bisakah kulkas dimiringkan

Bisa Ditiru! Cara Membawa Kulkas Posisi Tidur Ini! Asal… 

Bagaimana cara membawa kulkas posisi tidur? Untuk Anda yang biasa memanfaatkan electronic home appliance atau peralatan rumah tangga elektronik seperti kulkas pasti pernah bertanya-tanya bukan?!

Jika ya, maka Anda termasuk yang punya pengalaman nih, soal bagaimana cara memindahkan kulkas saat pindah rumah atau ketika Anda mendekor ulang ruangan di rumah Anda, atau saat ingin membawa pulang kulkas setelah dibeli dari toko!



Bila Anda merasa memindahkan kulkas itu tak semudah seperti memindahkan lemari, nyatanya memang betul begitu! Karena ada berbagai komponen di dalam dan di luar kulkas yang membuat Anda tidak bisa sembarangan memindahkannya.

Terutama komponen pendinginnya seperti oli, kompresor sampai dengan freon yang menjadi alasan utama kulkas harus dipindahkan dengan cara khusus yang aman.

Aman maksudnya, menghindarkan kulkas dari kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan cara membawa atau meletakkan kulkas saat dipindahkan!

Memilih angkutan yang pas dan tepat untuk membawa kulkas!

kenapa bawa kulkas harus berdiri

  1. Menggunakan Sepeda Motor

Layanan angkutan umum sepeda motor memang saat ini tersedia dan booming sekali. Hampir semua orang menggunakan jasa angkutan umum sepeda motor berbasis aplikasi smartphone ini! Bisa jadi, Anda termasuk salah satu penggunanya. Karena begitu familiarnya angkutan ini.

Mulai dari mengantar penumpang ke tempat tujuan, mengantar pesanan makanan sampai belanja bulanan dan sayuran, angkutan umum sepeda motor sudah jadi andalan. Tapi, siapa yang menyangka ternyata ada juga yang memanfaatkan jasa angkutan sepeda motor ini untuk mengangkut kulkas!

Apakah Cara Membawa kulkas dengan motor bisa ditiru? Bisa! Apakah tepat? Tentu jawabannya tidak tepat. Karena membawa barang dengan sepeda motor ada aturannya. Yakni sebaiknya Anda tidak melebihi batas yang telah ditentukan oleh pabrikan.

Alasannya, supaya pengemudi tidak kesulitan mengendalikan laju sepeda motor dan menghindari bahaya lakalantas.

Untuk lebih detailnya, silahkan Anda cek pasal 10 ayat 4 dan 11 di Peraturan Pemerintah No. 74 tahun 2014 tentang Angkutan Jalan.

Selain melanggar aturan pemerintah tentang angkutan jalan, jika Anda memilih sepeda motor untuk membawa kulkas, pertimbangkan apa saja komponen kulkas yang mungkin mengalami kerusakan karena mal angkut ini!

Cara ini bisa membuat kulkas jadi dingin doang tidak beku, selain itu masih banyak penyebab kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku, klik artikel tersebut untuk tahu penyebab-penyebabnya.

  1. Menggunakan Mobil niaga pick up atau bak terbuka

bisakah kulkas dimiringkan

Biasanya, saat membeli peralatan elektronik, pihak toko akan menawarkan jasa angkut barang sampai ke tujuan dengan memanfaatkan mobil niaga dengan bak terbuka!

Termasuk saat membeli kulkas. Pihak toko akan mengangkat dan mengantar kulkas menggunakan mobil pick up sebagai mobil angkutan barang mereka!

Anda tak perlu khawatir, bila kulkas diantar menggunakan mobil yang memang kegunaannya untuk mengangkut barang seperti kulkas!

Sebagaimana yang Anda ketahui, bak mobil angkutan barang selain luas biasanya punya bukaan pintu bak 3 sisi yang memberi Anda kemudahan menaikkan atau menurunkan barang dari dan atau ke atas mobil.

Apalagi, mobil bak biasanya dilengkapi dengan pengait. Gunanya untuk mengaitkan tali yang mengamankan kulkas agar tidak jatuh karena guncangan di jalan.

Manfaat membawa kulkas dengan mobil barang seperti pick up antara lain, Anda dapat:

  • Membawa kulkas secara aman yaitu pada posisi berdiri. Kulkas harus berdiri saat diangkut dan diletakkan agar komponen pada kulkas bekerja  normal saat dinyalakan.
  • Menghindari gesekan yang menyebabkan dinding luar kulkas lecet
  • Menjaga komponen kulkas aman dari kebocoran dan kerusakan
  • Menjaga sisa air di kulkas tidak mengalir ke berbagai komponen yang bisa berkarat
  • Kemudahan mengangkut dan menurunkan barang.

Jadi, bila Anda ingin membawa kulkas, sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan angkutan barang seperti mobil bak terbuka khusus angkutan barang!

  1. Menggunakan Mobil SUV atau MPV

Anda tentu paham betul soal mobil seperti apa SUV dan MPV ini. Memanfaatkan mobil sport utility vehicle yang konon merupakan jenis mobil off road dan mobil penumpang sebagai mobil angkutan yang membawa kulkas? Tentu sah dan boleh-boleh saja!

Apalagi kalau memang muat dan tidak sampai mengganggu pengguna jalan lain saat proses membawanya. Untuk mengakalinya, packing kulkas Anda menggunakan styrofoam ditambah kardus kemasan kulkas yang Anda dapatkan saat membeli kulkas dari toko atau kardus yang tersedia.

Fungsinya tentu saja untuk melindungi kulkas dari berbagai benturan dengan komponen mobil SUV atau MPV Anda. Sebab, ruang kabin SUV dan MPV tentu tidak seluas mobil niaga atau pick up bukan?!

Selanjutnya, posisi kulkas pun tinggal di sesuaikan! Normalnya, jika Anda mengangkut kulkas menggunakan SUV atau MPV, maka posisi kulkas diletakkan rebah atau posisi tidur. Bolehkan demikian?

Tentu boleh-boleh saja. Asal.., Anda tahu tips dan triknya agar kulkas Anda tidak mengalami kerusakan!

Gunakan tips dan trik cara membawa kulkas posisi tidur yang benar!

cara membawa kulkas posisi tidur

Pindahkan atau angkut kulkas Anda dengan tips dan trik berikut! Membawa kulkas pada posisi berdiri atau tegak!

Posisi berdiri merupakan cara aman menghindari kerusakan komponen kulkas. Kulkas Anda didalamnya dilengkapi komponen berupa kompresor. Agar komponen ini tidak mengalami kerusakan, disarankan untuk membawa kulkas dengan cara berdiri!

Ketentuan di atas, merupakan rekomendasi yang mungkin tidak cocok dengan situasi atau kondisi Anda! Bila situasi mengharuskan Anda membawa kulkas dengan posisi tidur, maka yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti trik membawa kulkas dengan posisi tidur.

Triknya adalah, setelah selesai meng-unpacking atau menurunkan kulkas dari kendaraan angkutan barang, segera kembalikan kulkas ke posisi normalnya. Yaitu posisi berdiri.

Trik selanjutnya, jangan langsung menyalakan kulkas Anda, jika sebelumnya dibawa dengan posisi tidur. Matikan kulkas Anda selama waktu yang dibutuhkan.

Maksudnya, jika Anda membawa kulkas dengan posisi tidur selama 1 jam, maka Anda harus mematikan kulkas selama 1 jam juga sebelum menyalakan dan Anda menggunakannya kembali! Atau matikan kulkas Anda kurang lebih selama 2 sampai 3 jam.

Mengapa demikian?

Sebab, tahukah Anda cara kerja pendingin kulkas menyerupai cara kerja AC. Saat kulkas berada di posisi tidur, maka yang terjadi cairan oli kompresor bergerak dan kemungkinan mengalir ke arah jalur pendingin.

Jika dari posisi tidur kulkas langsung dipaksakan untuk menyala, maka kompresor tidak akan bekerja. Padahal, kompresor ini tugasnya memompa freon atau bahan penyerap panas lalu meratakannya ke seluruh bagian kulkas. Yang terjadi kemudian, kulkas tidak dingin meski sudah lama menyala.

Apakah itu artinya kulkas Anda rusak? Nah, saat kejadian itu menimpa kulkas Anda, maka sudah saatnya Anda cek buku manual kulkas atau bertanya pada ahlinya langsung.

Anda bisa meminta teknisi kulkas untuk mengecek berbagai komponen dalam kulkas Anda, mulai dari kompresor, kondensor, filter, evaporator, thermostat, heater, fan motor, overload motor protector, sampai freon.

Kesimpulan

Nah, demikian tips dan trik yang bisa Anda gunakan, jika Anda ingin meniru cara membawa kulkas posisi tidur.

Setelah dicek dan kulkas bisa bekerja normal, ada baiknya Anda membeli dudukan kulkas agar keawetan kulkas terjaga.

Dudukan kulkas biasanya berbentuk rangka kaki besi dilengkapi roda-roda. Dengan roda-roda di rangka kaki, kulkas lebih mudah dipindahkan.

Leave a Reply