kamu bisa menggunakan larutan khusus untuk membersihkan kulkas. Jika tidak ada, bisa menggunakan larutan sabun cuci piring. Awas, jangan asal-asalan menggunakan produk pembersih. Karena, menurut Guides SF Gate, beberapa permukaan kulkas dapat rusak oleh pembersih.

3. Gunakan lap kain untuk membersihkan setiap bagian

Gunakan lap kain atau tisu yang sudah mengandung larutan pembersih untuk membersihkan bagian depan, atas, dan samping kulkas. Sedangkan bagian belakang kulkas dibersihkan dengan cara yang berbeda. Beberapa bagian mungkin terdapat jamur atau lumut hitam.

4. Gunakan produk khusus

Untuk mengembalikan kilauan pada bagian luar kulkas, gunakanlah produk khusus pelumas yang umum digunakan. Gunakan pemoles dan oleskan secara teratur, atau semprotkan bila berupa cairan. Kemudian keringkan menggunakan lap kain yang kering.

5. Bersihkan bagian belakang kulkas dengan benar

Bagian belakang kulkas biasanya lebih kotor, karena menyimpan noda, partikel debu, bahkan bulu hewan peliharaan. Karena itulah, silahkan bersihkan menggunakan kain, dan bisa juga menggunakan alkohol untuk menambah keefektifannya.

Cara Membersihkan Pintu Kulkas yang Tergores

Berbeda dengan penyok yang sulit dihilangkan, goresan pada pintu kulkas membuat kurang enak dilihat. Karena itulah, sebaiknya kamu segera menghilangkannya dengan beberapa cara.

Cara membersihkan pintu kulkas yang tergores yaitu sbb:

1. Gosoklah bekas goresan

Karena memiliki tekstur yang abrasif, pasta gigi bisa digunakan untuk menghilangkan serat goresan. Gosok perlahan secara vertikal atau horizontal pada goresan. Oh ya, jangan menggosok menggunakan ampelas, karena bisa jadi tambah rusak.

2. Lap lah dengan kain mikrofiber

Kemudian, lap bagian goresan secara perlahan menggunakan kain mikro fiber. Lap lah sampai goresan tersebut menghilang.

3. Seka lah menggunakan minyak

Menyeka bagian goresan dengan minyak bisa membuat permukaan menjadi lebih halus. Bisa menggunakan jenis minyak apapun, termasuk minyak zaitun.

4. Keringkan dengan kain

Setelah semua langkah di atas selesai dilakukan, keringkan bagian yang tergores tersebut dengan mengelapnya menggunakan kain.

Simak artikel kami tentang apa saja penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin, disitu juga ada tips ringan supaya lemari es awet dan tidak mudah rusak.

Itulah artikel mengenai cara membersihkan pintu kulkas. Agar lebih mudah dalam membersihkan kulkas, disarankan untuk membeli kit pembersih kulkas yang lengkap. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot dalam mencari bahan yang satu dengan yang lainnya.