cara memasang gorden kolong dapur

3 Alternatif Cara Memasang Gorden Kolong Dapur, Mudah!

Posted on

Dapur menjadi tempat untuk melakukan aktifitas memasak bagi para ibu, tidak heran mereka ingin membuat tampilannya rapi dan menarik. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memasang gorden kolong. Cara memasang gorden kolong dapur tidak sesulit memasang gorden biasa, sebab teknisnya hampir sama.

Ada alasan kenapa seseorang memasang gorden di dapur, apalagi di bagian kolong. Ini biasanya untuk membuat tampilan ruangan lebih rapi.

Desain dapur yang menarik tentu membuat mood memasak lebih baik, sehingga tidak ada rasa malas atau enggan ketika harus menghabiskan waktu disana.

Panduan Memasang Gorden Kolong di Dapur

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memasang gorden di kolong dapur :

  1. Siapkan Gorden dan Tongkatnya

Sebelum memasang, sebaiknya siapkan semua peralatan terlebih dahulu. Peralatan tersebut bisa berupa gorden, tongkat gorden, pengait, paku dan berbagai peralatan lain. Tongkat gorden biasanya bisa Anda dapatkan langsung dari penjual gorden, namun tidak jarang Anda harus membelinya secara terpisah.

Ukur tongkat gorden agar sesuai dengan kolong dapur yang Anda miliki. Namun Anda yang kesulitan menemukan tongkat gorden, Anda bisa menggantinya dengan kawat. Jika memakai kawat, siapkan paku dan palu untuk mempermudah pemasangan. Pakai kawat yang ukurannya besar dan berikan selotip di bagian ujung agar kawatnya tidak tajam.

  1. Pasang Gorden di Tongkat

Setelah menyiapkan peralatan, lakukan pengukuran. Sesuaikan tinggi gorden dengan kolong dapur. Usahakan untuk tidak terlalu panjang, sehingga gorden tidak mudah kotor. Cara memasang tirai kolong dapur selanjutnya adalah memasukkan gorden ke tongkat yang sudah disiapkan.

Jika menggunakan kawat, masukkan secara perlahan gorden tersebut, sehingga tidak merobek kain gorden yang tips. Ada tips agar tampilan gorden terlihat menarik, yakni memasang gorden dengan ukuran yang lebih panjang.

Misalnya, kolong dapur Anda memiliki ukuran panjang 2 meter, maka beli gorden dengan ukuran 3-4 meter. Dengan begitu, gorden bisa terlihat cantik karena memiliki lipatan yang pas. Kain gorden yang berlipat tentu memberikan kesan yang lebih cantik daripada yang tidak.

cara memasang gorden kolong dapur

  1. Pasang Gorden dan Tongkatnya

Langkah berikutnya adalah memasang tongkat gorden yang sudah dipasangi gorden. Dengan menggunakan tongkat gorden, Anda tidak membutuhkan paku ataupun peralatan tukang yang lain. Ini karena kedua ujungnya sudah dipasangi dengan karet perekat, sehingga mudah ditempelkan di tembok.

Tidak hanya cocok untuk memasang gorden jendela dapur, tongkat gorden ini tidak perlu membuat kolong dapur Anda di bor terlebih dahulu untuk pemasangan. Berbeda jika Anda menggunakan kawat, Anda perlu memasang paku atau mengebor kolong dapur tersebut.

Tips Memasang Gorden di Kolong Dapur

Proses pemasangan gorden sudah selesai, rapikan dengan menarik ujung-ujung gorden sehingga menghasilkan lipatan yang rapi. Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan ketika hendak memasang gorden di kolong dapur, diantaranya:

  • Pilih Bahan Sesuai

Untuk bagian kolong dapur, karena Anda akan sering menggesernya untuk mengambil peralatan, pilih bahan gorden yang tidak kaku. Pilih gorden dengan jenis kain flowy atay mudah dibentuk, sehingga tidak menyulitkan penggunaan.

  • Pilih Warna yang Pas

Pemilihan warna juga penting ketika hendak memasang gorden kolong dapur minimalis. Pilih warna yang sedikit gelap jika Anda tidak ingin gorden terlihat kotor. Pilih bahan yang mudah dibersihkan, sehingga proses pencucian lebih ringkas dan efisien.

Informasi mengenai cara memasang gorden kolong dapur diatas semoga bisa membantu Anda. Pemasangan gorden kolong dapur tetap harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak bagian dapur yang lain.