cara membersihkan bunga es

Cara Membersihkan Bunga Es dengan Mudah



Bunga es pada freezer kulkas apabila tidak dibersihkan bisa sangat menggangu performa mesin serta tampilannya! Selain itu bunga es juga dapat memakan tempat penyimpanan, juga bisa mengakibatkan penyumbatan yang dapat membuat kulkas Anda rusak, kulkas tidak beku! Maka segera lakukan pembersihan, berikut cara membersihkan bunga es pada kulkas.

Cara Mencairkan bunga es kulkas

Salah satu penyebab munculnya bunga es pada kulkas adalah permasalahan pada makanan itu sendiri! Memasukkan kelembapan apapun ke kompartemen freezer berperan dalam pembentukan embun beku. Selain beberapa masalah lain seperti suhu yang terlalu rendah, hingga kebocoran pada gasket freezer. Untuk itulah, sejumlah cara dapat dilakukan untuk membersihkan bunga es kulkas ini.

Sebelum memulai langkah cara mencairkan bunga es pada kulkas, sebaiknya terlebih dahulu membuat persiapan sebagai berikut demi keamanan diri dan kulkas Anda!

  • Matikan terlebih dahulu kulkasnya lalu buka pintunya supaya udara dapat bersirkulasi.
  • Pindahkan makanan ke area yang terisolasi, dalam artian tertutup rapat sehingga udara tidak bisa masuk, sehingga mempertahankan makanan tetap dalam kondisi beku.
  • Mulai keluarkan isi pada kulkas seperti tatakan, laci dan jika memungkinkan keluarkan rak sekalian, namun apabila tidak bisa, sebaiknya tidak dipaksakkan agar tidak pecah.
  • Siapkan selang pembuangan untuk membuang bunga es yang sudah mencair.
  • Siapkan juga lap kain dengan daya serap tinggi untuk mencegah air meluber dan menggenangi ruangan.

Setelah membuat persiapan-persiapan tersebut, Anda bisa menggunakan cara-cara mencairkan bunga es kulkas sebagai berikut ini seperti dilansir dari Yellowpages.

Cara membersihkan bunga es yaitu sebagai berikut:

  1. Gunakan Spatula yang dipanaskan

    Spatula biasa digunakan untuk mengaduk masakan, namun alat ini bisa Anda gunakan untuk mengikis bunga es. Meskipun cara ini cukup riskan, yaitu dengan cara memanaskan terlebih dahulu spatula logam atau metal. Spatula yang panas ini akan membuat bunga es meleleh lebih cepat.
    Cara memanaskannya dengan ditaruh di atas api beberapa lama, gunakan pengaman seperti sarung tangan agar tangan tidak terasa panas. Kemudian, kikis bunga es dengan spatula yang sudah dipanaskan tersebut!

  2. Kikis dengan Spatula Khusus

    Selain itu cara membersihkan bunga es, bisa juga menggunakan sendok plastik, terlebih sudah tersedia spatula khusus kikis bunga es yang terbuat dari bahan plastik dan stainless steel. Ukurannya kurang lebih 15 cm sehingga lebih ideal dan nyaman digunakan.

  3. Gunakan Air Panas

    Cara sederhana lain untuk mencairkan bunga es adalah dengan menggunakan air panas! Carannya cukup dengan menaruh panci atau mangkuk yang berisi air panas, letakkan di dalam freezer kulkasnya lalu tutup pintunya! Gunakan alas tebal seperti handuk untuk mencegah panas panci tidak membuat kerusakan pada bagian dalam freezer!
    Uap pada air panas ini dapat secara efektif membuat bunga es yang ada di dalam kulkas cepat meleleh! Yang terpenting tutup rapat pintunya!
    Cara lain juga bisa digunakan masih dengan menggunakan air panas! Carannya adalah siapkan air panas, lalu masukkan air panas tersebut ke wadah botol semprot!
    Kemudian semprotkan secara merata air yang sudah dipanaskan tersebut ke body freezer. Karena pada umumnya, bunga es menempel kuat pada bagian freezer tersebut! Umumnya proses pembersihan bunga es dengan menggunakan air panas ini tidak berlangsung lama, cukup 10 menit sampai 15 menit untuk membuat bunga es mencair dengan air panas.cara mencairkan bunga es

  4. Gunakan Hair Dryer

    Jika Anda mempunyai alat pengering rambut hair dryer atau blow dryer, maka alat ini dapat Anda gunakan untuk membersihkan bunga es pada kulkas. Carannya, arahkan hair dryer ke arah dinding freezer dengan posisi yang sejajar. Lanjutkan proses penghembusan sampai ujung es mulai mencair. Untuk membantu mempermudahnya, Anda dapat lanjutkan dengan menggunakan alat spatula untuk mengikis es yang ada di dinding kulkas.
    Sebagai catatan, harap berhati-hati saat menggunakan pengering rambut ini! Jangan sampai kabelnya terkena genangan air! Dan beri jarak jangan terlalu dekat dengan sisi freezer,  karena suhu yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan mesin menjadi rusak.

  5. Gunakan Kipas Angin

    Cara kerja kipas angin dalam mencairkan bunga es cukup mirip dengan pengering rambut, namun akan lebih efektif jika suhu di rumah Anda juga sudah hangat atau panas.
    Cara pembersihannya juga mudah, tinggal arahkan kipas angin  ke freezer,  aliran udara yang masuk ke dalam ini akan membantu mempercepat proses pencairan es, hanya saja bila dibandingkan dengan menggunakan hair dryer, waktu yang dibutuhkan oleh kipas angin akan sedikit lebih lama.

  6. Memakai Kain hangat dan alkohol

    Pilihan cara selanjutnya adalah, Anda dapat menggunakan kain yang dicelupkan dengan air hangat! Agar lebih efektif, Anda bisa menambahkan larutan alcohol di atasnya! Kain juga dapat dicelupkan dengan air panas, yang memang sangat membantu untuk mencairkan bunga es!
    Fokuskan pengelapan pada bagian potongan-potongan kecil yang berada pinggir freezer! Sedangkan penambahan alcohol tadi juga berguna untuk mrmbersihkan bagian bunga es yang tidak terlalu tebal.

  7. Gunakan Vakum Cleaner

    Dilansir dari compact appliance, vakum cleaner atau alat penyedot debu ternyata juga dapat digunakan untuk mencairkan bunga es! Lakukan secara perlahan dari atas ke bawah, gunakan noozle dengan ukuran yang paling kecil! Apabila es sudah mulai mencair , pindahkan vakum cleaner ke setelan menyedot es dan air. Namun cara ini sukup riskan karena dapat berpotensi menyebabkan tersengat listrik!

  8. Cabut listrik dan tunggu mencair secara alami

    Masih dari sumber yang sama, metode yang paling mudah dan jelas adalah membiarkan bunga es pada kulkas itu mencair sendiri, karena pada dasarnya batuan es akan mencair dengan sendirinya pada udara terbuka nan hangat. Cukup matikan kulkas dan biarkan pintunya terbuka, maka bunga es akan mencair secara alami. Hanya saja pasti waktu yang dibutuhkan sangat lama, maka yang dibutuhkan hanyalah kesabaran saja.

Cara-cara tersebut secara alami memang bisa mencairkan bunga es pada freezer beku di kulkas, namun Anda juga perlu membaca buku panduan kulkas Anda, untuk memastikan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada kulkas Anda, sehingga cara yang dilakukan benar-benar aman terhadap kulkas Anda! Anda juga dapat memastikan apakah kulkas yang Anda miliki mempunyai pengaturan atau fitur yang bisa mempercepat proses pencair bunga es ini.