cara membersihkan galon yang berlumut
Cara Membersihkan Galon Yang Berlumut

Yuk Simak, Ini Dia Cara Membersihkan Galon yang Berlumut

Posted on

Setiap orang tentu harus tahu bagaimana cara membersihkan galon yang tampak berlumut. Sebab, galon yang terlihat berlumut ini membuat kandungan air menjadi tidak sehat. Dibutuhkan beberapa langkah-langkah jitu untuk membersihkan galon agar tidak berlumut.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mencegah munculnya lumut pada galon. Memang, munculnya lumut ini terkadang tidak terdeteksi. Salah satu ciri dari munculnya lumut dari dalam galon adalah kadar rasa air yang tersimpan dalam galon.

Selain itu, air dalam kemasan galon banyak dipenuhi oleh kotoran. Apabila Anda mengkonsumsi air dalam kemasan galon yang berlumut, maka dapat menyebabkan beragam penyakit dalam tubuh. Untuk itu, segera cek kondisi galon air minum Anda.

Apabila muncul ciri-ciri air galon berlumut, maka segera buang sisa air dalam galon. Lalu, segera pelajari bagaimana cara membersihkan galon yang berlumut dan merawat galon air agar tidak dipenuhi dengan lumut.

Ini Dia Penyebab Galon Air Berlumut dan Kotor

Cara Membersihkan Galon Yang Berlumut

Ada beragam faktor yang menyebabkan galon air dipenuhi dengan lumut. Mungkin beberapa orang tidak mengetahui mengapa galon yang biasa diisi air mineral ini sampai berlumut. Apabila Anda mengkonsumsi air yang dipenuhi dengan lumut.

Agar galon tidak dipenuhi dengan lumut, maka ketahui apa saja yang menyebabkan galon air dipenuhi dengan lumut berbahaya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Jarang Membersihkan Selang Dispenser

Penyebab pertama, Anda jarang membersihkan dispenser. Bagi pengguna dispenser, selang ini akan dimasukkan ke dalam galon. Sehingga, selang yang tidak bersih akan terkontaminasi dengan air di dalam galon.

Akibatnya, banyak bakteri dan kuman yang bisa saja masuk dan ke dalam air galon. Oleh karena itu, bersihkan selang dispenser secara berkala agar galon tidak dipenuhi dengan lumut. Maka dari itu, segera ketahui cara membersihkan galon yang dipenuhi dengan lumut.

  • Terpapar Sinar Matahari Secara Langsung

Penyebab kedua adalah adanya paparan sinar matahari secara langsung. Air yang dikemas di dalam galon memang tidak boleh terkena panas sinar matahari secara langsung. 

Sebab, paparan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan kemasan galon memuai. Setelah memuai, galon akan mengeluarkan zat yang membuat rasa air berbeda. Jika dibiarkan secara terus menerus, maka galon akan mengeluarkan lumut.

Jadi, Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi air dalam kemasan galon yang telah berlumut. Jika tidak, maka Anda akan merasakan sakit perut yang tidak tertahankan karena mengkonsumsi air galon berlumut.

Resiko Mengkonsumsi Air dengan Galon yang Berlumut

Ketika Anda tidak sengaja mengkonsumsi air dalam kemasan galon yang tampak berlumut, maka ada beragam resiko yang akan dirasakan. Ada berbagai macam resiko yang harus Anda terima jika mengkonsumsi air di galon berlumut dalam jangka panjang.

Resiko pertama adalah munculnya rasa sakit perut yang tidak tertahankan. Setiap orang yang telah mengkonsumsi air mineral bercampur lumut pasti merasakan rasa sakit yang tak tertahankan. 

Hal ini disebabkan karena kandungan lumut dan zat berbahaya yang membuat Anda keracunan. Jika tidak segera ke dokter terdekat, maka dapat dikhawatirkan menjadi hal yang berbahaya. 

Maka dari itu, cek kebersihan kadar air terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya. Anda juga wajib tahu cara membersihkan galon yang berlumut agar air kemasan tidak tercemar. Jika tidak, maka resiko yang dialami adalah munculnya rasa sakit perut.

Resiko kedua, Anda bisa saja terkena kanker dari dalam tubuh karena mengkonsumsi minuman yang tidak sehat dalam kurun waktu cukup lama. Ada beragam jenis kanker, seperti kanker usus hingga kanker hati karena mengkonsumsi air yang dipenuhi dengan lumut. 

Maka dari itu, cek dahulu galon air apakah dipenuhi dengan lumut atau tidak. Jika memang dipenuhi dengan lumut, segera buang air dalam galon dan segera bersihkan agar dapat digunakan kembali.

Ciri-Ciri Galon Air yang Kusam Dipenuhi dengan Lumut dan Kotor

Cara Membersihkan Galon Yang Berlumut

Ada beberapa ciri-ciri yang wajib Anda ketahui dari air galon yang dipenuhi dengan lumut. Jadi, Anda harus melakukan analisa terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi air yang disimpan dalam galon. 

Memang, Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi air dalam galon kemasan. Sebab, ada beberapa resiko yang mungkin dialami oleh seseorang yang mengkonsumsi air kemasan dalam jumlah banyak dan berlangsung secara terus menerus.

Apabila Anda mengkonsumsi air galon, maka ketahui bagaimana cara membersihkan galon yang berlumut. Namun sebelum itu, ketahui beberapa ciri-ciri dari galon air yang tampak mulai dipenuhi dengan lumut.

Ciri-ciri pertama, air terlihat sangat keruh. Ciri ini menandakan bahwa terlalu banyak lumut yang mengkontaminasi air mineral yang tersimpan dalam galon. Anda wajib waspada jika mengkonsumsi air dalam kondisi keruh.

Bisa saja tidak hanya lumut yang terkandung dalam air keruh. Namun ada beberapa zat-zat berbahaya yang bisa saja terkandung dalam air tersebut. Maka dari itu, hindari mengkonsumsi air keruh meskipun sedikit saja.

Ciri-ciri kedua, munculnya bau menyengat pada air mineral dari dalam galon. Umumnya, air dalam kemasan galon tidak berbau apapun. Namun, jika Anda merasa bahwa air galon mengeluarkan bau menyengat maka harus waspada. 

Bisa saja air telah terkontaminasi dengan zat berbahaya hingga lumut. Untuk itu, Anda wajib tahu bagaimana cara membersihkan galon yang telah dipenuhi lumut. Jika dikonsumsi, maka dapat membuat Anda merasa sakit perut.

Ciri-ciri yang ketiga adanya noda yang mengambang pada air dalam galon. Apabila ada hal yang mengambang pada air galon, maka dapat dipastikan jika itu adalah lumut. Anda harus membuang air dalam galon dan segera bersihkan agar dapat digunakan kembali.

Cara Membersihkan Galon yang Berlumut dan Zat Air Berbahaya

Cara Membersihkan Galon Yang Berlumut

Apabila galon air milik Anda dipenuhi dengan lumut atau zat berbahaya, maka segera bersihkan agar dapat digunakan kembali. Cara membersihkannya ini sangat mudah. Akan tetapi, Anda harus tahu bagaimana prosedur dan mekanisme untuk membersihkan galon dengan mudah dan aman.

Langkah pertama, siapkan sabun khusus untuk mencuci piring secukupnya. Lalu, sediakan pula cairan bleaching untuk mencegah munculnya lumut. Anda juga dapat menyediakan sarung tangan karet dan sikat untuk menggosok bagian galon.

Langkah kedua, masukkan air dan kocok air di dalam galon. Lalu keluarkan. Setelah itu, masukkan sabun cuci piring secukupnya. Masukkan air bersih ke dalam galon. Lalu kocok hingga berbusa. Anda dapat menggunakan sikat khusus untuk membersihkan bagian dalam galon. Sikat hingga tidak ada sisa lumut di dalam galon.

Setelah itu, tambahkan cairan bleaching guna meminimalisir tumbuhnya lumut kembali. Lalu, masukkan air dan cuci hingga bersih galon air dari cairan sabun. Kemudian, keringkan galon di tempat yang kering.

 Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung agar tidak dipenuhi kuman dan bakteri. Gunakan kain lap kering untuk membersihkan bagian luar. Lalu, galon dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan air kembali.

Ketika air dalam galon terlihat keruh dan berbau, maka hal tersebut disebabkan karena adanya lumut. Untuk itu, kami sebagai situs review produk alat masak, menyarankan untuk  segera mempelajari bagaimana cara membersihkan galon yang berlumut agar dapat digunakan kembali.